ETIKA GAMBAR KETIKA ANDA JUALAN

james albert

Active Member
Sebagai pedagang dan reefer saya mengerti kesulitan dalam memberikan gambaran kepada pembeli.
apalagi gambar makluk hidup. namun apakah dibenarkan foto yang dipakai itu merupakan foto orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan jualan kita. sejujurnya saya sedikit kesal dengan orang2 yang menjual tapi tidak memiliki foto dan nyolong foto orang lain. kenapa saya bilang nyolong. karena mereka menggunakan foto saya untuk jualan mereka tanpa ijin terlebih dahulu. memang foto tersebut tidak memiliki hak milik atau hak paten. tapi apakah segitu tidak memiliki etika untuk meminta ijin ?

foto yang digunakan adalah foto ikan cupang laut saya.

disini :
http://reefsforum.com/index.php?threads/j-mix-reef-tank.6757/page-11


10350434_10203157916941686_2711921979332419145_n.jpg




Penjual merupakan penjual ikan di facebook.
dari ukuran fotonya kemungkinan si penjual mengambil dari google.

tapi apakah dia bisa seenaknya saja ?
mengingat kita sama2 orang INDONESIA.
webnya juga INDONESIA.

SO ????


saat ini saya sudah mempertanyakan dan meminta klarifikasi tanpa meminta imbalan apapun dari pemilik/penjual ikan tersebut dengan mengirim message di Facebook.

dan saya tentunya saat ini saya masih menjaga kerahasiaan si tersangka untuk sementara mengingat saya memberikan waktu 2x24 jam (2 hari) untuk mengklarifikasikan penggunaan tanpa ijin foto saya.

tapi begitu orangnya ngeyel atau tidak dihiraukan. maka akan saya buka di forum ini, forum tetangga, dan tentunya facebook sendiri.


semoga kisah ini tidak terulang lagi dilain waktu.
 
Last edited:

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Weehh...sabar om....emang gitu kok sekarang ini.....mental maling semua...walaupun cuman maling gambar, tapi tetap saja mental maling. Mau gampangnya saja
 

james albert

Active Member
Weehh...sabar om....emang gitu kok sekarang ini.....mental maling semua...walaupun cuman maling gambar, tapi tetap saja mental maling. Mau gampangnya saja

iya om. sebenarnya juga tidak saya permasalahkan karena toch cuma gambar dan bukan sesuatu yang dikormesilkan. tetapi kalo awalnya sudah begini.. kedepannya bagaimana ? jangan2 barang orang dicuri trus dijual juga. hahahaha..
 

james albert

Active Member
di kasi watermark aja om james... lebih efisien..

simplenya begitu bro. tapi apakah harus dengan watermark mereka baru ijin ? mengingat indonesia memiliki budaya sopan santun yang tinggi. (dikenal bangsa lain). masa minta ijin gk mau ?
 

chipaco

Active Member
Bongkar saja James jika mmg kurang berkenan menurut kamu krn sudah ada percobaan dari kamu untuk klarifikasi.!! Namun jika ini tidak merugikan kamu secara finansial walau sudah diperingatkan ya diamkan saja.

Di Indonesia ini skrg sudah bener2 bergeser yang namanya ETIKA. Cuma Etikah tetangga saya yg masih suka senyum-senyum. :D
Peace om James.
 

reef

Administrator
Staff member
Hal seperti ini sangat mengecewakan dan tentunya pasti pedagang yang memalsukan akan kehilangan kepercayaan dari pelanggannya. Sedangkan kepercayaan itu segalanya dan sangat susah untuk diperjuangkan.

Sangat disayangkan hal seperti ini terjadi, mudah-mudahan bisa jadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Jika memang etika di luar sana sekarang sudah langka, sebaiknya kami semua kembali memupuk baik di forum atau pun di luaran agar orang di sekitar kita sadar.
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top