Bagaimana cara menjernihkan air laut yg kuning

Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
Langsung saja pada para senior ... sesuai subjectnya, bagaimana ya caranya membuat air laut yg kekuningan di MT untuk bisa menjadi jernih kembali ? Apa penyebab & efek dari air yg kekuningan tersebut .....

Mohon sarannya


~ Salam ~
 
Joined
11 December 2008
Messages
993
Likes
4
saya coba menjawab ya pak,
sepertinya bisa dikurang dengan menggunakan carbon aktif, melakukan carbon dossing penggunaan ATS dan penggantian air secara rutin.
kalau penyebabnya sih bisa dari sisa makanan ikan yang menimbulkan terjadinya penumpukan PO4 yang mengakibatkan air menjadi buruk kondisinya.
seperti itu pak, hehe
mohon koreksinya, :mrgreen:
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
Thanks pak maysan & pak oland untuk informasinya ...
Apakah warna kekuningan tersebut mayoritas adalah karena adanya penumpukan PO4 ?
Karbon aktif di percaya bisa menjernihkan air kembali, jika benar warna kekuningan yg timbul adalah penumpukan PO4, artinya karbon aktif bisa menyerap phosphat dong ya ?


~ Salam ~
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
warna kuning ini dari tumpukan organik..biasanya dari lumut..tul banget tuh..ini salah satu alasan ats tidak populer dan bahkan pernah ditinggalkan sampe akhirnya sekarang ada yang mulai lagi..

ats menghasilkan tumpukan organik yang cukup berbahaya, salah satu efeknya kebiota, stunt growth alias kerdil..untuk buang ini butuh skimmer, ato karbon aktif ato mungkin media lain kayak seachem purigen.ganti air sangat membantu..
 
Joined
11 December 2008
Messages
993
Likes
4
E_2091 said:
warna kuning ini dari tumpukan organik..biasanya dari lumut..tul banget tuh..ini salah satu alasan ats tidak populer dan bahkan pernah ditinggalkan sampe akhirnya sekarang ada yang mulai lagi..

ats menghasilkan tumpukan organik yang cukup berbahaya, salah satu efeknya kebiota, stunt growth alias kerdil..untuk buang ini butuh skimmer, ato karbon aktif ato mungkin media lain kayak seachem purigen.ganti air sangat membantu..
mas Eko, sedikit bertanya
pernah baca di aquariacentral referensi ttng ATS, katanya dengan menggunakan ATS tidak perlu lagi menggunakan carbon aktif, po4 absorber dan skimmerless.
brarti penggunaan ATS kurang bagus donk mas :?:
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
maysan said:
E_2091 said:
warna kuning ini dari tumpukan organik..biasanya dari lumut..tul banget tuh..ini salah satu alasan ats tidak populer dan bahkan pernah ditinggalkan sampe akhirnya sekarang ada yang mulai lagi..

ats menghasilkan tumpukan organik yang cukup berbahaya, salah satu efeknya kebiota, stunt growth alias kerdil..untuk buang ini butuh skimmer, ato karbon aktif ato mungkin media lain kayak seachem purigen.ganti air sangat membantu..
mas Eko, sedikit bertanya
pernah baca di aquariacentral referensi ttng ATS, katanya dengan menggunakan ATS tidak perlu lagi menggunakan carbon aktif, po4 absorber dan skimmerless.
brarti penggunaan ATS kurang bagus donk mas :?:
itu mitosnya kang..sedang atscara kerjanya beda dengan macem2 itu..po4 mungkin ga butuh lagi, tapi tidak dengan skimmer dan karbon aktif..siapa dong yang buang organik dari atsnya?
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
Maaf bapak2, untuk bahasan sisi positif & negatif tentang ATS nya di potong dulu ya ... :)

Back to the topic :
Air laut menjadi kuning
Penyebab terbesar : lumut
Pilihan solusi terbaik : Carbon active

Karbon active yg di pake disini apakah bisa menggunakan carbon active untuk akarium air tawar yg biasa di jual di hypermarket ?


~ Salam ~
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
wajib akua laut punya pak..yang air tawar biasa leaching po4..karena emang prosesnya pake asam phospat..black gold karbon murmer tuh..lebih baik pake sedikit sering ganti daripada pake banyak trus ga ganti2..
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
E_2091 said:
wajib akua laut punya pak..yang air tawar biasa leaching po4..karena emang prosesnya pake asam phospat..black gold karbon murmer tuh..lebih baik pake sedikit sering ganti daripada pake banyak trus ga ganti2..
Ooh .. sy kira sama, ok pak e thanks untuk informasi nya...


~ Salam ~
 
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
kalo pke phopat remover ngrusak trumbu or anmon g
saia kok pernh baca forum luar katanya penggunaan carbon aktif bisa membunuh bakteri termasuk bakteri baik buat n03
bener g seh :?: :?: :?: :?: :?: :idea:
 
Joined
28 January 2011
Messages
325
Likes
0
Penggunaan lampu jg bisa memudarkan warna air jadi kekuning2an bro!
pengalaman di aquascape dulu sih lampu daylight putih dikombinasi dng warna biru hasilnya jadi neutral.
kecuali memang kondisi airnya memang kudu diganti tapi baiknya coba cek lampu dulu..
 

dizt

Active Member
Joined
8 January 2007
Messages
1,589
Likes
0
L34F_angel said:
Langsung saja pada para senior ... sesuai subjectnya, bagaimana ya caranya membuat air laut yg kekuningan di MT untuk bisa menjadi jernih kembali ? Apa penyebab & efek dari air yg kekuningan tersebut .....

Mohon sarannya


~ Salam ~
kalau air laut kuning gara2 beli anemon atau gonipora yang di sepuh warna kuning alamat ganti air pak..
 
Top