cara kasih makan ikan baru

Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
Para Hobbiest,mari yukk bantu kita2(maksudnya saya juga) gmn caranya kasih makan

ikan yang baru di beli,juga ikan2 yang dikarantina.Saya sebagai newbie mengalami

kendala,ikan pada tidak mau makan dikasih pelet,walaupun ikannya sdh kelaparan.

korban pertama nemo biak,hik hik...:(
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
Para Hobbiest,mari yukk bantu kita2(maksudnya saya juga) gmn caranya kasih makan

ikan yang baru di beli,juga ikan2 yang dikarantina.Saya sebagai newbie mengalami

kendala,ikan pada tidak mau makan dikasih pelet,walaupun ikannya sdh kelaparan.

korban pertama nemo biak,hik hik...:(
Dilaut ga ada yang kasih pelet om..tapi pengalaman saya si, ikan sehat pasti mau rebon...nti pelan2 bisa dinconvert ke pelet..pak kan ikannya baru semua, nemo2an biasa bawa penyakit khusus..makanya survival ratenya sebenernya jelek..kalo saya bilang si ya karena penyakit itu om..
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
cobain pelet nya di kasih perasan air bawang putih
stlh day 2 di karantina lumayan sehat,tp masih blm mau mkn pelet,saya coba buat air bawang,saya ambil 2 siung bawang putih tak tumbuk+air aqua 500 ml.saya diademin 30 mnt.lalu saya celup tuh pelet pakai air bawang.tp stlh itu nemonya mulai lemes Pak PieLie,di bawah (sirip bawahnya) hancur ,stress x lalu kena ws.apa penyebabnya ws atau air bawang campur pelet
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
Dilaut ga ada yang kasih pelet om..tapi pengalaman saya si, ikan sehat pasti mau rebon...nti pelan2 bisa dinconvert ke pelet..pak kan ikannya baru semua, nemo2an biasa bawa penyakit khusus..makanya survival ratenya sebenernya jelek..kalo saya bilang si ya karena penyakit itu om..
betul pak Eko,awalnya coba kasih rebon tp air jd bau aplg dikarantina .jd saya ganti pelet.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
Rebonnya dicuci ga? Kalo saya si beli rebon idup trus dibekuin sendiri..gak pernah ada masalah bau..
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
Rebonnya dicuci ga? Kalo saya si beli rebon idup trus dibekuin sendiri..gak pernah ada masalah bau..
woww kreatif tenan nih pak Eko bekuin rebon hidup sendiri, saya biasanya klu beli rebon hdp klu sdh mati yah di buang krn kurang sedap aromanya.bbrp x saya kasih rebon beku pak Eko.Botbirnya sdh mau makan rebon beku .tp anthiasnya mau makan pelet tp "pelet freswater"yg murah n kecil2 "malahan.

update: nemo akhirnya tewas sore ini ,rupanya krn sakit disirip bawah,pantes gak mau makan,pdhl sdh kasih "obat"
 
Joined
12 August 2012
Messages
658
Likes
0
mumpung ada tritnya sekalian nanya ya..

klo ikan di kasih makan roti gmn pak?
nutrientnya berkali2 lipat ga?


dulu sebelum restart ikan,saya pernah kasih makan roti iseng2
karena teringat dulu pas jalan2 ke bali,kasih makan ikan di laut pake roti
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
mumpung ada tritnya sekalian nanya ya..

klo ikan di kasih makan roti gmn pak?
nutrientnya berkali2 lipat ga?




dulu sebelum restart ikan,saya pernah kasih makan roti iseng2
karena teringat dulu pas jalan2 ke bali,kasih makan ikan di laut pake roti
wkeke bener juga bro,kmrn juga snokling kasih ikan makan roti tuh pada doyan,mikir juga mau kasih roti,cuma mikir kotor airnya.Betul juga gizinya bagus gak yah guys?
 
Joined
12 September 2011
Messages
618
Likes
1
kalo saya pernah ngasih makan pake nasi uduk. lg sarapan iseng2 nyoba cemplungin eh dimakan :042:

ikan yg paling nafsu wktu ntu giro pasir ama nemo. hehe
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
Ikan dilaut apa aja dimakan, karena ga ada rasa curiga..kalo udah masuk aquarium habitnya akan berubah, sangat sulit untuk ikan hias mempertahankan sifat alaminya..buat saya sih ikan dengan habit alaminya itu yang harus dikejar, bukan sekedar menuhin aqua dengan ikan...wong mancing itu bisa dapet kepe kok walo cuma pake terasi..

Kembali ke topik:
Usahakan selalu beli rebon idup..sampe rumah masukin saringan dan cuci dibawah keran....udah bersih masukin plastik clip kecil2, jangan 1 bungkusan besar, ribet nanti pakenya...setelah beku ya potek secukupnya, taro dalam gelas dan kasih air sampe lumer..kalo udah lumer bilas lagi beberapa kali sebelum dicemplungin...hasilnya udang yang sangat fresh denagn penampakan persis rebon hidup..

Jangan beli rebon beku...rebon beku yang dijual ditoko itu bangkai rebon yang mati dibekuin...penampakan, struktur, bau-nya beda...

Untuk masalah penyakit, ya obatnya beda2 dong..ga bisa hantem kromo..
 

dhipz

Active Member
Joined
21 November 2010
Messages
1,799
Likes
6
kalo saya selama ini gk pernah ada masalah ngelatih makan ikan dengan pelet NLS,mungkin karena ikan saya gk neko2 ya?paling nemo ama roket,yg susah si roket,harus ada nemo dulu,soalnya ntar roket liat nemo ngejar2 pelet,trus jadi penasaran dia,ikut ngejar dan makan peletnya,walaupun kalo pas pertama2 paling peletnya dilepeh lagi,tapi ntar lama2 juga mau,..
dulu ikan2 saya juga gitu,termasuk si naso yg jadi avatar saya,paling lahap dia,dan keliatan gemuk saat ada di tank saya yg dulu,warnanya juga udah bagus,walaupun bukan naso blonde,..
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
Ikan dilaut apa aja dimakan, karena ga ada rasa curiga..kalo udah masuk aquarium habitnya akan berubah, sangat sulit untuk ikan hias mempertahankan sifat alaminya..buat saya sih ikan dengan habit alaminya itu yang harus dikejar, bukan sekedar menuhin aqua dengan ikan...wong mancing itu bisa dapet kepe kok walo cuma pake terasi..

Kembali ke topik:
Usahakan selalu beli rebon idup..sampe rumah masukin saringan dan cuci dibawah keran....udah bersih masukin plastik clip kecil2, jangan 1 bungkusan besar, ribet nanti pakenya...setelah beku ya potek secukupnya, taro dalam gelas dan kasih air sampe lumer..kalo udah lumer bilas lagi beberapa kali sebelum dicemplungin...hasilnya udang yang sangat fresh denagn penampakan persis rebon hidup..

Jangan beli rebon beku...rebon beku yang dijual ditoko itu bangkai rebon yang mati dibekuin...penampakan, struktur, bau-nya beda...

Untuk masalah penyakit, ya obatnya beda2 dong..ga bisa hantem kromo..

oo gt toh pak,baiklah bsk tak coba pak Eko,tq advisenya
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
Nls keliatannya emang pelet fav para ikan..kecuali kepe, ikan2 lain biasany langsung terima..tentunya, semua tergantung sifat ikan bersangkutan, jumlah dan sifat ikan lain, dan ukuran tank...makin gede tanknya, makin susah karena pelet langsung tenggelam..
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
kalo saya selama ini gk pernah ada masalah ngelatih makan ikan dengan pelet NLS,mungkin karena ikan saya gk neko2 ya?paling nemo ama roket,yg susah si roket,harus ada nemo dulu,soalnya ntar roket liat nemo ngejar2 pelet,trus jadi penasaran dia,ikut ngejar dan makan peletnya,walaupun kalo pas pertama2 paling peletnya dilepeh lagi,tapi ntar lama2 juga mau,..
dulu ikan2 saya juga gitu,termasuk si naso yg jadi avatar saya,paling lahap dia,dan keliatan gemuk saat ada di tank saya yg dulu,warnanya juga udah bagus,walaupun bukan naso blonde,..
betul pak dhipz,saya kmrn juga gt wkt di MT nemonya doyan pelet.tp klu dikarantina agak kurang utk pelet.
 

dhipz

Active Member
Joined
21 November 2010
Messages
1,799
Likes
6
Nls keliatannya emang pelet fav para ikan..kecuali kepe, ikan2 lain biasany langsung terima..tentunya, semua tergantung sifat ikan bersangkutan, jumlah dan sifat ikan lain, dan ukuran tank...makin gede tanknya, makin susah karena pelet langsung tenggelam..
dan awet bgt pak,itu pelet NLS saya sejak tank yg 80x30x50,sampe yg pico kayak sekarang,heheehehe,...
sekarang masih ada setengah kurang dikit,dan yg makan paling nemo,tapi tiap hari peletnya juga saya pake buat nge-DF anemon jagungnya,alhasil,sekarang anemonnya keliatan lebih gede dan bagian tip nya,sekarang muncul seperti titik warna agak keunguan,gk keliatan jelas kalo pake kamera HP,..
 
Joined
2 November 2012
Messages
1
Likes
0
Kalau clown saya doyannya sama rebon.
Rebon beku keluarin dari freezer trus tunggu 5 menit, peras airnya,
jadi yang masuk aquarium rebon doang gak pake airnya, jadi aquarium tetep bersih
 
Top