Copepod? Atau..?

IrTeng

New Member
Halo all.. Akuarium baru jalan 4 bulan. Mulai terlihat bintik kecil yg bergerak cepat di kaca, perkiraan Copepod. Lalu dikaca muncul makhluk ini ukuran seperti butir beras, nempel di kaca dan jalannya lambat. Ada yg tau apa ini? Trims all.

Screenshot_20210621-221811_Video Player.jpgScreenshot_20210621-222751_Video Player.jpg
 

Asfur

Super Moderator
Staff member
spt nya itu bukan copepods ataupun amphipods, untuk lbh jelasnya silahkan cek fotonya di google.
 

Asfur

Super Moderator
Staff member
Menurut google ini Berghia Nudibranch makannya Aiptasia. Menarik ini bgmana bisa makhluk ini masuk ke akuarium sy. Thx sarannya mas Asfur.

View attachment 4114
https://en.wikipedia.org/wiki/Berghia

Bisa dari uncure LR om, sy waktu setup, itu semua LR sy bersihkan dulu dan disikat bersih2 , ini dgn cara di rendam di baskom gede sambil disikat, nanti akan keluar udang atau piting2 kecil, yg no harm sy masukin lagi nanti ke akuarium, yg macam cacing hama sy buang, kmdn terakhir di jet washer itu semua lubang2 LR yg biasa buat cebok pantat itu, nah jadi dgn cara gini, hampir semua hama bilang total, so far di reef tank sy ngk ada hama cacing bulu dan piting2.

Kalo untuk makan aiptasia, mgkn si om butuh pasukan berghia, soalnya udang peppermint yg aiptasia eater aja kalo mau habisin aiptasia, ngk bisa sendirian, mrk mesti keroyokan.
 

Members online

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top