Dekorasi dan lampu yang cocok serta ikan yang bagus untuk pembersih aquarium

Joined
23 April 2020
Messages
1
Likes
0
Ijin tanya kalau dekor dan lampu yang cocok untuk air laut apa ya? Dan ikan yang cocok untuk bersih berih kaca dan dasar apa ya? Terima kasih
 

Masyudhis

New Member
Joined
21 October 2019
Messages
11
Likes
4
Lampu sih bisa pesen custom lampu marine / reef tank, kalo lowbudget kaya saya..
Udah banyak di marketplace..
Siapin 400-800ribuan..
Hasilnya juga top kok..
Hehe

Kalo tim bersih2, sy pribadi pake :
1. Keong turbo 4 @5rb, buat bersih2 lumut ijo dan coklat, hasil kerjanya sangat memuaskan..

2. Keong biji congklak 1 @25rb, iseng beli, ada yg jual di sumenep, ternyata dia makanin lumut dan kotoran ikan juga..

3. Udang merah putih 1 @45rb, buat bersih2 parasit ikan dan coral, sama ane suka iseng masukin tangan k tank, nanti dia nyamperin, bersiin sela2 kuku.. Hhaahhahaha

4. Bintang laut pasir 1 @15rb, buat ngudek2 dan bersiin pasir, jadi tetep ada ruang aerobik dan anaerobik utk bakteri pengurai di pasir..

5. Spons jengger 2 @25rb, sebenernya gak perlu2 banget sih, tp sy baca2 di artikel ttg ekosistem laut, dihabitat aslinya, spons berfungsi jd penyaring air.. Ya udah sy taro aja..

Sy pribadi cuma pake itu buat bersih2 tank sy..
Gak pake ikan, kalo ikan dulu pertama2 pernah pake jabing buat bersiin lumut, eh kotorannya segede2 gaban, jadi males..

Btw, umur tank sy udah 1tahunan, jd udah stabil lah..
Misal masih baru, jgn lupa cycling dulu ya + baca2 dulu di forum ini utk beginner, biar gak crash tank nya..
 
Top