Buat aquarium air laut ukuran 34,5x40x40

Ach-Reef

New Member
Joined
14 June 2020
Messages
4
Likes
0
Selamat Siang untuk semua anggota forum, mohon izin untuk bercerita dan bertanya beberapa hal kepada senior semua disini, saya masih baru dalam aquarium air laut:

peralatan aquarium:
1. Aquarium merk aquaone arc 46 terdapat sekat di belakang, untuk sekat pertama ada filter dari aquaone lalu sekat kedua ada rumah bakteri, skat ketiga ada sponge yang item, dan sekat terakhir ada pompa
2. Aquarium ini sudah dilengkapi filter seperti carbon active dan ada semacam Bola bulat warna putih pada area filter itu tapi saya kurang tau nama nya, Saya menambahkan karang jahe untuk rumah bakteri.
3. Untuk peralatan nya saya menggunakan protein skimmer dan surface skimmer.

Lanjut saya ceritakan proses cycling saya.

saat ini sudah berjaln 2 minggu proses cycling, saya menggunakan deathrock untuk aquarium saya dan menambahkan bacteri starter biodigest dan satu lagi saya lupa kata yang jual dia untuk nutrisi, sampai saat ini death rock saya sudah mulai berwatna hijau coklat tapi saya belum tau apakah ini sudah baik atau belum, dan pada pasir terdapat lumut yang kecoklatan dan sudah ada di kaca juga, apakah ini pertanda baik? Saya sempat melihat ada biota seperti udang bungkuk, saat ini saya baru meletakkan karang otak dan karang donat baru berjalan 1 hari. saya belum melakukan water change dan pengukuran kualitas air, baru pengukuran suhu saja, rata-rata suhu air saya di angka 24C karena ada di kamar dan ber ac juga.

izin bertanya:
1. Apakah setelah saya menjalankan proses cycling ini dan adanya warna hijau kecoklatan di deathrock saya ini pertanda baik dan bisa saya letakkan karang otak dan karang donat?
2. Untuk alga kecoklatan di kaca dan pasir ini bagaimana? Apakah berbahaya buat karang nya?
3. Untuk penggunaan bacteri starter sebaik nya bagaimana? Karena saya baru menggunakan sekali, saya mau coba water change atau menggunakan skimmer masih belom berani, mohon bantuan nya?
4. Untuk mengukur kualitas air perlu alat apa saja selain refractometer dan ph meter? Untuk cek kandungan lain itu apa saja alat nya? dan kandungan apa saja yang perlu di cek?
5. Apakah karang saya bisa hidup dengan kondisi ini? Karena saya tidak menambahkan wm, hanya mengandalkan udara dari pompa.
6. Karena saya sudah meletakkan karang apakah saya perlu menyalakan protein skimmer nya?

mungkin segini dulu yang saya sampaikan, mohon bantuan jawaban nya , berikut ini saya sertakan foto kondisi aquarium saya
 

Attachments

Top