J-Tank (sabar, rajin, yakin, dan peduli)

Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
Sorry om momod, dan reefer lainnya.. saya terpaksa bikin tread lagi...

tread yg lama masih pakai ID JAMESALBERT tidak bisa saya edit2 lagi karena beda ID... jadinya bikin baru aja...

spek tank : 120X50X50 with backwall
filter : 80x40x40
Lampu ; aquazonic 54watt x 4 2 biru-2 putih (120cm), 2 LED untuk moonlight. ** 20 watt resun actinic.
media : rowa-carbon-ATS
skimmer : DIY sendiri.. nantinya mau pakai eco skimmer atau BDnya seaquest..
WM : 4 sun2 3000lph, 1 sobo 3000lph
**Orientasi : LPS dan softiest dibubmbui sedikit SPS
**Fish : tangkur-kuda laut- goby - jabing, roket, Clown, botana alakadarnya.

FTS ??? nanti aja ya.. sekarang cuma ada DR dan pasir doank.. airnya juga masih air PAM, karena mau ilangin pH yang tinggi akibat backwall..

dalam sebulan ini bakal diisi air PAM dan diganti setiap seminggu sekali. selama 1 bulan. lalu tahap bulan ke2 baru diisi air asin dan cycling selama sebulan juga.


** <<<< yang akan dibeli...

thanks.
 
Last edited:

Ricky

Active Member
Joined
3 June 2010
Messages
3,840
Likes
6
haloo james sukses nih buat project barunya
sedikit saran aja dari aku
buat backwall mumpung masih baru + air tawar coba kamu kasih cuka dulu 2 botol buat nurunin ph nya
ga usah lama2 dengan cara itu kamu bisa hemat waktu 50%
lampu kayanya bakalan lebih oke kalau pake 4zonic james kerasa banget dulu pake 4zonic hasilnya buat lps cukup oke
buat biota yakin mau di isi kuda laut sama tangkur ? mereka kan slow feeder gmna jadinya kalau di hadapin sama 4bh sunsun
cuman saran yaa di tunggu progress ke progress nya :D
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
haloo james sukses nih buat project barunya
sedikit saran aja dari aku
buat backwall mumpung masih baru + air tawar coba kamu kasih cuka dulu 2 botol buat nurunin ph nya
ga usah lama2 dengan cara itu kamu bisa hemat waktu 50%
lampu kayanya bakalan lebih oke kalau pake 4zonic james kerasa banget dulu pake 4zonic hasilnya buat lps cukup oke
buat biota yakin mau di isi kuda laut sama tangkur ? mereka kan slow feeder gmna jadinya kalau di hadapin sama 4bh sunsun
cuman saran yaa di tunggu progress ke progress nya :D
ini yang mau saya tanyain... cuka mempengaruhi lem kaca gk ya ? saya biasanya nemple2 DR udah biasa pakai semen dan cara ngilanginnya emang pakai cuka dan biasanya taruh diember aja.. cuma saya takut mempengaruhi lem kacanya.. makanya belum berani.. tapi kalo tidak ada masalah mau saya pakaikan saja..

untuk lampu saya bermasalah kalo pakai 4 sekaligus Ric.. matinya dan nyalamanya pasti bersamaan. karena 1 colokanv aja.. makanya saya pakai 2 rumah lampu dengan 2 lampu dalm 1 rumah. jadi dalam menyalanya dan matinya tidak harus bersamaan. karena saya pakai timer semua. rencana jadwal lampu seperti ini :
06:00 : t4no (biru) nyala
06:30 : 1 rumah lampu aquazonic nyala (biru-biru)
07:30 : 1 rumah lampu aquazonic 1nya lagi nyala (biru-putih)
21:00 : 1 rumah lampu aquazonic mati (putih biru)
21:30 : 1 rumah lampu aquazonic 1nya lagi mati (biru-biru)
22:00 : t4NO mati, moonlight nyala.

moonlight pakai sensor.. jadi kalo semua lampu mati alias kagak ada terang dia langsung nyala..


untu ikan : seahorse dan tangkur kuat kok ric.. karena WM yang nembak langsung kearah koral cuma 1, 3 hanya nembak ke atas bikin ombak, kaca, dan pasir supaya terhindar dari penumpukan distrus dan blankspot/ deadspot.
 
Last edited:

Ricky

Active Member
Joined
3 June 2010
Messages
3,840
Likes
6
ini yang mau saya tanyain... cuka mempengaruhi lem kaca gk ya ? saya biasanya nemple2 DR udah biasa pakai semen dan cara ngilanginnya emang pakai cuka dan biasanya taruh diember aja.. cuma saya takut mempengaruhi lem kacanya.. makanya belum berani.. tapi kalo tidak ada masalah mau saya pakaikan saja..

untuk lampu saya bermasalah kalo pakai 4 sekaligus Ric.. matinya dan nyalamanya pasti bersamaan. karena 1 colokanv aja.. makanya saya pakai 2 rumah lampu dengan 2 lampu dalm 1 rumah. jadi dalam menyalanya dan matinya tidak harus bersamaan. karena saya pakai timer semua. rencana jadwal lampu seperti ini :
06:00 : t4no (biru) nyala
06:30 : 1 rumah lampu aquazonic nyala (biru-biru)
07:30 : 1 rumah lampu aquazonic 1nya lagi nyala (biru-putih)
21:00 : 1 rumah lampu aquazonic mati (putih biru)
21:30 : 1 rumah lampu aquazonic 1nya lagi mati (biru-biru)
22:00 : t4NO mati, moonlight nyala.

moonlight pakai sensor.. jadi kalo semua lampu mati alias kagak ada terang dia langsung nyala..


untu ikan : seahorse dan tangkur kuat kok ric.. karena WM yang nembak langsung kearah koral cuma 1, 3 hanya nembak kaca, dan pasir supaya terhindar dari penumpukan distrus dan blankspot/ deadspot.
cuka :: saya rasa ngga kok james aku dulu pake cuka juga dan rasanya ngga ada masalah kok :D
lampu :: kalau gitu pake 2 fixture 2 bulb aja james set kaya model ayas dulu yang dual cabling gtu , btw led moonlight dpet drimana ? harga nya pm in dong hehe
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
cuka :: saya rasa ngga kok james aku dulu pake cuka juga dan rasanya ngga ada masalah kok :D
lampu :: kalau gitu pake 2 fixture 2 bulb aja james set kaya model ayas dulu yang dual cabling gtu , btw led moonlight dpet drimana ? harga nya pm in dong hehe
lampu maksudnya gimana ya rich ?? agak bingung.. hehehe...

LED dapet dari ACEhardware harganya 35rbu... bentuknya kayak lampu kamar tidur.. tinggal colok.

kalo gitu cuka ntar saya masukin dech... biar cycling air asinya aja yg lamaan.. hehehe..
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
masih ga pake chiller james? ato lupa tulis?
chiller masih nunggu mas.. soalnya ijin turun dari bos besar alias bokap agak repot. tapi sekarang lagi nyoba pakai kipas 2 biji, 1 nembak ke tank, 1 nembak ke ats.. hasilnya lumayan dapet 26. tapi apakah ada perbedaan ya antara pakai air tawar dan air asin ??? tapi benar2 diusahakan pakai chiller..
 
Last edited:

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
beda james..karena air asin banyak peralatannya..lagipula suhu kipas tuh sangat tergantung suhu lingkungan..kalo lagi adem ya adem, kalo panas ya panas..ditemapt saya kalo lagi adem bisa 24..kalo lagi panas tembus 33+
 
Top