Mohon bimbingan , start nano 30x30x30

Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Salam kenal mas, saya ahmad, mohon bimbingannya untuk memulai aquarium nano saya.
Sebelumnya saya sudah baca2 semua pengetahuan2 ttg aqua air laut ini, tpi kok sya merasa masih ada yg kurang kalau belum bertanya. Dan sya sangat mohon bimbingannya, infonya, dan saran nya mas2 sekalian para master.
Sekitar 1 bulan yang lalu saya beli aquarium kecil (30x30x30) dibelakang aquarium utama terdapat 3 sekat, sekat pertama isi nya filter (filter terdisi dri 3 bagian), sekat kedua juga filter(juga terdapat 3 bagian), sekat ketiga pompa air nya, untuk filter masing masing ada 3 bagian yaitu susunannya sbb: coarse bio foam, fine bio foam, ceramic ring, bio wool, activated carbon, fine bio foam, jd setelah melewati ke enam bagian tersebut barulah air kembali ke tank utama.
Nah setelah sya beli, aquarium tersebut, lalu sya beli pasir sungai di toko aquarium biasa (ikan air tawar).
Selanjutnya pasir sya cuci berulang kali, dan sya saring , ambil yg halus nya saja, besok nya sya beli air asin, lalu sya masukin pasir dan air tersebut dan membiarkan saja air tersebut dengan menyalakan pompa nya, keesokan hari nya kemudian sya beli live rock, lalu saya masukin. Dengan penuh kesabaran sya menunggu, hanya melihat air dan pasir selama sebulan lebih. Ini yg sya tau tentang cycling
Setelah sebulan lebih, akhirnya saya beli ikan nemo 1 ekor,
Ikan tersebut menunjukkan gelagat tidak baik, karna tidak mau makan, dan hanya berenang seperti ingin menembus aquarium nya alias menempel di dinding, tidak mau berenang ketengah2. Keesokan pagi harinya ikan tersebut menemui ajalnya. Lalu sore nya saya beli lagi ikan nemo dan blue devil ekor kuning, sampai hari ini sudah 1 hari berhasil dilewati oleh ikan tersebut, dan hari ini adalah hari kedua ikan tersebut di dalam aquarium. Kondisi saat ini ikan blue devilnya lincah dan rakus kalo di beri makan, bagus sih. Malah nemo nya yg gak mau makan semenjak dari pertama beli.
Yang ingin saya tanyakan disini yaitu :
1. Apakah ikan saya akan bertahan lama?
2. Apakah filter yg saya miliki sudah mencukupi? Soalnya pernah baca sekilas kalo itu adalah filter buat ikan air tawar.
3. Apakah pasir sungai berpengaruh terhadap kestabilan air dan berpengaruh terhadap daya tahan ikan?
4. Apakah sya harus menggunakan skimmer? Soalnya sejauh yg saya ketahui ada yg skimmerless tpi sampai sekarang masih awet ikannya.
5. Apakah proses cycling sya ada yg salah? Atau kurang lama?
6. Apakah air harus segera d ganti? Soalnya kan udah sebulan tuh(masa cycling)

Demikian mas , sya mohon bgt bimbingannya, kalo ada kata2 sya kurang sopan dan berantakan, maafin ya mas, soalnya sya gak pinter buat kata2.
Terima kasih banyak sebelumya mas.
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
1. kalau hari pertama masuk ga mati maka ok tahap awal; air cocok. ikan pasti kena ws. bantu mereka hadapi ws dengan memberikan makanan ikan yang bagus. saran ane merk tetra marine atau ocean nutrition.
2. ane pakai filter hang on back, no problemo.
3. masalah biasanya langsung muncul di awal2. kalau udah lewat 1 bulan udah aman. alga udah blooming blum?
4. betul. awet2 aja tuh. tapi kalau mau main aman ya skimmer aja.
5. agan sabar banget, ane dulu 3 hari lgsg nyemplung hahaha.
6. yup. 10% tiap minggu, apalagi skimmerless.

salam, happy reefing :D
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Hhmmm...
Trus yg perlu d perhatikan apa aja ya mas? Seperti alga yg blooming itu maksudnya apa? Dan dilihat dri mana cara mengetahuinya mas?
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
Perhatikan kondisi biota aja gan, kalau ikan makan koral ngembang, beres punya urusan. Kalau ada koral, perhatikan juga apakah lampunya dan arusnya udah sesuai dengan kebutuhan. Alga blooming itu keliatan kok, bisa slime algae (kyk lapisan karpet) atau hair algae (tumbuh panjang2). kalau udah tumbuh itu tanda bagus, brarti cyclenya udah komplit dan nutrien pasti sudah jauh berkurang krn diserap utk alga tumbuh. Intinya mah udah kalau udah idup dan ga mati dalam seminggu-2 minggu berarti aquarium udah aman. Paling kecelakaan2 kyk mati lampu/penguapan yg bikin kacau. Salam.
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Emangnya saya bisa piara coral atau anemon ya mas? Soalnya saya gak pakek chiller.
Trus di karang nya emg saya lihat seperti ada bunga cacing gitu mas, ketika kita sentuh dia menguncup, apa itu namanya alga?
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
Bisa tuh, banyak temen2 termasuk say bisa. Pakai kipas ditiup di permukaan air, tapi perhatikan penguapan karena akan menaikkan kadar garam dengan cepat.

Bukan itu mah cacing kipas gan hehe.
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
haha,,, iya mas, sya bener2 masih buta tntang aquarium air laut ini.
Trus mas gimana kita akalin penguapan nya? Kayaknya mmg aquariumnya menguap, ada bintik2 air d atap nya, dan air juga berkurang di tank utama.
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
Kalau bintik2 mungkin ada gelembung udara lumayan banyak dr alat, biasa dr skimmer/pompa/filter. Harus tau itu penguapan atau bubble, krn bubble gak mengurangi salinity. Kalau mmg itu penguapan akan disertai dgn salinity yg makin tinggi, ngakalinnya tandain aja level normal aquarium dan diisi air aqua/ro perlahan2 tiap pagi dan malam sampai batas tsb gan.
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Oke deh mas,,, saya coba in semua nya mas, doakan berhasil ya mas :D
Oiya mas 1 lg apa sih alat2 yg kira2 wajib saya miliki ya? Contohnya ada yg blg harus punya hydrometer. Kira2 apa aja ya mas? Apakah sudah cukup dengan yg saya miliki skrg saja?
Yaitu filter dan pmpa saja?
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
kalau koralnya minimal pakai refractometer saja gan krn hydro yg bagus harganya cukup mahal. Termometer celup jg boleh iseng2. Kalau ga ada skimmer berarti harus siap2 rajin ganti air aja gan :) sukses gaan :D
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Ya mas, memang rencananya 2 minggu sekali ganti air mas, cukup kan itu mas? Tpi gantinya setengah aja 50%.
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Btw terima kasih ya mas udah d bantu. Untuk saat ini kendala hanya d nemo nya aja yg gak mau makan, ntar kalo ada kendala lain sya boleh tanya2 lg kan mas.. Hehe
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Ooohhh... 20 aja cukup ya. Hhmmm dicoba deh mas,, makasih banyak ya mas, ntar saya kabarin lg info terbaru nya hehehe :D
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,414
Likes
64
Berapa temperatur air di akuariumnya dan sudah berapa lama sejak pertama dimulai akuariumnya?
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
sya gak ada cek mas. Sampai saat ini alat yg saya punya cuma pompa dan filter aja mas, untuk kit yg lainnya gak ada, apakah itu perlu ya mas? Apa2 aja sih yg seharusnya saya miliki ya mas? Untuk tank udah sekitar 1 bulan setengah mas, baru sekali ganti air sebanyak 50%
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,278
Likes
102
30x30x30, skimmerless dan sumpless? Sering2 saja ganti air kualitas yahud.

Setau saya Refractometer lebih mahal dari hydrometer.

Koral butuh suhu max 28, lebih dari itu gak akan optimal dan bisa mati.
 
Joined
2 February 2015
Messages
104
Likes
1
Ohh iya mas? Trus sya mw tanya mas, kira2 apa aja sih selain ikan dan karang yg bisa saya masukin ke aqua sya supaya mempercantik dan elok dipandang mas, soalnya kaku bgt mas cuma karang sama ikan doang, pengen yg banyak2 warna nya,, :D
 
Joined
30 October 2014
Messages
92
Likes
2
oya gan rheinhard, bener saking sering pakainya sampai ketuker namanya ane. untuk diingeting, terima kasih koreksinya :D buat agan ammed coba aja liat2 di google, banyak banget inspirasi buat bikin reeftank yg mantap di sana. dulu ane juga nyontek2 dr sana. walaupun gak jadi persis sesuai harapan, tapi hati lumayan puas setiap kali pulang kerja. salam :)
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,278
Likes
102
Saran supaya bisa warna warni? Benahi filtrasi om.

Tank saya ukuran 40x25x30, tapi sump saya 3 kali lipat dari MT
 
Top