Brightwell - Tips untuk Pemula

aquanesia

Member
Hobby kita ini menarik banyak pemula dan banyak sekali pemula yang bingung harus mulai dari mana. Karena banyaknya jumlah pertanyaan dari pemula saya mau mencoba memberikan panduan secara garis besar produk Brightwell apa yang harus dibeli untuk menjadi awal dari kesuksesan aquarium marine. Agar mempermudah pemula mendapatkan jawaban yang diinginkan maka panduan ini akan berupa tanya jawab.

Saya baru mau mulai aquarium air laut sebaiknya additive Brightwell apa yang saya beli?

Untuk aquarium air laut memelihara karang atau ikan, komponen terpenting itu supplemen kalsium dan karbonat. Kedua unsur kimia ini menjadi fondasi dari aquarium yang berhasil. Dibutuhkan untuk pertumbuhan dan menjaga kestabilan kadar pH agar tidak asam.

Additive yang diperlukan : (salah satu dari kombinasi berikut ini)
1. ReefCode A dan ReefCode B
2. Calcion dan Alkalin 8.3
3. Kalkwasser (Kalk+2)
4. Elemental

Saya melihara ikan dan soft koral supplemen kalsium dan karbonat apa yang cocok?

Ikan dan soft koral gak perlu kalsium dan karbonat dalam jumlah banyak. Cukup berikan

1. Kalkwasser (Kalk+2) atau
2. Elemental

Gimana buat saya yg hobbynya miara karang jenis SPS + LPS

Penggemar karang bisa memakai antara

1. ReefCode A + ReefCode B atau
2. Calcion + Alkalin 8.3

Bagi yg belum punya supplemen kalsium + karbonat bisa pakai ReefCode A + ReefCodeB. Yang sudah memiliki supplemen kalsium atau karbonat merk lain bisa memilih utk pakai Calcion atau Alkalin8.3 Brightwell.

Saya sudah memiliki supplemen kalsium dan karbonat apa itu uda cukup?

Supplemen kalsium dan karbonat itu yg paling utama dan terpenting dibandingkan dr obat/kimia lainnya, tapi agar jumlah kalsium dan karbonat di air bisa stabil (tetap larut) dan tidak menyatu diperlukan kimia lain yaitu Magnesium.

Coba bayangin Illustrasi kyk berikut ini:
1. Kalsium = Air
2. Karbonat = Minyak
3. Magnesium = Gelas

Sebuah gelas ukuran 1 liter, bisa nampung 500 ml air dan 500 ml minyak. Namun apa jadinya kalu gelas ini bisa mengecil atau membesar. Sewaktu gelasnya mengecil akan ada air dan minyak yg tumpah, yg mana akhirnya kadar kalsium dan karbonat akan berkurang.

Kenyataannya memang kalsium dan karbonat tidak tumpah seperti illustrasi saya di atas tetapi disebut dengan kata persipitasi, yang mana salah satu dari kimia ini tidak lagi larut tp menyatu dan menjadi batu. Biasanya sering dijumpai di tempat2 yg panas seperti pompa atau heater bagi temen2 kita yg menggunakan.

Untuk dari itu ada 2 buah produk Brightwell yg bisa anda gunakan.

1. Magnesion (Cair)
2. Magnesion-P (Bubuk)
 
Last edited:

asep.ka28

Member
Bang sy newbe bener2 baru,kalo saya mau set aqua pake karang kuku ijo dan 2 nemo,2 udang pelet,2 ikan pemakan lumut pasir..masuk kategori apa?
Apa aja yg dipersiapkan?
Baru kemarin bikin MT (ngerakit sendiri) ukuran P70xL50xT70 dan tinggi air saya set 60cm.
Jangan malu2 ya yg punya pertanyaan. silahkan d post d sini
 

aquanesia

Member
Bang sy newbe bener2 baru,kalo saya mau set aqua pake karang kuku ijo dan 2 nemo,2 udang pelet,2 ikan pemakan lumut pasir..masuk kategori apa?
Apa aja yg dipersiapkan?
Baru kemarin bikin MT (ngerakit sendiri) ukuran P70xL50xT70 dan tinggi air saya set 60cm.

Rencananya pakai sump ga? Pastinya perlu suhu dikisaran 26 derajat dan lampu yg cukup kuat krn akuariumnya dalem.
 

asep.ka28

Member
dh bang Aquaristic

rencana pakai Skimmer bang..suhu di tank dirumah sekiar 26-27 (liat suhu di aqua ikan cardinal tetra yang 45x25x25), pastinya jika semakin besar volime air akan semakin stabil suhu dikisaran 26-27 bang.
mohon pencerahannya :
1. dimana saya bisa cari karang babut atau karang ijo?jika abang punya rekomenasi seller mohon di share
2. untuk tank bawah rencana pake sistem refugium..mohon pencerahan dari ukuran tank, jenis makro algae, cahaya sampe pengoperasiannya
3. mohon info yang jual test kit untuk saltwater..
mohon maaf bang saya banyak tanya, bahkan tanya nya yg basic2..maklum bener2 nube dan baru pindah dari kalimantan ke bogor.
terimakasih
salam - asep.ka28
 

rully_drummers

Well-Known Member
wihhhh dari kalimantan pindah ke bogor....

coba jawab ah :
Kios ikan di Bogor bukannya ada bro... deket surya kencana tau di jln siliwangi depan gereja....
ukuran sump disesuaikan dengan MT
kalau pakai refug jenis makroalgae paling mudah jenis caulerpa sp seperti aseman dan angguran.
cahaya yg di butuhkan pakai lampu ulir paling tidak 20w
testkit disponsor jual kaya'a atau mau murah ada yg jual 2nd di bagian seller

bogor dkt rumah um rimbu tuh
 

asep.ka28

Member
Salam kenal om rully, mohon maaf pas saya masuk register kemarin gak kulonuwun dl ke mbahnya..hehehe
iya nih baru dari kalimantan proyek tanam ulinnya selesai, sebelum pulang ke ternate dl sambil diving eh ketemu nemo, jatuh hati kepengen melihara..hehe selanjutnya bermukim lagi deh di daerah macet.. :(
untuk tank refug nya disamain percis ya Om (tingginya ngga kan)..
ini juga masuk IRC usul dari yg punya threat ini (senggol om darmawan) dan om Wahyu K3lix dan sudah berkonsultasi juga ama om Rimbu (sekalian cari aer laut) tetangga ternyata 9bakal banyak berkuru nih)
kayanya teskitnya yg 2nd dl deh biar hemat, ni lagi roll roll dibagian lain..

mohon dibantu ya om pas mau mulai..nanti penampakannya di tampilin..:)
 
Gubrakkkkkk.... :)

Enaknya sharing di forum gitu Bro, pasti ada yang banyak bantu hehehehe... Cuman kayaknya kita salah kamar deh Bro :), soalnya ini lapaknya Om Aquaristik untuk produk additive brightwell :D

Mendingan buka thread di "beginner area", jujur aja gw sebelum mulai udah baca2 forum ini lebih dari 4 bulan-an huahahahhahahahhaa..... Tapi tetep aja kudu nanya rekan2 di sini, tapi minimal basic-nya reefing dah dapet :p

Salam,
Dharmawan
 

asep.ka28

Member
yukk..kita move bang..:d
sorry ya yang buka lapak..ntar ane pesan apa2 yg dibutuhkan koq..sekarang ane mau belajar dulu sambil roll roll sesuai yg di butuhkan..

salam - asep
 

aquanesia

Member
Hahahaha kocak abisss.. Gpp bang d thread ini sy mah gpp asal topiknya bukan ngadu otot ato ngadu ayam, hehehehehe.

1. dimana saya bisa cari karang babut atau karang ijo?jika abang punya rekomenasi seller mohon di share

Saya ga tau byk soal toko d Bogor tp kalu d Jakarta cek ke Garuda Aquarium - Sumenep, sy masok brg kesana dan suka ngeliat ada karang babut dan kawannya.

2. untuk tank bawah rencana pake sistem refugium..mohon pencerahan dari ukuran tank, jenis makro algae, cahaya sampe pengoperasiannya


Utk ukuran tank refugium teserah2 tp lbi bagus kalu cukup besar, semampu besarnya aja. Jenis makroalga bagus Chaetomorpha yg jenis lurus2 di sini disebutnya rumput jarum.

3. mohon info yang jual test kit untuk saltwater..


Saya ada test kit ;)
 

aquanesia

Member
Rumput jarum bagus, krn memang jenis chaetomorpha jg, msh kluargaan sama chaetomorpha yg kriwil hehehe. Aseman merah mlh lambat numbuhnya bro.

Buat refugiumnya ud dosing Iron? Penting buat macroalga dan karang2 jg bro.
 
Makanya tuh rumput asem merah mau dipensiunkan Bro.... Soale rumput jarum masih gampang nyarinya...

Sekarang masih dosing purple up, begitu abis ganti ke kent marine coral vite karena trace element kumplit termasuk iron, br, sr, iodine, vitamin2, dll...

Salam,
Dharmawan
 
Malam Pak...
saya kebetulan kemarin habis beli MB7 dn Reef Biofuel (RB)...,,saya baca utk memperbaiki kualitas air seperti kadar nitrogen,me'reduce nitrate,amoniak,phosphat ya..,,
itu untuk dosing bakteri kan ya pak..,,Baru saya pakai 3 hari..Hari pertama mengikuti aturan pabrikan 5ml..,,dan setelah saya searching dapat lah pembahasan mengenai ini...dan 2 hari ini saya coba dengan 10 tetes permasing2 aditif.

aqua saya beserta sump +- 250L...saya jg pakai biopelet 250 ML, Refugium berisi chaeto, sump jg sangat kecil. krna sump saya terbagi 3 sekat, utk sump paling 15x30cm (saya spot dengan tornado Philips 40 watt) tp kenapa tidak mengembang y..tetap seperti itu aj..,,apa butuh dosing jg kah?atau efek lampu kurang...tp refug saya kecil sekali.

kembali lg ke MB7 dan RB dari tata cara aturan pabrikan brightwell itu kan 5ml (1 Tutup) utk 189L klo tidak salah..,,sama antara keduanya MB7 dan RB..,
yang saya mau tanyakan..kan pas dosing skimmer dianjurkan mati 2-4 jam...,bnr tidak..?
apakah efektif saya pakai dengan anjuran pabrikan 5ml per day...,,logika saya agak cukup boros jg ya..,,dan saya melihat percakapan2 forum ini dan saran bapak...yang saya lihat bisa dimulai dengan 10 tetes percobaan seminggu...dlihat efektifitasnya...,,klo tidak efektif 20 tetes seminggu kemudian...dan misal tidak jg ikuti anjuran pabrikan ,,,sampai dmn kita merasa cukup baru kurangi dosis perlahan..,
baiknya langkah mana yg harus saya lakukan...karena kn bersifat daily..,
apa sesuai pabrikan atau tes percobaan efektifitas perlahan..
dan setelah pakai MB7 dan RB apakah kita masih wajib utk tetap dosing Biodi*est dan Biop*tim utk kebutuhan bakteri...,,dan efektifitas kinerja dr MB7 dan RB'nya itu dapat dilihat dengan apa ya pak...
apa dengan kasat mata seperti perkembangan biota..lumut..,atau dengan pengukuran test kit..,,,

Maaf saya banyak bertanya pak..hhehe..maklum saya baru mencoba...,,mungkin bapak atau rekan semua dapat membantu...,

Terima Kasih
Mohon pencerahanya pak..

Salam
Reza
 
Last edited:

aquanesia

Member
Pagi Reza maaf kami baru balas. Pertama-tama trims uda beli produk Brightwell. Berikut saran saya berdasarkan pengalaman, untuk pemakaiannya skimmer cukup dimatikan selama 2 jam, tidak harus hingga 4 jam.

Betul sekali instruksi dari pabrik tidak berarti harus kita ikuti karena agak boros jg jadinya tapi itu terserah masing-masing. Jika mau bersabar dan pelan2 bs dgn pemakaian seperti yg saya anjurkan 10 tetes per hari selama seminggu untuk Microbacter 7 dan Reef Biofuel, lalu minggu berikutnya kalu no3/po4 tidak menurun atau lumut blum berkurang dll, bs tambahin jd 20 tetes per hari untuk seminggu. Perhitungannya jgn melebihi instruksi pabrik yaitu 5 ml per hari (tergantung volume tank nya) dan ingat sekitar 20 tetes itu = 1 ml.

Untuk Refugium biasanya jika makroalga kurang berkembang krn kekurangan zat besi, kita ada macroalgae booster menggunakan produk Brightwell jg yg namanya Ferrion.

Untuk Biodigest dan Bioptim ga diperlukan ama skali kalu pake mb7 dan rbf.

Ga apa tanya2 aja Pak, lebi enak biar bs saling bantu.

Untuk perkembangannya bs diliat dr kejernihan air, lumut dan warna koral, kalu lebi pastinya memang melalui tes air.
 
terima kasih atas jawabanya pak.
yg booster refugium namanya Ferion..
toling pm harganya skitar brp y pak...
dan pemakaianya bagaimana..
terima ksh...
 

bekicot

New Member
Bro , utk pemeliharaan lps , jika kita sudah dosing kalk+2, ap perlu tambahan reef code A&B dan magnesion?
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,233
Members
10,591
Latest member
Fransiskus Reynaldo
Top