Jenis algae

Halo para reefer sekalian.. Mau nanya kalau ini jenis algae apa ya? Ini posisi di sump .. Nempelnya dikaca , dan susah untuk dibersihkan karena banyak..

Apa penyebab keluarnya jenis algae ini? Dan apakah berbahaya?

Kondisi tank sudah 9 bulan..

Any idea? Thanks
 

Attachments

  • image.jpg
    image.jpg
    605 KB · Views: 85
Bro mau tanya donk, saya beli weipro nitrate reductor NL 1000.. Media dalem nya bio ball ngga bergerak, cm kok nitrate nya tetep 50 ya?

Uda jalan sekitar 2 bulan padahal, uda saya beri bioptim + biodigest juga abis 6 ampul bertahap...

Tetep aja 50 nitrate nya..

Tolong pencerahannya
 

Attachments

  • image.jpg
    image.jpg
    27.2 KB · Views: 27

chipaco

Active Member
Tunggu aja pak zhang, mungkin ada yg salah dalam pemasangan atau juga faktor lain. Coba outputnya di cek brp tetes /dtk.

Salam
 

E_2091

Moderator
Staff member
peralatan model seperti ini, harus di stel outputnya dalam bentukk tetes..dan diukur kadar nitrat outputnya, flow dikurangi sampai outputnya nol nitrat...setelah output nol baru dia bisa mengurangi kadar nitrat di aquarium...kalau output belum nol berarti flow terlalu cepat...kalo output nol tapi ada bau, berarti flow bisa di percepat...
kalau output nol, tidak ada bau, tapi nitrat di aquarium masih gak berkurang berarti alatnya kurang besar/gak sanggup handle aquarium pak...bantu dengan large waterchange....
setelah waterchange nitrat tetap naik, berarti ada sumber nitrat yang pak harus hilangkan....
untuk tingkatkan performa, dibanding pak suntik biotim/biodigest etc, lebih baik pak masukan segenggam biopellet...usahakan tersangkut di jari2 bioball, jadi gak ngumpul sendiri biopelletnya...beli saja sedikit dari yang punya stok BP nya..
 
ooo begitu.. berarti smua denitrator sistem output nya harus nge-Drip ya? soalnya manual book nya hanya nomor2 part alatnya aja, jadi sementara ini ngucur, bukan netes.. coba nanti saya setel supaya menetes...semoga ada hasil..

thanks om moderator & chipaco :)
 

E_2091

Moderator
Staff member
denitrator model seperti itu mengandalakn bakteri anaerob pak...otomatis flow gak boleh gede2...karena kita harus abisin oksigennya dl...pemakaian biopellet lebih membantu pak dibanding aditif cairan..
 
Perlu ditutup ngga bos tabung nya ? Soalnya baca2 kalo denitrator ga bole kena cahaya. ?
Saya uda setel 1 - 2 drip per detik.. Berarti dipantau terus keluaran output nya ya bos ?
 

E_2091

Moderator
Staff member
gak perlu ttp pak...cahaya gak masalah...tp nanti bisa tumbuh algae lama2....iya pak...output harus dipantau dl...
 
Mau tanya mas bernhard, gimana sekarang kadar nitrat nya? setelah flow dikurangi jadi 1-2 drip/second?
Saya rencana pengen DIY nitrate reductor, menurut mas bernhard isinya cukup bioball aja atau bisa di kombinasi sm biopellet biar lebih efektif? :masasih::oops:
 
Uda mulai berkurang bro.. Bioball nya saya tambahin ( campurin ) biopellet..

Nanti saya mau tambah biopellet di fluidized nya lg, sekarang cuma 250ml, tanya tanya ternyata 250 itu untuk 100L air.. Jd harus nya saya 1 Kg hehehe...
 

chipaco

Active Member
Uda mulai berkurang bro.. Bioball nya saya tambahin ( campurin ) biopellet..

Nanti saya mau tambah biopellet di fluidized nya lg, sekarang cuma 250ml, tanya tanya ternyata 250 itu untuk 100L air.. Jd harus nya saya 1 Kg hehehe...

bukan begitu bro Bernhard, biopelet bukan harus sesuai kadarnya.. misal kapasitas tank 100 L (tank+sump) maka diperlukan 250ml biopelet yang di perlukan jadi isi fluidiser diisi mulai dari 50 ml bertahap, minggu depannya ditambah 50 ml dan seterusnya hingga 250ml terfluid dgn baik bukan lgsg di masukkan 250 ml kedalam tabungnya. Guna nya demikian agar tidak terjadi overpopulated makanan bacteri didalam tank sementara skimmer ga mampu menghandlenya. Perlu diingat penggunaan biopelet hars di barengi dgn penggunaan/dosing bakteri.

Salam
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,580
Latest member
Moto89
Top