Ligtning yg tepat hemat n murah.

E_2091

Moderator
Staff member
nti tolong si share yah sis jadinya kayak apa..ga kepengen bikin pake diy individual reflektornya sekalian sis?
efeknya lumayan gede lo..logikanya gini aja,

coba di bayangin sis liat bulb dari samping alias dari bagian yang ada konector listriknya..nah cahayakan nyebarnya merata di seluruh permukaan bulb..kita bagi ajah jadi 4 bagian..sisi kiri, kanan, atas dan bawah..nah sisi bawah ini langsung menghadap ke permukaan air..kita anggap tiap sisi menghasilkan cahaya 100 poin, jadi 400 poin per bulb..kemampuan reflektor anggap 80persen..

nah kita anggap 1 reflektor 1 bulb.sisi kiri-kanan masing masing hasilnya 80 poin setelah di pantulin, sisi atas harus di pantulin 2 kali jadi anggap aja 65 poin.. jadi total cahaya sampe ke permukaan air 100 dari bawah, 160 dari kiri kanan, 65 dari atas..total 325 poin..

sekarang 1 reflektor 2 bulb. sisi kiri bulb 1 tetep dapet 80 tapi sisi kanan tidak ada pemantulankarena cahaya kena ke sisi kiri bulb 2..bagian atas juga cuma isa di pantulin setengah, ada karena kena di bulb satunya lagi..jadi teorinya total cahaya 100 dari sisi bawah bulb1 dan 2, 80 dari sisi kiri bulb1, 80 dari sisi kanan bulb 2, 65/2 dari atas bulb 1 dan 65 dari atas bulb 2..jadi 100+100+80+80+37.5+37.5 total 425..

sekarang 1 reflektor 4 bulb..hasilnya 100 dari bulb 1,2,3,4+ 80 sisi kiri bulb 1+80 sisi kanan bulb4+ 37.5 atas bulb1, 37.5 atas bulb4. totalnya 625poin..

keliatan banget kan bedanya..makanya menurut hasil tes di luaran sana pake par meter dengan reflektor masing2 selisihnya bisa 2-3 kali lipat dibanding reflektor gabung..terlepas dari akurasi alat yang dipake tetep aja keliatan bedanya selama alat yang di pake sama.. dari logika diatas 4x325=1300, sekitar 2kalinya 625 via reflektor gabungan kan..

jadi saya rasa sangat layak coba di diy reflektor2 kecil ini..saya pernah coba dari plat aluminium yang di tekuk2 jadi bentuk huruf M trus di cat putih..sayang hasilnya tidak rapih dan susah seragam..makanya saya putuskan beli saja..mungkin yang lebih berbakat bisa coba, siapa tau hasilnya bagus..

note: logika diatas sudah disederhanakan supaya gampang bacanya..aslinya ya tidak seperti itu plek..
 

clownANEMON

New Member
maap mas....aku mau to do point ya...? mumpung masih perkembangan....jadi kalo dari samping bentuk reflektor nya seperti apa...kalo seperti huruf "M" yang mas bilang agak keder aku...

maap ya mas....hehehehehe masih blum nangkep bentuk nya
 

E_2091

Moderator
Staff member
kalo dari samping ya seperti huruf M sis..bayangin pipa pvc di belah 2 buat reflektor sis, nah pvc ini seperti u terbalik../V\ ini yang kita mau
 

clownANEMON

New Member
oke aku coba meraba dulu dan membuat skets nya tar pak E nilai deh ya....

trus untuk sisi samping ( kanan - kiri nya ) gimana pak...? tutup flat aja apa melebar...?
 

E_2091

Moderator
Staff member
lebis baik melebar dengan ukuran final sekitar 7.5 cm..itu huruf m dengan 3 tekukan..kalo mo buat 6 tekukan lebar final 5cm cukup kayaknya..setidaknya barang2 bermerek begitu bentuknya..waktu itu saya ambisi bikin banyak tekukan kayak yang pak santo jual..gagal total..susah nekuknya..
 

clownANEMON

New Member
oke saya nangkep apa sebenarnya seperti spider reflektor nya t5 pak santo ya...?

kalo masalah tekuk menekuk tukang knalpot jago deh mas....heran ayas juga.....katanya gini,,,

"saya pikir mah apa mbak...? kalo gini mah eces"

waduh belagu...tapi bner rapi jali euuuyyy....

budget untuk 1 reflektor sekitar 80 ribu....nah biaya chrome plat nya ini yg mringis.....200 ribu.....
 

E_2091

Moderator
Staff member
bener sis..seperti reflektornya yang pak santo jual..hanya saja pak santo punya tekukannya banyak sekali..sekitar 8 dengan line tipis2..wah kalo biayanya segitu masih mending beli reflektor di pak santo..115rb/pc buat panjang 3feet..udah pasti pas dan mantap..

maksud saya bikin tekukan 3 saja supaya mudah di garap sendiri dengan biaya murah, tidak usah krom, cat putih saja..maksud diy ini untuk dapet hasil yang lebih baik dari listrik yang kita bayar..setidaknya better dari pada pake reflektor campur sari ala pvc/talang air dsbnya gt sis..sukur2 bisa beter dari fixturenya zonic(yang mana tidak mustahil)..jadi buat yang masih ragu2 spend uang di lampu bisa ada alternatif murahnya..kalo untuk mendekati kualitas barang jadi kayaknya masih susah, selain dari kualitas design tekukan, kualitas tekukannya sendiri, plus kualitas material dasarnya..orang luar biasa diy reflektor pake bahan yang buat solar tube..di sana ada jual begituan di toko materialnya..fungsi aslinya buat perpanjang si solar tubenya..di sini ga tau ada material seperti itu apa ga..plus sejauh ini juga masih reflektor mh yang di diy..belum pernah liat yang t5/t8..
 

E_2091

Moderator
Staff member
bner banget sis..diy paling penting bukan murah..tapi asiknya itu..tapi selama kualitas masih bisa di kompromikan..soalnya namanya diy bisa terkendala bahan baku, peralatan dan skill..kalo ketiganya terpenuhi sih ga bakal ada masalah..
 

pur

New Member
clownANEMON said:
oke saya nangkep apa sebenarnya seperti spider reflektor nya t5 pak santo ya...?

kalo masalah tekuk menekuk tukang knalpot jago deh mas....heran ayas juga.....katanya gini,,,

"saya pikir mah apa mbak...? kalo gini mah eces"

waduh belagu...tapi bner rapi jali euuuyyy....

budget untuk 1 reflektor sekitar 80 ribu....nah biaya chrome plat nya ini yg mringis.....200 ribu.....


wah..ayas demen nongkrong di bengkel ya??? hahaha soorrriii OOT!!!
back to topic...
 

elsyironjie

Member
pengen nanya dan minta saran, kalo buat aquarium dengan reefs, ukuran tank 45x30x25, kira-kira yang cocok apa ya yang bagus & murah? biar coral pada ngembang sempurna gitu, sementara pake neon biasa 6wat...
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,580
Latest member
Moto89
Top