Ekosistem Air Laut untuk Lobster di Aquarium atau lainnya

tmdapra

New Member
Joined
29 March 2012
Messages
2
Likes
0
Dear Teman2,

Butuh masukan, saya dan teman saya ada ide untuk membuat semacam aquarium atau sejenisnya yang diperuntukkan untuk pembesaran ataupun pembibitan khusus Lobster Air Laut.

Yang jadi masalah adalah, apa hal-hal yang harus diperhatikan serta disediakan?
Berapa perhitungan kedalaman serta kubikasi air yang ideal ?
Bagaimana memanipulasi Ekosistem di dalam Aquarium tersebut agar sseakan-akan Lobster tersebut merasa sedang berada di dalam laut ?

Atas bantuan dan keterangannya saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

M.Prabowo
 
Joined
30 January 2011
Messages
1,449
Likes
3
Salam kenal pak sebelumnya...

Kalo boleh saya membantu menjawab berhubung saya memiliki pengalaman ttg bidang yg bapak jalankan..
Langsung saja ya pak

Lobster untuk kedalamannya tidak usah terlalu dalam..untuk kedalaman media penampungan cukup di kisaran 40-50cm(baik menggunakan media penampungan bak semen ataupun aquarium)...
Yang terpenting bapak diwajibkan aplikasi chiller dan set suhu di kisaran 23 derajat untuk suhu terendah dan suhu 26 derajat untuk suhu tertinggi..
Untuk ekosistemnya bapak cukup memberikan kerikil(kr jahe) sebagai dasar media penampungan, lalu liverock/deadrock yang disusun membentuk semacam gua untuk tempat dy bersembunyi...usahakan peletakan liverock tsb tidak hanya 1 spot tapi dibanyak spot...lalu hal lainnya untuk atap bangunan baiknya menggunakan fiber dan di atur cukup tinggi dari permukaan media penampungan (kalo saya dulu diatur sekitar 5-6 meter)..tidak usah menggunakan lampu di siang hari untuk penerangan media penampungan,gunakan lampu hanya saat malam(lewat pukul 17.30) karena lobster tidak aktif di siang hari, hanya aktif pada malam hari untuk mencari makan...
Untuk pemberian pakan setiap malam hari (18.00 - 20.00) dan gunakan filletan ikan(jgn besar2 potongan ikannya) bisa pake daging ikan kakap,bawal,atau kerapu atau kupasan daging udang pancet..cuma dy lebih suka daging ikan...

Oh ya jangan mencampur jenis lobster dalam 1 tempat...lebih baik terpisah...misalkan di bak A isinya khusus lobster mutiara dan bak B khusus lobster bambu/batik/pakistan/pasir/batu terserah bapak deh...intinya jgn dicampur klo nggak mreka berantem...

Kira2 itu dlu pak,mudah2an membantu dan jadi masukan yang baik...

Salam
 
Joined
30 January 2011
Messages
1,449
Likes
3
Oh ya mengenai kubikasi terserah bapak yg penting kedalaman di kisaran 40-50 tapi sekedar masukan semakin luas semakin baik, saya dlu menggunakan media penampungan bak semen saya pasang keramik didalamnya, ukurannya saya pake P : 6m L : 1,5m T/kedalaman : 50cm
 

tmdapra

New Member
Joined
29 March 2012
Messages
2
Likes
0
Terima Kasih Banyak Atas Masukannya Mas..

Kira-kira apa Mas bisa bantu untuk pembuatannya seperti itu, lengkap dengan Pompa, Filter, Aerasi, dsb......maksudnya apakah bisa dibuatkan RAB nya ? Rencananya Kolam penampungan nantinya akan ditempatkan di Jakarta.

Ditunggu Konfirmasinya..

Terima Kasih.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Oh ya mengenai kubikasi terserah bapak yg penting kedalaman di kisaran 40-50 tapi sekedar masukan semakin luas semakin baik, saya dlu menggunakan media penampungan bak semen saya pasang keramik didalamnya, ukurannya saya pake P : 6m L : 1,5m T/kedalaman : 50cm
dimana bisa dapet bibitnya? berapa lama sampe layak konsumsi untk lobster kipas? untuk skala hobi perlu kolam size berapa?(skala hobi: piara sendiri, makan sendiri)
 
Joined
30 January 2011
Messages
1,449
Likes
3
Terima Kasih Banyak Atas Masukannya Mas..

Kira-kira apa Mas bisa bantu untuk pembuatannya seperti itu, lengkap dengan Pompa, Filter, Aerasi, dsb......maksudnya apakah bisa dibuatkan RAB nya ? Rencananya Kolam penampungan nantinya akan ditempatkan di Jakarta.

Ditunggu Konfirmasinya..

Terima Kasih.
Cek pm pak....

Sorry om momod jadi OOT
 
Joined
30 January 2011
Messages
1,449
Likes
3
dimana bisa dapet bibitnya? berapa lama sampe layak konsumsi untk lobster kipas? untuk skala hobi perlu kolam size berapa?(skala hobi: piara sendiri, makan sendiri)
Yang saya inget duluuuuu banget itu di sumber kima ama di singaraja ada pak eko....lobster mutiara,pasir,bambu....udang ada kipas coklat,kipas hitam, kipas merah....yg pasti di bali pst ada pak eko,mngkin skrg dijakarta jg ada....
Kalo hanya untuk skala hobi pake aqua jg bisa pak..kan jumlahnya bs diseusaikan...ukuran aqua tinggal di sesuaikan saja..minimal 120cm lah klo menurut saya..tinggal main dilebarnya tambahin 10-20cm aja pak....tinggi 50cm cukuplah...
Kalo perkiraan smpai layak konsumsi mungkin 2-5 bulan...tergantung ukuran bibitnya...kalo dari telor ampe layak konsumsi mungkin tahunan pak eko...:)
 
Top