Nekat pico tank

Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Pagi siang sore malem para sepuh dn senior dn para bray and brother di reefs forum.
langsung aja lah tanpa ba bi bu.

Gw mau bikin aqua air laut ukuran kecil 40*30*30cm.
Aqua buat saringan di bawah
Ukuran hampir sama pakein 2 sekat.

Sekarang lagi test kebocoran
Ni penampakannya
IMG_20160325_161405.JPG

Aqua utama
IMG_20160324_184602.jpg
Sistem perparalonan tampak atas
 
Last edited:
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Pertanyaan..
Cycling harus brapa lama bro?
Buat aqua saringan diisi apaan ya? filter busa? Skimer kalo ga pake skimer bisa ga idup ikan sama taneman lautnya?
Gw mau yg murah2 aj sistemnya. Baca2 disini kyna banyak alat2 yg mahal ya bro..
Bantuin ya. Makasih
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Itu paje pompa output dari MT nya?

Kalo fitrasi mau murah bisa coba natural system. Tapi harus sabar
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Asik neh ad yg mampir.
Kga pake pompa om mod rhein, pake sistem bejana berhubungan.
Gw prnh baca ad ats terus dsb, refugium
Mana yg paling simple om rhein ngurusnya buat long term? Eh bener ga itu masuk natural?
Terus kl pake natural brarti ga ush lagi pake skimmer2an ? Bisa kagak?
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Progres running test bocor pake air tawar. Masukin ikan gupy 3 ekor..eh malah brojolin anak wkwkwk..parah
IMG_20160325_201657.jpg
Anak gupy gebleg
IMG_20160325_201721.jpg
Tes bocor sama flow aer
Sukses imbang haha
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Ni hp gw yg rusak ap inet gw yg lemot ya..
Perasaan sepi amat ya ni forum, gw baca2 thread banyak bnget yg lawas2 and pada ngilang TS nya
Curheart
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Asik neh ad yg mampir.
Kga pake pompa om mod rhein, pake sistem bejana berhubungan.
Gw prnh baca ad ats terus dsb, refugium
Mana yg paling simple om rhein ngurusnya buat long term? Eh bener ga itu masuk natural?
Terus kl pake natural brarti ga ush lagi pake skimmer2an ? Bisa kagak?
Paling simple lubangin kaca belakang, air turun pake gravitasi.

Natural system bisa pake ATS/UAS, macro algae, cryptic zone, dll, dsb.

Tank pico saya dulu natural filtration without protein skimmer
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Yes..! Master tank om mod Rheinhard aj pernh pake sistem natural jd gw jg pasti bs and yg mantefnya kga pake skimmer haha.
Sory to say nih..gw bukannya anti skimmer, tp dompet gw yg anti sama harganya XD
kyna gw mau pake ats di combine sama dsb.

Gw tertarik sm threadnya id leaf_angel kl ga slh. Doi pake ats doang ga pake sump sukses gile pliara polip2 sama jamur
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Paling simple lubangin kaca belakang, air turun pake gravitasi.

Natural system bisa pake ATS/UAS, macro algae, cryptic zone, dll, dsb.

Tank pico saya dulu natural filtration without protein skimmer
om rheinhard. Gw rencana mau pake ats sama dsb/rdsb Nah prtnyaan gw stlah gw baca.. Rada bingung sama light ats di durasi waktunya.

Ad yg bilang 24/7 ad yg bilang 18/7 ad yg bilang reverse sama light mt. Yg boneng yg mn ya om?
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Kl jd hr ni gw mau blanja aer asin sama dr dn lr.. (ceileee blanja, dh kaya emak2 aj wkwkwk).

-buat mancing bakteri bisa kaga kl pake udng kupas gw cemplungin ke aer mt?
Bacteri starter, kl ni laen cerita lah. Pasti cerita duit lagi wkwkwkw
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Make it simple (again) om....wkwkkwkw

Filtrasi cukup cryptic zone, dan macro algae.

Embernya isi sama pecahan live rock, sekat pertama sump isi sama macro algae. Sekat terakhir return pump.

Selesai deh....hahhahah
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Make it simple (again) om....wkwkkwkw

Filtrasi cukup cryptic zone, dan macro algae.

Embernya isi sama pecahan live rock, sekat pertama sump isi sama macro algae. Sekat terakhir return pump.

Selesai deh....hahhahah
Very like this nih om. Make it simple

Lebih simple bgt asli 100%. Tapi bloon nya knapa gw malah berlibet sendiri ya wkwkw.
Pdhl gw sndiri msh ga ngerti kl aplikasi ats di ruang yg smpit begono.

Rubah haluan filtrasi ah ngikut yg dh pasti ajaja haha

Oke om mod rheinhard brarti next gw beli LR sama macro algae. Pilih mana om ( chaeto, rumput asem, atau angguran) atau pilih yg gampang didapet kali ya? Wkwkwkw again make it simple.
Tengki you om mod
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Tambah bg item biar kaga acak kadut.
IMG_20160325_161405.JPG
Before...
And jreng jreng.. Black beauty
1458956086143-1592403739.jpg
Abaikan ikan guppy nya. Pelaku three**** di tank wkwkw
 
Last edited:
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Ngebut tadi sore. Beli aer asin sama DR doang. LR minta yg potekan kecil. Yg ukurn sedeng lagi abis.
Scaping asal.
IMG_20160326_182316.jpg
Model 1
IMG_20160326_183417.jpg
Model 2
Kira2 mana ya yg rada mendingan and ad nilai seni lautannya? wkwkwk.
Kyna darah seni gw udh abis dah XD
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Atau dua2 nya kaga ad yg mendingan? Hahaha.. Bodo amat lah.

Dan cycling dengan ini gw mulai. Start today ! Sampe batas waktu yg tdk ditentukan. Atau sampe iman cycling gw runtuh LOL..
yg HGC minggir lah..elmu gw kaga nyampe sono
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Scapping sy pilih yang 2 rock island.

Untuk macro algae sy jabarkan dikit +/- nya yak...

Caulerpa racemosa (Angguran)
+ : cepat menyerap nutrient
- : mudah spawnning (melepas spora)

Caulerpa sertularioide
+ : cepat menyerap nutrient
- : mudah spawnning (tapi tidak semudah angguran)

Cheatomorpha (rumput jarum?)
+ : tidak melepas spora (spawnning)
- : lambat menyerap nutrient

Semoga bermanfaat :)
 
Joined
25 March 2016
Messages
153
Likes
16
Scapping sy pilih yang 2 rock island.

Untuk macro algae sy jabarkan dikit +/- nya yak...

Caulerpa racemosa (Angguran)
+ : cepat menyerap nutrient
- : mudah spawnning (melepas spora)

Caulerpa sertularioide
+ : cepat menyerap nutrient
- : mudah spawnning (tapi tidak semudah angguran)

Cheatomorpha (rumput jarum?)
+ : tidak melepas spora (spawnning)
- : lambat menyerap nutrient

Semoga bermanfaat :)
Angguran kyna mantaf tuh. Tapi melepas spora minusnya, jadi merusak kw aer ya om maksudnya kl spawning?

Pas dulu lw pake natural sistem makenya makro algae yg mana om? Gw ngikut aj lah yg udh pasti. Tp mudah2an barangnya gampang didapet haha..

Oh iya om FYI aj, gw posisi bogor om. Tukang ikan laut cuman satu, dn itupun kaga ad barang kl mslh filtrasi2 natural. Jd gw nungguin ad yg jual onlen doang.

Mksh om mod. Very bermanfaat
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Kalo sekarang sih pada pake cheato, karena gak spawnning. Oh ya..kl macro algar spawnning bisa merusak parameter air.

Kalo mau ribet dikit pake caulerpa sertularioide sj....ribet di sini harus rajin trimming.
 
Top