Parameter air laut

harry06

New Member
Joined
12 February 2020
Messages
1
Likes
0
Salam sukses buat semuanya para sahabat...
Ijinkan sy newbie ingin mengajukqn 2 pertanyaan yg sering kali sy dengar ataupun sy baca baca ada istilah parameter air swing dan tank mengalami crash..

Apa sebenarnya definisi atau pengertian sesungguhnya tentang parameter swing dan definisi daru istilah tank menjadi crash...

Sy mohon para senior disini bisa bantu jawab.. trimakasih...
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,433
Likes
79
Salam kenal Pak Harry06,

Parameter swing
Parameter swing biasanya terjadi apa bila ada kadar di dalam air yang berubah-ubah bisa secara konsisten seperti misalnya (temperatur, pH,) ataupun tidak konsisten seperti (ammonia, alkalinitas, kalsium, magnesium, salinitas).

Konsisten Parameter Swing
Temperatur dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi suhu ruangan apa bila akuarium tidak menggunakan Chiller atau Pendingin Air. Sering kali suhu cenderung agak tinggi di siang hari dan turun menjadi rendah di malam hari. Apa bila perbedaan suhu hanya 1 derajat, akan dapat ditoleransi tetapi lebih dari itu tetap dapat membuat koral menjadi stress dan tidak berkembang biak.

pH di dalam air pun juga sama, cenderung tinggi di siang hari dan rendah di malam hari sewaktu tidak adanya fotosintesis dan banyaknya yang menghasilkan co2 di dalam akuarium kita. Apa bila tidak ditopang dengan alkalinitas yang baik atau alat tukar udara yang baik seperti protein skimmer atau pun pembuat bubble maka kadar co2 di dalam air akan menjadi tinggi dan mengakibatkan pH di dair untuk turun.

Konsisten parameter swing seperti di atas tidak langsung berakibat fatal pada akuarium kita dan cenderung mengganggu biota baik ikan maupun koral secara perlahan. Namun dengan adanya inkonsistensi seperti di atas dapat membawa kita kedalam kegagalan dalam hobby ini.


Tidak Konsisten Parameter Swing
Parameter Swing yang tidak konsisten diakibatkan oleh kelalaian atau kerusakan pada sistem penopang akuarium kita. Misalnya kalsium reaktor yang gagal berfungsi, Dosing pump yang error dan memberikan dosis terlalu banyak, atau pun kelupaan memberikan top-up air tawar. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan parameter secara drastis yang mana mengakibatkan banyaknya biota yang mati termasuk mikroorganisme (bakteri) yang hidup di dalam akuarium. Setelah ini terjadi maka akan terjadi reaksi rantai yang membunuh biota yang tersisa dan mengakibatkan ammonia spike, hal ini yang sering kali disebut Tank Crash karena adanya Parameter Swing.

Kunci dari memelihara akuarium air laut adalah KONSITENSI, dan parameter swing harus dihindari bagaimana pun caranya.

Semoga membantu
 
Top