[MERGED] Bagaimana Mengeluarkan Kepiting di Akuarium?

Joined
16 October 2006
Messages
19
Likes
0
Hallo rekan2x,

di aqua saya sepertinya ada tamu tak diundang nih, sepertinya ngikut saat beli live rock deh.ada kepiting kecilnya, kira2x kehadirannya dapat menimbulkan efek negatif tidak di aqua ya?
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,433
Likes
79
kepiting2 yang dari liverock ini sebenarnya cenderung mengganggu, karena biasanya suka mengganggu ikan yang mengumpat di dalam batu atau pun juga mendorong2 coral yang kita letakkan diatas liverock. Selain itu kepiting ini bisa cepat bertumbuh, jadi lama kelamaan, efeknya semakin besar Pak.

Pada pertama kali beli liverock, ada baiknya jika liverock tersebut tidak langsung dimasukkan ke dalam main tank. Lebih baik, jika liverock2 ini di diamkan dulu di dalam sebuah kotak dengan sedikit air laut di bagiah bawah.

Misalnya jika liverock ini diletakkan di dalam sebuah kotak (bisa aquarium atau container lain) yang setinggi 40cm, biarkan sekitar 2-3cm bagian dasar kotak digenangi air laut.

Caranya sebagai berikut:

1. Kotak dipenuhi dengan liverock terlebih dahulu

2. Dengan gayung kita sirami liverock dengan air laut, kira2 saja sampai bagian dasar kotak digenangi air 2-3cm.

3. Lalu tutupi kotak dengan kertas koran. tuang sedikit air agar kertas korannya lembab, dan ditutupi lagi dengan kertas koran kering.

4. Biarkan selama 24 jam.

Dengan begini, kepiting dan cacing akan keluar dari batu dan mencari air dibagian dasar. Setelah 24 jam, liverock boleh diangkat dari kotak dan dimasukkan ke dalam aquarium.

Tetapi karena sekarang kepitingnya sudah di dalam aquarium, alternativenya adalah

Caranya dengan menggunakan toples atau botol yang agak tinggi(-/+ 20cm), terbuat dari beling agar tidak mengambang dan mudah positioning-nya, memiliki mulut yang cukup besar agar kepiting bisa masuk.

Botol ini diikat ke benang, dan dalamnya saya isi dengan kerang makan mentah (beli di supermarket). Saya gunakan kerang karena kerang cenderung amis sekali dan bisa memikat kepiting tersebut.

Letakkan botol ini sedikit miring keatas sekitar (60-70 derajat kemiringan). Harus dekat dengan source kepitingnya Pak, jadi lebih effektif.

Semoga membantu :D
 
Joined
6 May 2007
Messages
29
Likes
0
Bgm cara menangkap kepiting

Dear teman2

di tankku ada kepiting, kepiting tsb keluar pada malam har1 kira2 4 cm panjangnya, masalahnya bgm cara menangkap kepiting? Mugkin ada teman2 yg bisa bantu.
Untuk botana capsule sdh aku kasi org. Jadi yg mau nyusul sdh telat he..he

:wink:

Thank you


Dedy h
 
Joined
2 August 2007
Messages
86
Likes
0
Cara Tangkap Kepiting tolong

hai teman teman salam kenal semuanya
sekarang ini saya lagi ada masalah yaitu kepiting meskipun cuma 1 ekor doang tapi galaknya minta ampun besarnya diameter 4-5 cm
dulunya kecil , padahal dulu semua kepiting udah dibantai bersih di LR entah datang dari mana , saya rasa mungkin waktu beli trumbu engga sengaja ada yang ikut itu kepiting
warnanyapun antik dan bagus kebiruan + hijau totol totol bkn seperti kepiting yang sering kebawa di LR ,jika saya engga galak pasti tak pelihara karena antik
pernah jebak pakai gelas dimiringkan diberi udang tapi udangnya hilang kepiting engga dapat :twisted: , pernah juga dipancing pakai kail meskipun dimakan umpannya , herannya umpannya saja yang di ambil jadi mata kail engga kena . :x
masa hanya kepiting 1 ekor harus bongkar lagi aqua yang udah jadi, oh ya ukurannya 150X70X70 , efek jelek yelow dan botana siripnya kadang gerepes seperti di capit padahal engga ada ikan yang galak di aqua
biodata yellow , botana biru , lemmon Peal , 2 nemo , 2 jabing kelinci ,+ azozet bunglon, 1 roket anten ungu + 2 anten merah

tolong rekan rekan yang lebih pengalaman adakah cara tangkap itu kepiting sampai pusing dibuatnya :x

Terima kasih banyak
salam
Yohanes :p
 
Joined
2 August 2007
Messages
86
Likes
0
iya nich bung slyme gimana cara tangkapnya
saya ampe pusing padahal cuma 1 doang gimana kalau banyak
jadi yang kudu perhatikan awal setup LR harus benar benar bersih baru dimasukin di aqua.

jadi bagiamana caranya ya selain bongkar itu LR seluruhnya terus itu kepiting kita tangkap & di panggang :twisted: :evil:
dia sudah keenakan makanin sirip sirip ikan sehingga pada rusak dah
atau tunggu sampai besar, karena setelah besar dia engga bisa numpet di LR karena ukuran badannya yang tidak muat.

nah pas begitu baru kita tangkap pakai serokan
tapi harus korban sirip sirip ikan berapa lama , tunggu itu kepiting sampai besar. :smt013

mungkin bung slyme ada cara yang lebih efektif ?
untuk tangkap itu kepiting

salam
Yohanes
:smt073
 
Joined
2 August 2007
Messages
86
Likes
0
Hai rekan rekan akhirnya dengan susah payah kepiting sudah saya tangkap
dengan cara jaring (yang untuk srimin ) yang kemudian ujungnya kita beri tali pancing yeng kecil sehingga tersamar apalagi malam hari.
jaring ditaruh dibawah pasir dan ditutupin terus diatasnya di beri umpan udang biar engga kabur umpan diikat pada jaring. usahakan pada malam hari karena ikan sudah pada bobo dan kepinting aktif mencari makan
kemudian tunggu dah sampai itu kepiting masuk dan makan umpan
dengan cepat jaring kita tarik dan akhirnya dapat juga itu kepiting
perasan lega sekali , waktu mau tak buang itu kepiting ternyata warnanya bagus sekali capitnya berwarna totol-totoll merah
sehingga tak jadi dibuang dan saya pelihara di sump .
:lol: :lol: :) :p :smt023 :smt038
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,433
Likes
79
Selamat Pak :D

Wah idenya bagus juga hehe, tapi masih terus hati-hati Pak karena biasanya kepiting di liverock lebih dari 1, cuman masih kecil aja. Nah.. kalau sudah beberapa lama akan menjadi besar, dan makin membahayakan juga.

Kepiting diletakkan di sump bisa membantu Pak, kalau ada sisa-sisa makanan atau unsur organic lainnya bisa dimakan oleh kepiting ini, jadi membantu proses breakdown kan :D

Semoga membantu
 
Joined
21 June 2007
Messages
64
Likes
0
Wah,.............nostalgia saya.
My FIRST ENEMY!!!! :lol:
di forum O-FISH ada tuh beberapa methodanya.
1. METHODA TOMBAK (paki kecil)
2. METHODA LASO (koboy).
saya paling sukses pakai METHODA LASO :wink:
 

ivan7

New Member
Joined
21 November 2007
Messages
15
Likes
0
iya di live rock saya juga ada kepiting kecil yang capitnya berbulu, gimana ya cara bersihinnya ?
kalau karang nya saya angakat malah kepitingnya masuk kedalam dan susah keluar lagi padahal sudah saya semprot dan di koyak2 karangnya

kira2 ada 4 kepiting kecil

maaf ya TS numpang nanya di lapak bapa
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,433
Likes
79
Hello Pak Ivan7, salam kenal Pak.

Untuk menangkap kepiting cara termudahnya adalah dengan diangkat keluar liverocknya lalu diletakkan disebuah ember dengan air laut yang menggenangi dasar ember tersebut, tinggi air cukup sekitar 3cm. Tinggalkan selama 1-2 malam. Untuk menjaga kelembaban sebaiknya ember tersebut ditutupi oleh koran yang disiram oleh air laut, jadi organisme yang di dalam liverock tersebut tidak mati.

Dengan cara begini, kepiting yang tidak menyukai keadaan kering akan turun ke dasar ember. Jadi setelah 2 hari, liverock dapat anda angkat dan kepiting bisa langsung dibuang.

Saya sangat menganjurkan hal ini untuk dilakukan pada setiap liverock yang baru dibeli.

Semoga membantu :D
 
Joined
6 October 2007
Messages
174
Likes
0
mau tanya, klo liverocknya diangkat sampe 2 hari nanti abs itu prlu cycling lagi ngga? trus ikannya pada stress ngga? banyak kepiting nih, wkt beli LR ga tau klo kpiting bahaya, jd malah dipelihara, eh ga taunya bunuh2in ikan.... sial....
 
Joined
4 January 2008
Messages
485
Likes
1
sama waktu itu sy ada 4 kepiting, saya pk teknik bung reef, malem2 liat kepiting yg di batu paling atas, sehingga gampang diangkat batunya,di batu ppaling atas ada kepiting 2, sy angkat.. lalu diamkan 5 menit, trus goyang2 naik turun, ga lama kepiting pada keluar ternyata ada 3.. haha
 

AW29

New Member
Joined
18 August 2008
Messages
283
Likes
1
Keluarin Kepiting

halo
saya mau tny ni kalo saya mau masukin Live Rock ke tank yg br, tp gmn si cara ngeluarin kepiting2 yg nakal di live rock sblm msk ke tank tsb agar tdk mengganggu terumbu/fish???
thx.
 

rakaryan

New Member
Joined
12 December 2008
Messages
202
Likes
1
Re: Keluarin Kepiting

Kalo saya sih pernah coba beberapa cara..
Dipancing supaya masuk ke perangkap pernah, tapi gk berhasil tuh..
Paling gampang ya keluarin LR itu trus dipanaskan sebentar di atas kompor atau pake gas lighter...
LR-nya 'rusak' sedikit, tapi efektif membasmi kepiting tsb...daripada ganggu ikan2...
Kalo ada sisa2 bbrp waktu kemudian, itu karena kepiting lain yang baru 'menetas' dan kemudian 'besar' di akarium tsb..jadi mungkin perlu beberapa kali sampai kepiting2 itu habis dr LR
 
Joined
21 June 2007
Messages
302
Likes
1
Re: Keluarin Kepiting

cari toples kaca bekas selai.. masukin udang segar.. trus taruh miring di live rock.. tujuannya agar kepiting bisa masuk tp ga bisa keluar karena toples kaca licin..
 

AW29

New Member
Joined
18 August 2008
Messages
283
Likes
1
Re: Keluarin Kepiting

thx.
masalahnya LR ini baru mau saya taro ke tank. bisa ga kalo di jemur matahari sbntr. kira2 mati ga ya LR nya?
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,433
Likes
79
Pak AW29, mati Pak LRnya, organism yang ada di bagian luar LR seperti coraline algae tidak terbiasa kalau tersorot matahari yang terlalu terang. Akhirnya akan stress dan mati. Selain itu organism di dalam batu juga tidak tahan kalau suhu lingkungannya terlalu panas akibat dijemur matahari. Saran saya diletakkan di dalam box yang mana ada air sekitar 4cm di bagian dasar box tersebut, liverock diganjal sedikit supaya tidak banyak yg terkena air, dan diletakkan ditempat gelap. Setelah beberapa lama, biasanya kepiting yang ada di dalam LR akan turun ke air.

Tapi cara ini gak menjamin seluruh kepiting terangkat ya. Dengan cara ini pun, masih saja ada kepiting yang ketinggalan di dalam aquarium.

Semoga membantu :D
 
Top