CURHAT PEMULA.. APAKAH ini WS pada ikan ?

Joined
5 December 2016
Messages
2
Likes
0
Tank Saya ukuran 117 x 40 x 40
Sump ukuran 100 x 25 x 30

pada sistem sump ada kapas filter biasa, Seachem Matrix, Coil denitrator DIY, Bubble Magus C5.5, Fluidizer dengan media Rowaphos.

akuarium pada saat semasa cycling pada filter hanya ada skimmer dan CD. setiap minggu di dosing Prodibio Biodigest & Bioptim.. saat berjalan cycling pernah saya kelupaan matiin lampu selama 1 minggu karena saya tinggal pergi liburan,, akhirnya pulang liburan saya di hadiahi green alga di siku2 kaca, coba di gesek pake kartu masi gak mempan.. hkhkhkk.. smoga aja bisa hilang dengan sendiri nya..setelah 1 bulan cycling di LR sudah byk terlihat cacing kipas, dan copepod mondar2 di pasir dan kaca..

IMG_1050.JPG

Penghuni di Tank saya :
2 ekor Clownfish
1 ekor jabing pasir
1 ekor Dokter
1 ekor fox face
1 ekor burung laut
1 ekor kepe monyong
1 ekor buntal valentine
1 ekor keling kuning
1 ekor (seperti keling batik)
1 ekor Udang MP

yang pada akhirnya 1 ekor clownfish mati, lalu disusul jabing pasir seperti nya kena whitespot.. di clownfish sebelum tewas ada telihat di bibir bawah nya terkelupas dan dekat insang.. dan ikan dokter sering mendekati area itu,, walaupun pada akhirnya tewas juga clowfish,, nah yang jabing pasir gak tau tewas kenapa.. umur nya di tank gak sampe 1 minggu

dan setelah udang MP masuk, 4 hari kemudian yang 1 ekor ikan dokter hilang di tank tanpa jejak. sudah angkat batu2 nya tidak ada bangkai dokter nya.. Curiga saya ikan dokter bersih di lahap sama udang MP ini.

IMG_1074.JPG



kemudian saya mau menyakan pada ikan buntal saya terlihat seperti titik2 putih di seluruh badannya. Apakah ini benar Whitespot ?..dan ini sudah berjalan 13 hari... tp ikan buntal ini masi lahap makan dan masi semangat menyantap makanan.. Sirip2 kecil agak rusak karena saya coba pindahin rendam air tawar 1 menit.. iseng aja katanya bisa rontokin WS.. tp 1 menit gak ada perubahan,, berikut penampakan buntal ny.. benarkah WS seperti ini ?

IMG_1058.JPG



kemudian saya ingin menanyakan apakah ini juga jenis ikan keling ? soalnya toko yg saya tanya cuma bilang sejenis keling.. klo saya browsing mendekati Keling batik.. gaya berenang nya paling suka hanya sebatas pasir, suka diam diatas pasir, kadang seperti tiduran miring, tidak suka berenang keatas kebawah layak nya ikan pada umum nya seperti tidak bisa berenang kesana kemari layaknya ikan yg lain.. berikut penampakannya, apakah nama ikan ini ? dan makannya apa ?

FullSizeRender.jpg


untuk makanan semua biota saya lebih favorit kasi Tetra marine flakes. awal nya saya coba tetra Bits complete.. tp yg lahap cuma ikan fox face, burung laut,,, yang lain cuma di emut2 terus di lepeh... kemudian saya coba cari di youtube untuk clownfish suka makanin apa sih,,, akhirnya nemu video bule ngasi makanan jenis flakes, dan saya lihat di video itu clownfish dan udang MP sangat lahap makanin flakes.. akhirnya saya coba, ternyta bener,, clownfish dan semua nya suka bgt nyantepin Tetra Marine Flakes. udang Mp juga sampe capit nya aktif nagkepin flakes yang berhamburan.. flakes saya tampung di tangan (secukup nya aja) kemudian saya remas pake jari jadi serpihan kecil dan besar kemudian saya rendam di dekat wavemaker,, biar berhamburan dan semua biota lahap menyantap.
IMG_1081.jpg
 

Attachments

Joined
19 January 2016
Messages
300
Likes
11
Tank Saya ukuran 117 x 40 x 40
Sump ukuran 100 x 25 x 30

pada sistem sump ada kapas filter biasa, Seachem Matrix, Coil denitrator DIY, Bubble Magus C5.5, Fluidizer dengan media Rowaphos.

akuarium pada saat semasa cycling pada filter hanya ada skimmer dan CD. setiap minggu di dosing Prodibio Biodigest & Bioptim.. saat berjalan cycling pernah saya kelupaan matiin lampu selama 1 minggu karena saya tinggal pergi liburan,, akhirnya pulang liburan saya di hadiahi green alga di siku2 kaca, coba di gesek pake kartu masi gak mempan.. hkhkhkk.. smoga aja bisa hilang dengan sendiri nya..setelah 1 bulan cycling di LR sudah byk terlihat cacing kipas, dan copepod mondar2 di pasir dan kaca..

View attachment 3333

Penghuni di Tank saya :
2 ekor Clownfish
1 ekor jabing pasir
1 ekor Dokter
1 ekor fox face
1 ekor burung laut
1 ekor kepe monyong
1 ekor buntal valentine
1 ekor keling kuning
1 ekor (seperti keling batik)
1 ekor Udang MP

yang pada akhirnya 1 ekor clownfish mati, lalu disusul jabing pasir seperti nya kena whitespot.. di clownfish sebelum tewas ada telihat di bibir bawah nya terkelupas dan dekat insang.. dan ikan dokter sering mendekati area itu,, walaupun pada akhirnya tewas juga clowfish,, nah yang jabing pasir gak tau tewas kenapa.. umur nya di tank gak sampe 1 minggu

dan setelah udang MP masuk, 4 hari kemudian yang 1 ekor ikan dokter hilang di tank tanpa jejak. sudah angkat batu2 nya tidak ada bangkai dokter nya.. Curiga saya ikan dokter bersih di lahap sama udang MP ini.

View attachment 3336



kemudian saya mau menyakan pada ikan buntal saya terlihat seperti titik2 putih di seluruh badannya. Apakah ini benar Whitespot ?..dan ini sudah berjalan 13 hari... tp ikan buntal ini masi lahap makan dan masi semangat menyantap makanan.. Sirip2 kecil agak rusak karena saya coba pindahin rendam air tawar 1 menit.. iseng aja katanya bisa rontokin WS.. tp 1 menit gak ada perubahan,, berikut penampakan buntal ny.. benarkah WS seperti ini ?

View attachment 3335



kemudian saya ingin menanyakan apakah ini juga jenis ikan keling ? soalnya toko yg saya tanya cuma bilang sejenis keling.. klo saya browsing mendekati Keling batik.. gaya berenang nya paling suka hanya sebatas pasir, suka diam diatas pasir, kadang seperti tiduran miring, tidak suka berenang keatas kebawah layak nya ikan pada umum nya seperti tidak bisa berenang kesana kemari layaknya ikan yg lain.. berikut penampakannya, apakah nama ikan ini ? dan makannya apa ?

View attachment 3337


untuk makanan semua biota saya lebih favorit kasi Tetra marine flakes. awal nya saya coba tetra Bits complete.. tp yg lahap cuma ikan fox face, burung laut,,, yang lain cuma di emut2 terus di lepeh... kemudian saya coba cari di youtube untuk clownfish suka makanin apa sih,,, akhirnya nemu video bule ngasi makanan jenis flakes, dan saya lihat di video itu clownfish dan udang MP sangat lahap makanin flakes.. akhirnya saya coba, ternyta bener,, clownfish dan semua nya suka bgt nyantepin Tetra Marine Flakes. udang Mp juga sampe capit nya aktif nagkepin flakes yang berhamburan.. flakes saya tampung di tangan (secukup nya aja) kemudian saya remas pake jari jadi serpihan kecil dan besar kemudian saya rendam di dekat wavemaker,, biar berhamburan dan semua biota lahap menyantap.
View attachment 3338
saya coba natu jawab yaa om...
yes itu klo terlihat seperti ws om..
ada baiknya tank aquariumnya jangan di isi ikan selama 2 bulan untuk memutus siklus ws om...
ikan yg sudah terkena ws sebaiknya di angkat dan di trit untuk pengobatan ws di tank terpisah..

dan betul ikan yg ada di foto adalah ikan keling...
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
saya coba natu jawab yaa om...
yes itu klo terlihat seperti ws om..
ada baiknya tank aquariumnya jangan di isi ikan selama 2 bulan untuk memutus siklus ws om...
ikan yg sudah terkena ws sebaiknya di angkat dan di trit untuk pengobatan ws di tank terpisah..

dan betul ikan yg ada di foto adalah ikan keling...
Master Amon :p
 
Joined
5 December 2016
Messages
2
Likes
0
saya coba natu jawab yaa om...
yes itu klo terlihat seperti ws om..
ada baiknya tank aquariumnya jangan di isi ikan selama 2 bulan untuk memutus siklus ws om...
ikan yg sudah terkena ws sebaiknya di angkat dan di trit untuk pengobatan ws di tank terpisah..

dan betul ikan yg ada di foto adalah ikan keling...
wah bener WS yaaa.. ya deh segera saya coba karantina dulu nih si buntal nya di akuarium kecil. Klo kosongin Tank sementara ni belum punya akuarium nya.. Tp mulai berpikir untuk punya :D
 
Top