>>> Cara baca table Salinity untuk HYDROMETER ?

Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
aquaseaku said:
Hi,

Saya masih bingung cara baca table conversion yang ada di:
http://www.reefs.org/survey/salinity_conversion.html

Celcius yang ada di table tersebut apakah suhu air atau suhu udara ?

Mana yang harus sebagai dasar pengukuran ?
Lihat SG dulu baru Celcius
atau
Lihat Celcius dulu baru SG

Bisa tolong dibantu dengan sebuah contoh jika suhu air saya adalah 28.9 C.

Thanks.
Sebelumnya dibedakan dulu 3 poin yg ada di tabel yi:

Pertama :
SG = Specific Gravity = Berat Jenis = Berat larutan dibanding dg berat 1 lt air murni pada suhu tertentu (sy lupa).
Bila air murni (tawar) bercampur garam maka beratnya akan bertambah menjadi
(Berat air tawar + Garam) : Air tawar = SG
mis. : 1.022 adalah 1.000 air tawar dan 0.022 adalah garam.

Kedua :
Salinitas adalah kadar garam yang terkandung dalam 1 lt air.
Satuan salinitas adalah %o (per seribu atau per mil)
Maka salinitas 33 %o adalah 33 gram garam dalam 1 lt air.

Perbedaan mendasar pada SG dan Salinitas adalah SG dihitung berdasarkan Berat larutan sedangkan Salinitas dihitung berdasarkan berat garam/volume.

Perbedaan lain : Salinitas digunakan hanya untuk "kadar garam" atau larutan yg mengandung garam.
SG digunakan untuk berbagai macam termasuk benda padat.

Sebenarnya penggunaan salinitas lebih tepat untuk air laut tetapi karena SG lebih sering digunakan dan alatnyapun lebih mudah didapat maka terlanjur SG yang menjadi patokan. Bahkan SG sering dikatakan sebagai Salinitas.

Ketiga :
Suhu adalah suhu air.
Suhu : Farenheit atau Celsius tergantung penggunaan tetapi suhu mempengaruhi suatu larutan salah satunya kepadatan.
Pada suhu rendah kepadatan air lebih tinggi dari pada air bersuhu tinggi.


Cara membaca tabel :

Misalkan di ukur SG = 1.022 dengan suhu 28,9 C
Maka Salinitas air laut tsb adalah 32,7 %o (titik temu lajur dan kolomnya).
Bila suhu aquariumnya diturunkan menjadi 25 C sedangkan SG tetap 1.022
maka salinitas sebenarnya adalah 31,2 %o

Berkurangnya salinitas karena pada air dingin lebih padat sehingga perbandingan dg garam menjadi lebih kecil.

Semoga jelas.

A. Ariawan
 
Joined
9 October 2007
Messages
29
Likes
0
Pak Ariawan,

Terima kasih sekali atas informasi yang bapak berikan. Sangat jelas sekali.

Jadi saat ini saya paham bahwa air laut saya ternyata memang kekurangan kadar garam. Mungkin toko yg kirim air laut menggunakan campuran air tawar. SANGAT MENGECEWAKAN !

Suhu air saya saat ini sekitar 26.5 C dan SG menunjukan sekitar 1,017 - 1,018. Pada table di web tsb, jelas paramater saya tidak termasuk di dalam parameter yang di rekomendasikan untuk habitat saltwater.

Awalnya saya berpikir bahwa hydrometer saya jelek. Tapi saya tes ke air mineral dan jarum SG menunjuk ke arah 1, dimana memang SG/BJ air mineral adalah 1. Berarti jelas bahwa kualitas air lautnya jelek.

Tapi...apakah ada kemungkinan kadar garam bisa berkurang ?
Sebab harusnya kan kadar garam per liter meningkat karena ada evaporation. Mungkin bisa berkurang jika air laut terkena air hujan. Tapi untuk hal ini saya pastikan tidak setetes pun air hujan yg bisa masuk ke dalam kolam saya.

Apakah ada akibat lain yg menyebabkan kadar garam per liter nya bisa berkurang ?
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
Yg mengurangi salinitas a.l :

Sumber air laut di Jakarta umumnya dari Ancol (Gelanggang Samudera)
Pada saat musim hujan, salinitas bisa mencapai 25%o karena pantai jakarta banyak muara sungai.


Saat mencuci pasir, LR dll menggunakan air tawar dan saat diletakan di aquarium bercampur dg air laut shg salinitasnya turun.

Evaporasi ada juga garam yang terbawa uap air tetapi sangat kecil.
Coba letakkan sepotong kaca pada daerah yang banyak penguapan, misal sump.
Bila ada titik air pada kaca tsb boleh di test (test kitnya murah - pakai lidah :? ), biasanya ada rasa asin sedikit.

Splash/cipratan dari air jatuh atau gelembung yang menempel di kaca akan membawa garam yang kemudian mengering.
Bila terdapat banyak kristal garamnya maka salinitas bisa menurun tergantung jumlahnya.

Pedagang juga bisa saja melakukan kecurangan dg menambah air tawar.
Tapi kl ini terbukti lebih baik beli dr yang lain saja.

A. Ariawan
 
Joined
9 October 2007
Messages
29
Likes
0
Pak Ariawan,

Thanks atas informasinya.
Ya lebih baik toko tsb saya blacklist saja deh :cry: .

Dari kualitas salinitas tsb, saya jadi kawatir airnya pun banyak mengandung tomont & tomite si calon WS. Duhhhh...jangan sampe deh :cry:

Thanks
 
Joined
9 October 2007
Messages
29
Likes
0
Barusan saya mau pesan air laut lagi dari Toko ABC (bukan dari Toko XYZ yg saya blacklist).

Dan si ABC bilang, kalau PH dan KH nya bagus, seharusnya salinitas tidak masalah. Nah looo, pusing deh saya :?

Sebab parameter saya cukup bagus (baru aja ukur 5 menit lalu):
PH: 8.2 - 8.3
KH: 5 - 6

Berdasarkan informasi dari toko ABC, harusnya salinitas saya tidak serendah itu (1.017 - 1.018). Jadi menurut toko ABC, tidak perlu ganti air nya, karena menurut dia yg tidak akurat adalah alat hydrometer saya.

Pertanyaan saya:
Apakah benar kualitas salinitas berbanding lurus dengan kualitas PH & KH ?


Thanks.
 
Joined
14 January 2008
Messages
14
Likes
0
penggaraman

apakah pemberian garam bs jd solusi u/ menaikkan kdr garam ( salinitas ) pd air laut? ato apakah adaa solusi lain? mis. dgn membiarkan tjd-nya penguapan tanpa penambahan air tawar? trim's sebelumnya pak Leo...
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Bisa ditunggu nguap ato bisa jg dgn garam khusus. Atau jg dgn pemberian air laut asli yg dibiarkan menguap shg kadar garamnya meningkat lalu dimix dgn air di aq.
Salam,
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Refina garam apa Pak? Utk membuat air laut buatan,ada garam khusus yg setau saya mrp barang impor. Itu bukan garam sekadar asin saja,tp ada jg kandungan komposisinya yg menyerupai air laut. Utk jelasnya coba contact sponsor reef indo. Sapa tau dijual.
Salam,
 
Joined
15 March 2007
Messages
22
Likes
0
hydrometer

hati-hati pake hydrometer!!
Banyak orang membicarakan/membandingkan salinitas ataupun SG, tanpa membandingkan merek dari hydrometer yg mereka pakai.
Boleh anda coba, dari air laut yang sama, saya test dengan 4 macam merek hydrometer, yg harganya 20rban, 20rban, 30rban, dan yg seratus rb keatas. (Kalo boleh saya bisa sebutkan mereknya).
Hasilnya beda semua!!!
Bahkan ada hydrometer yg menunjukkan hasil berbeda, padahal mereknya sama... :shock:

Gimana nih!?? mohon petunjuk dong dari para pakar, terutama Mr. ARIAWAN :) , apakah hydrometer dengan harga yang paling mahal menjamin bahwa dia yang paling tepat?

Nambahin dikit ah...berkurangnya salinitas air juga bisa dari sebagian air laut yang ke skim di skimmer, apa betul pak ariawan?
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
Re: hydrometer

nemo2007 said:
Gimana nih!?? mohon petunjuk dong dari para pakar, terutama Mr. ARIAWAN :) , apakah hydrometer dengan harga yang paling mahal menjamin bahwa dia yang paling tepat?
Saya cuma tahu sedikit koq :roll:

Yang pasti kalau yang mahal lebih akurat . . dg catatan memang mahal dalam pembuatannya sehingga dijual mahal.
Bukan barang murah dijual mahal.

Misalnya saja satu merk dg type yang sama letak skala warna di dalamnya saja terkadang beda. Ada yang rendah atau tinggi.

Sebenarnya semua dibuat seakurat mungkin tapi masing2 toleransinya berbeda.
Yang paling sulit memakainya yang model jarum. Ada satu titik udara saja bisa menunjukkan hasil yang beda.

Selain kita sering menyebutkan SG tanpa menyebutkan merk juga tidak disebutkan suhu.
Dan yang lebih lagi SG sering disebut sebagai salinitas.

Yang bagus kalau menggunakan salino/refraktometer karena langsung diukur salinitasnya bukan SG-nya.
Tapi alat ini termasuk mahal.

Nambahin dikit ah...berkurangnya salinitas air juga bisa dari sebagian air laut yang ke skim di skimmer, apa betul pak ariawan?
Ya terutama terjadi pada skimmer yang oversized.
Krn garam terbawa air/busa lalu mengering atau terkumpul di cup.
Bisa terbawa busa atau cipratan air saat gelembung halus pecah.
Bila garam mengering atau tidak kembali ke air maka lama kelamaan garam akan berkurang.

Banyak yang mengatakan hanya garam tertentu saja yang berkurang. mis. Mg
Sayangnya hal ini harus dilihat berdasarkan test kimia.
Tidak bisa dikatakan bahwa bila aquariumnya kekurangan Mg penyebabnya adalah skimmer.

A. Ariawan


 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
Re: SG

nemo2007 said:
Waduh....dah malam belom tidur nih pak?
Wah, baru kebaca :roll:
Iya, maklum pak kalau batman tugasnya malam.
Kalau keadaan aman, buat ngisi waktu buka reefsforum aja . . he . .he. . :twisted:

A. Ariawan
 
Joined
11 February 2013
Messages
212
Likes
0
Mohon bantuannya, saya butuh tabel konversi untuk salinitas air laut, ada yang punya? Sekalian dishare disini lagi aja ya. supaya yang lain jg bs lihat ;)
 
Top