Butuh diagnosa penyakit dan penanggulangannya

Joined
27 October 2008
Messages
398
Likes
1
help dalam seminggu ini ikan2 saya kena penyakit yg gak pernah saya alami sebelumnya, satu persatu mati dengan cepat padahal umur ikannya udah setahun lebih di aquarium selalu sukses lawan whitespot tapi penyakit ini langsung cepat bikin ikan mati korbannya udah keling kuning, botana jerawat dan bluedevil kupang mati bergantian dalam waktu seminggu.

Diagnosanya ikan awalnya seperti luka disisiknya (baret putih) fotonya gk ada soalnya ikannya waktu itu masih gesit, besoknya 75% tubuh ikannya sudah warna putih sisiknya seperti mengelupas, ikannya langsung jadi santapan kepiting sebelum diambil, hanya butuh waktu 2 hari untuk bikin ikan yang segar bugar menjadi mati dengan tubuh terkelupas sisiknya, sekarang betok kuning saya mulai ada putih2 seperti ke gesek karang juga sepertinya ketularan (bukan putih2 ws), dan lettersix sama keranjang padang mulai gatal gesek2 ke karang atau tiba2 kaget seperti ada yg gigit, ikannya masih pada nafsu makannya.

Penyakit apakah ini? penanganannya gimana yah? rata2 ikan udah berumur setahun lebih di aqua dan ikan yg ada sekarang selalu lolos dari ancaman WS namun hanya butuh 2 hari kena penyakit ini langsung tewas... :(
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
help dalam seminggu ini ikan2 saya kena penyakit yg gak pernah saya alami sebelumnya, satu persatu mati dengan cepat padahal umur ikannya udah setahun lebih di aquarium selalu sukses lawan whitespot tapi penyakit ini langsung cepat bikin ikan mati korbannya udah keling kuning, botana jerawat dan bluedevil kupang mati bergantian dalam waktu seminggu.

Diagnosanya ikan awalnya seperti luka disisiknya (baret putih) fotonya gk ada soalnya ikannya waktu itu masih gesit, besoknya 75% tubuh ikannya sudah warna putih sisiknya seperti mengelupas, ikannya langsung jadi santapan kepiting sebelum diambil, hanya butuh waktu 2 hari untuk bikin ikan yang segar bugar menjadi mati dengan tubuh terkelupas sisiknya, sekarang betok kuning saya mulai ada putih2 seperti ke gesek karang juga sepertinya ketularan (bukan putih2 ws), dan lettersix sama keranjang padang mulai gatal gesek2 ke karang atau tiba2 kaget seperti ada yg gigit, ikannya masih pada nafsu makannya.

Penyakit apakah ini? penanganannya gimana yah? rata2 ikan udah berumur setahun lebih di aqua dan ikan yg ada sekarang selalu lolos dari ancaman WS namun hanya butuh 2 hari kena penyakit ini langsung tewas... :(
saya tidak berani menjamin apakah ini benar atau tidak.

tapi kemungkinan penyakit itu adalah Velvet. dimana akan menjerat ikan 1 per 1. (mati semua)
yang bisa menghilangkannya hanya cooper (berarti semua terumbu keluar) atau pakai velvet & spot merk prodibio.

dulu ikan saya kena velvet semua. lalu saya kasih prodibio itu. 1-2 minggu velvet hilang dari tubuh ikan.


hanya sekedar share dari saya.
 
Joined
27 October 2008
Messages
398
Likes
1
waduh velvet yah :( mungkin bibitnya kebawa dari air baru nih... dulu kena ws parah pernah pake obat yg disarankan james tapi gak berhasil 70% ikan tewas semua, nah sebagian ikan yg 30% selamat KO sama nih velvet
 
Joined
8 August 2014
Messages
29
Likes
0
Mau tny ini, ikan saya sudah hampir 1 mnggu perut nya buncit bnr, seperti nya gak bisa bab, soal nya biasa sesudah kasi makan langsung poop tuh ikan, kira" solusi nya apa yah? Thanks
 
Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
Mau tny ini, ikan saya sudah hampir 1 mnggu perut nya buncit bnr, seperti nya gak bisa bab, soal nya biasa sesudah kasi makan langsung poop tuh ikan, kira" solusi nya apa yah? Thanks
ikannya buncit karena kegemukan mungkin?
kalo ngasih makan mungkin kebanyakan... coba jangan kasih makan sehari buncitnya berkurang gk... klo berkurang berarti emang kebanyakan makan :D tapi klo masih buncit2 juga padahal gak dikasi makan berarti harus dikasi minum vegeta ikannya... biar lancar :roflmao::D

kayaknya sy pernah baca thread mengenai ikan yg susah pup di forum ini, dan akhirnya ikan tsb dioperasi anusnya (ditusuk jarum) dan alhasil pupnya normal lagi, tp sy lupa thread yg mana:oops::masasih::bosan:
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Ikannya dah berapa lama? Kalau masih baru dan gak bisa poop karena potas. Dan kalo potas di tusuk jarum pun gak ada gunanya. Di tusuk jarum juga mana bisa? Yang ada mati ikannya.

Di tusuk jarum hanya untuk ikan yang dekompresi.
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
kalo faktor perut gendut atau kurus ada beberapa faktor..

coba dijawab pertanyaan saya ini. karena mungkin indentifikasinya bisa lebih mudah.

1. usia ikan di akuarium sudah berapa lama ?
2. sudah berapa lama tidak BAB ?
3. ikan diberi makan apa saja ?
4. bila mana menggunakan makanan olahan seperti pelet, apakah diperhatikan EXP -nya ?
5. apakah memberikan makan berupa cacing beku ?
6. sudahkan melakukan pengobatan ?


untuk tusuh jarum tidak disarankan. apalagi kgk ngerti. emank situ mau saat lagi sakit dokternya gk tau apa2 trus main tusuk ??
karena ditakutkan yg ada ikan malah mati.
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
perlu di ingat kata kuncinya..

"saya gak asal tusuk dan gak dalem" tusuknya "

jadi kalo saran yg mau tusuk2an coba pelajari terlebih dahulu. baru siap tusuk..


itupun kalo nekat mau tusuk ya..
 
Joined
8 August 2014
Messages
29
Likes
0
Thanks bro smua atas saran dan masukan nya,
Kl bro james
Saya jb pertanyaan nya
1. Usia ikan udah 3 bulan di aqua
2. Yang saya tau hampir seminggu, perut nya kek maskoki, ekor nya kecil,
3. Ikan cmn saya kasi makan pelet tetra
4.exp nya masi lama, 2018
5.tidak
6.sampai sekarang pengobatan tidak ada, karna tidak tau cara nya kl tusuk pantat saya takbrni hehehhe

Thankiu bro thariq atas thread nya, merepotkan
 
Joined
8 August 2014
Messages
29
Likes
0
Thanks bro smua atas saran dan masukan nya,
Kl bro james
Saya jb pertanyaan nya
1. Usia ikan udah 3 bulan di aqua
2. Yang saya tau hampir seminggu, perut nya kek maskoki, ekor nya kecil,
3. Ikan cmn saya kasi makan pelet tetra
4.exp nya masi lama, 2018
5.tidak
6.sampai sekarang pengobatan tidak ada, karna tidak tau cara nya kl tusuk pantat saya takbrni hehehhe

Thankiu bro thariq atas thread nya, merepotkan
Peusukan anus memakai jarum atau kidi yah? Kira" seberapa dalam?
Thankiu
 
Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
Peusukan anus memakai jarum atau kidi yah? Kira" seberapa dalam?
Thankiu
Berdasarkan thread "ikan gak bisa BAB", mas @ryan_sell nusuk anus ikannya pake jarum dan gk dalam, kira kira 2 mm katanya... mas wijaya yakin mo ditusuk anus ikannya? :eek:

Kalo boleh tau ikannya mas wijaya ikan apa ya? Soalnya yg di thread itu ikan jenis botana...
 
Last edited:
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
Thanks bro smua atas saran dan masukan nya,
Kl bro james
Saya jb pertanyaan nya
1. Usia ikan udah 3 bulan di aqua
2. Yang saya tau hampir seminggu, perut nya kek maskoki, ekor nya kecil,
3. Ikan cmn saya kasi makan pelet tetra
4.exp nya masi lama, 2018
5.tidak
6.sampai sekarang pengobatan tidak ada, karna tidak tau cara nya kl tusuk pantat saya takbrni hehehhe

Thankiu bro thariq atas thread nya, merepotkan
wach padahal tidak ada makanan yg membahayakan. sudah makan pelet pula.
kemungkinan memang tidak bisa BAB.

soal tusuk2an saya gk ikut2an. karena gk ada pengalaman.
 
Joined
8 August 2014
Messages
29
Likes
0
Saya jg bingung, ni ikan saya jenis clown fish, masi kecil ukuran nya,
Tp ni udah ada bab dikit, tp dikit aja, perut nya masi aja buncit bnr, foto nya menyusul ni
 
Top