anemon muntah coklat

idy3d

New Member
Joined
17 July 2010
Messages
10
Likes
0
Hallo smuaa... :D
mau nanya dong,
anemon pasir saya ko ga ngembang semenjak anemon jagung maen nya deket2 si anemon pasir saya....
apa anemon pasir nya kalah sengat sama anmon jagung nya..

awal nya tuh A.pasir mekar tp si jagung nya yg ngumpet, ga mekar...setelah 2 minggu + muntah2 (warna coklat gitu muntah nya :roll: ), baru si A.jagung mekar n main deket2 si pasir...

oiya nanya lg..itu anemon muntah2 coklat knp ya..apa itu wajar??

ideal nya kasi makan nya brp bnyk n brp kali sih?

waktu itu pnah kasi udang tiap hari tp setelah sminggu, malah di muntahin...hohoho

thxb4
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
mungkin anemon pasirnya merasa terganggu ama anemon jagungnya. muntah coklat? dikasi coklat apa? ga doyan kali. hehehe... btw muntahan coklat tu kemungkinan sisa makanan yg ga dicerna ama dia. soal direct feeding, jgn terlalu sering, biar ga merusak parameter air. seminggu sekali atau dua kali jg cukup kok. cmiiw.
 

lost-id

Super Moderator
Staff member
Joined
17 November 2009
Messages
1,495
Likes
30
Halo bro,
Selamat bergabung di Reefsforum, kalo boleh tau, spek akua berapa? Udah berapa lama? Isinya apa aja?
Parameter air gimana?
Anemon memang agak sulit peliharanya, membutuhkan tempat yg nyaman baru dia mau mekar sempurna, nah repotnya kalo dia merasa gak nyaman dia bakal gak mekar atau bakal pindah tempat utk cari tempat yg nyaman.
Dipantau dan diawasi aja bro, jgn sampe anemonnya mati atau kesedot wm, soalnya anemon mati itu racun buat seluruh penghuni akua.
Muntah coklat itu kalo gak salah sekresinya deh bro, normal itu. Kalo yang diwaspadai itu muntah putih, tanda mau mokat. Feeding kalo pake potongan udang gak mau, pancing dulu pake air amis. Gak perlu tiap hari, 2x seminggu juga cukup.
Semoga awet anemonnya.

Salam
Wawan
 

idy3d

New Member
Joined
17 July 2010
Messages
10
Likes
0
@bro omega: oh sminggu sekali aja cukup ya om.. sip2.
bukan dikasi coklat om, tp di kasi udang kecap..:lol: :lol:

@bro bata-bata:
aqua udah 4 bulanan..135x60x60
ada sump 80x40x40
skimer jebo180( yg murah:p)
ada DSB sama aseman jg..
isi nya anemon 2
lps 5
jamur 2
sama ikan kecil2 aja palingan ada 5

sampe saat ini sih masi blm punya testkit om:p.. abis mahal sih..lg nabung
dlu eheheh

oh jd itu muntah coklat gpp yaa om.. sukur deh..
trus nih anemon pasir nya gmn ya biar bisa mekar lg.. apa di pindahin aja
batu tmpt dia nempel nya ya..??
A.pasir nya sih ga mau pergi2 dr tmpt situ..

jd gini nih, klo malem si pasir ciut nya ga separah siang, soalnya klo siang
dia kena tentakel si jagung yg lagi mekar..
nah klo malem kan tentakel si jagung masuk lg tuh ke selipan karang(badan
nya jagung ngumpet di selipan karang).. jd seperti nya tidak terlalu
terganggu sama tentakel si jagung..
 
Joined
27 December 2009
Messages
1,924
Likes
1
Jenis terumbu yg ada mulutnya sekresinya jadi satu bro!
jadi lobang mulut dan lobang pant** itu sama :lol:

Anemon pasir bakal balik lagi kalau tempatnya nyaman gak ada gangguan
Ditempat sy karna banyaknya udang pelet pencuri makanan sering gak mekar makanya dipindah ditempat agak kedepan jadi jauh dari penjarah jatah makanan,
 

idy3d

New Member
Joined
17 July 2010
Messages
10
Likes
0
IkanNemo said:
Jenis terumbu yg ada mulutnya sekresinya jadi satu bro!
jadi lobang mulut dan lobang pant** itu sama :lol:

Anemon pasir bakal balik lagi kalau tempatnya nyaman gak ada gangguan
Ditempat sy karna banyaknya udang pelet pencuri makanan sering gak mekar makanya dipindah ditempat agak kedepan jadi jauh dari penjarah jatah makanan,
:lol: oh gitu ya om...
iya udang pelet di aqua saya jg brani2 bgt kyk bgitu..udah di gengem kuat ama si anemon, jg tetep aja direbut..ahaha
ato salah satu faktor ciut nya jg gara2 si udang pelet yg suka rebut2 makanan jg kli yaa..??

trus klo mau pindahin posisi anemon nya gmn om nemo??
klo di cabut paksa, ntar kasian..
klo LR nya yg dipindah, males bgt rubah2 susunan LR n trumbu2 yg laen nya lg...
eheheh
 

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
idy3d said:
IkanNemo said:
Jenis terumbu yg ada mulutnya sekresinya jadi satu bro!
jadi lobang mulut dan lobang pant** itu sama :lol:

Anemon pasir bakal balik lagi kalau tempatnya nyaman gak ada gangguan
Ditempat sy karna banyaknya udang pelet pencuri makanan sering gak mekar makanya dipindah ditempat agak kedepan jadi jauh dari penjarah jatah makanan,
:lol: oh gitu ya om...
iya udang pelet di aqua saya jg brani2 bgt kyk bgitu..udah di gengem kuat ama si anemon, jg tetep aja direbut..ahaha
ato salah satu faktor ciut nya jg gara2 si udang pelet yg suka rebut2 makanan jg kli yaa..??

trus klo mau pindahin posisi anemon nya gmn om nemo??
klo di cabut paksa, ntar kasian..
klo LR nya yg dipindah, males bgt rubah2 susunan LR n trumbu2 yg laen nya lg...
eheheh
kalau anemon pasir tinggal angkat aja kan ada batunya,
kalau anemon ngusirnya di kasih semburan udara,
 

idy3d

New Member
Joined
17 July 2010
Messages
10
Likes
0
Ozone said:
kalau anemon pasir tinggal angkat aja kan ada batunya,
kalau anemon ngusirnya di kasih semburan udara,
eh anemon saya yg putih ada titik ungu di ujung tentakel nya itu om..itu pasir kan namanya ya..??
ga ada batu nya, dia nempel aja di LR saya aja gitu.. susah diangkat nya..
ok deh thx om ozone, ntar saya cba semprot pke Wm aja kli ya.. :)
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
muntahan warna coklat itu dia buang azooanthellaenya..alga fotosintesisnya ini..faktornya stress..paling standar suhu terlalu tinggi, fluktuasi parameter kayak KH-PH..sama light shock..
 

idy3d

New Member
Joined
17 July 2010
Messages
10
Likes
0
E_2091 said:
muntahan warna coklat itu dia buang azooanthellaenya..alga fotosintesisnya ini..faktornya stress..paling standar suhu terlalu tinggi, fluktuasi parameter kayak KH-PH..sama light shock..
oh brarti bukan krn kebnyakan makan ya pak E :shock:

hmm..bli testkit dlu deh nih... :)
klo light shock itu mksd nya gmn ya pak?? lighting saya cma TL8 3 biji padahal :| :|
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
idy3d said:
E_2091 said:
muntahan warna coklat itu dia buang azooanthellaenya..alga fotosintesisnya ini..faktornya stress..paling standar suhu terlalu tinggi, fluktuasi parameter kayak KH-PH..sama light shock..
oh brarti bukan krn kebnyakan makan ya pak E :shock:

hmm..bli testkit dlu deh nih... :)
klo light shock itu mksd nya gmn ya pak?? lighting saya cma TL8 3 biji padahal :| :|
light shock karena mendadak cahaya terlalu kuat..t8 bukannya terlalu kuat, disebut lemah aja ga layak buat standar anemon..saya sih pegangnya suhu ato fluktuasi pH/KH..
 
Joined
20 October 2012
Messages
727
Likes
10
Anemon saya juga merah2nya nempel ke LR.
Tapi tentakel menjulur ke luar.
Apalagi kalo low light, dia lebih aktif.

Ciri2 anemon berbahaya, biasanya mulut
Kembung ke luar.
 
Joined
19 February 2015
Messages
288
Likes
4
om mau nanya nih, anemon saya kan udh sekitar 2minggu ngga dikasih makan lupa beli udang mulu soalnya, terus dia menciut, kira2 dia mati ngga ya?? ciri2 anemone mati gimana sih para mastah?? thx be4:)
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,414
Likes
64
Menciut merupakan salah satu ciri-ciri anemone yang kurang sehat. Berapa lama anemonenya sudah diperlihara? Bukan berarti tidak diberikan makan akan mati tetapi ada faktor lain yang bisa menyebabkan anemone mati atau menguncup.
 
Joined
19 February 2015
Messages
288
Likes
4
Oalahh ini sudah baik kok bro anemonnya. Anemon saya sudah sekitar 1 bulan nih alhamdulillah sehat2 aja. Ohiya anemon kalo belom ada clownfishnya gapapa kan ya bro? Soalnya masih bingung ini mau nambah clownfish apa soalnya kalo di gugel sih hunting namanya "long tentacled anemone", yang kira2 cocok ama ni anemone clownfish jenis apa ya bro? Sorry nih banyak nanya masih nubie nih. Thanks. Salam kenal bro reef.
 
Top