Soft Coral

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Hello Daivan,

Salam kenal :D

Untuk pembahasan mengenai batu yo, dilanjutkan di forum "LPS" ya, karena batu yo bukan softies Daivan.

Terima kasih.
 

hu531n

New Member
Joined
2 May 2008
Messages
180
Likes
2
Lanjutin lagi dong tentang soft coral-nya, krn baca topik ini akhirnya saya beli jamur2an.
Mungkin ngelanjut ttg penjelasan polip? refensi yg saya cari2 ttg polip pake bhs sansekerta jadi gak ngeh nih. :lol:
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Halo Pak hu531n,

Saya akan lanjutin lagi penjelasan mengenai soft coralnya dalam waktu dekat, terutama mengenai polyp ya Pak. :D
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
Joined
31 October 2006
Messages
5,775
Likes
21
pak reef.... bukane jamur semangka itu yang stripnya rapat pak (dlm artinya garis2nya rapet gitu).... sy ada gambarnya... cuma kok susah ya upload di photobucket....

trus... knp ya.... jamur biru klo dipoto bpk kelihatan agak kemerahan. saya juga menemukan beberapa jamur biru seperti itu.... apa yengaruh lampu??? krn sy lihat ditmn sy dia pake biasan sinar matahari malah warna birunya pekat banget..... klo jamur merah sih pengamatan sy tidak berubah warnanya... cuma jenis jamr mekar habis klo dibawah 6500K (ini pengamatan saya lho)...

yang kedua ttg jamur jerawat.... kmrn ada jenis jamur ini yg besar... apa masuk jenis ini ya??? sayang sy fotonya ndak ada... kpn2 sy ambil gambarnya.. sy pengen pelihara ini... cuman klo pas mekar besar banget.. takut menuhin tempat...(gambarnya seperti jamur spesial bpk)...cm klo pas mekar lmyn besar.

makasih sebelumnya....
happy reefkeeping


-nano-
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
Joined
31 October 2006
Messages
5,775
Likes
21
jamur semangka


jamur jenis apa ya???


ini dibawah T5 blue


yg di bawah T5 ini jamur apa ya????
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
nanosan said:
pak reef.... bukane jamur semangka itu yang stripnya rapat pak (dlm artinya garis2nya rapet gitu).... sy ada gambarnya... cuma kok susah ya upload di photobucket....

trus... knp ya.... jamur biru klo dipoto bpk kelihatan agak kemerahan. saya juga menemukan beberapa jamur biru seperti itu.... apa yengaruh lampu??? krn sy lihat ditmn sy dia pake biasan sinar matahari malah warna birunya pekat banget..... klo jamur merah sih pengamatan sy tidak berubah warnanya... cuma jenis jamr mekar habis klo dibawah 6500K (ini pengamatan saya lho)...

yang kedua ttg jamur jerawat.... kmrn ada jenis jamur ini yg besar... apa masuk jenis ini ya??? sayang sy fotonya ndak ada... kpn2 sy ambil gambarnya.. sy pengen pelihara ini... cuman klo pas mekar besar banget.. takut menuhin tempat...(gambarnya seperti jamur spesial bpk)...cm klo pas mekar lmyn besar.

makasih sebelumnya....
happy reefkeeping
-nano-
Halo Pak nanosan,

Itu jamur hijau yang stripnya rapat namanya jamur strip, sedangkan jamur semangka lebih seperti bercak2 putih dan hijau. Sejujurnya, untuk membeda2in jamur2 ini agak sulit karena di Indonesia gak ada nama yg benar2 formal, asal ada yang beda sedikit suka dinamain beda padahal sebenarnya jamur yang sama.

Mengenai jamur biru, betul Pak ada yang benar2 biru, ada yang kemerahan dan ada juga yang keunguan. Nah kalau yang ini tergantung dari asal jamur tersebut atau pun juga keadaan di aquariumnya. Semuanya sama-sama jamur biru tapi ciri khas/warnanya bisa berbeda atau berubah tergantung keadaan di sebelum/sesudah.

Yg Pak nanosan bilang mirip jamur spesial di gambar itu tapi besar diskirpsinya lebih mirip jamur mangkok. Jamur jerawat gak bisa terlalu besar sekali Pak. Jamur mangkok ini memang bagus tapi bisa memangsa ikan atau invertebrata yang kebetulan lewat didepannya, jadi harus lebih hati2. Jamur mangkok lebih aggressive dibanding jamur2 lain Pak.

Semoga membantu.
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Pak nanosan,

Jamur yg totol biru
Biasa disebut Jamur rombeng biru. Jenisnya mirip dengan jamur merah atau jamur biru biasa.

Jamur warna orange dibawah T5
Ini namanya jamur model, jamur jenis ini lebih sulit untuk diperlihara, dan warnanya mudah luntur menjadi coklat kalau diletakkan diposisi yg kurang disukai.

:D
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
Joined
31 October 2006
Messages
5,775
Likes
21
reef said:
Pak nanosan,

Jamur yg totol biru
Biasa disebut Jamur rombeng biru. Jenisnya mirip dengan jamur merah atau jamur biru biasa.

Jamur warna orange dibawah T5
Ini namanya jamur model, jamur jenis ini lebih sulit untuk diperlihara, dan warnanya mudah luntur menjadi coklat kalau diletakkan diposisi yg kurang disukai.

:D
oh yg totol biru namanya itu..... mksh pak.

klo yg dibawah T5 gambarnya ini, kmrn warna dia pudar banget.... warna merah ato birunya ga ada sama sekali.... makanya pas kmrn plg kok warnanya jadi kyk gt...
klo di+ T5 yg actinic mungkin bisa kembali ke warna aslinya ya pak.....
jamur ama goniopora yg ngikut.... skg gonionya dah mau mekar... dl mengkeret abis...dl gonionya udah bener2 putih... skg udah rada2 ijo kecoklatan...... mg bisa kembali ijo....


kmrn pengen beli yg bener2 biru and merah pekat... cm ga jadi... akhirnya beli yg jamur strip ama semangka, ada jg jamur yg coklat totol2 gitu...asyik...bgt. moga besok pas balik magelang masih ada di penjualnya... :smt003 :smt003 :smt003

happy reefkeeping

-nano-
 

hu531n

New Member
Joined
2 May 2008
Messages
180
Likes
2
pak nanosan, jamur pak punya keren2 lho, naksir nih sama yg warna kuning, beli di magelang juga?
ini gunung jamur di aquarium saya,


ini jamur kaya'nya sih jamur model, tapi modelnya gak bener, gak keliatan sama sekali seperti jamur :lol:


Pak reef, ayo dong bahasan tentang polipnya, ditunggu nih..
 

sunr1s3

Active Member
Joined
6 August 2008
Messages
2,057
Likes
4
mo nanya dikit nih ke senior2.kalo jamur belah2 itu pertanda apa yach.

jamur mata yang saya miliki di awal aquarium


setelah dua bulanan tau2 seperti sobek (kira2 1/4 bagian), dan sobekan itu menutup sendiri sehingga terbentuk 2 jamur. 1 besar dan 1 kecil
sekarang tiba2 yang besar sobek2 lebih parah lagi, 1/3 bagian lagi telah nutup menjadi jamur kecil lagi, tapi yang 2/3 bagian masih keliatan sobek

(maaf posisi gambarnya jadi miring, udah saya coba edit di photobucket dan saya rotate. tapi hasil disini kok tetap miring ya hehehe)

kenapa bisa begitu ya Pak, apakah hal tersebut terjadi karena parameter air saya yang jelek, ato justru malah sebalik nya (parameter mulai membaik, jamur tersebut mulai betah dan cocok dengan lingkungannya sehingga beranak pinak)
kalo emang parameter membaik sih bisa tenang, takutnya kalo hal tersebut terjadi karena parameter yang memburuk sehingga jamur terbelah2 sedangkan pembentukan jamur baru itu sebagai recovery dia dari luka sobekannya.
mohon masukannya, terima kasih
 
Joined
20 March 2007
Messages
814
Likes
1
mungkin itu berkembang biak pa, jamur metalik seringnya membelah diri kalo berkembang biak..
itupun terjadi di aq sy... dengan cara ini, anakan bisa tumbuh dan membesar lebih cepat...
tp ada pula yg berkembang biak dengan cara memanjangkan kakinya sampe putus dan tumbuhlah anakan jamur tsb, spt jamur jerawat, semangka dll. anakan ini mah lama bgt jd gedenya...
maaf yak kl salah, ini pengalaman saya aj... :smt003 :smt003
sy jg m bertanya jpd para senior, knapa bisa beda2 gt y cara berkembangbiaknya?

trims,
 

sunr1s3

Active Member
Joined
6 August 2008
Messages
2,057
Likes
4
Yg jd mslh tu kan berkembang biak krn dah betah,cocok dg lingkungan ato karena terpaksa (ga cocok dg lingkungan,jd terluka trs mencoba recovery shingga trbentuk jamur lg).
soalnya stau saya perkembang biakan jamur bs dipaksa.untuk jamur2 langka yg biasanya susah didapat,toko aq pun cm punya ,itu jg lama and susah dptnya.biasanya dijadikan indukan,brusaha mengembang biakkan dl,br anakannya yg dijual.dg cara menunggu matanya terbelah2 (1 jamur bs smpe terbentuk 2-3 mata ato mlh lebih),stelah itu dipotong pk cutter dan nantinya akan recovery membentuk jamur2 yg utuh lg.
Ya kalo berkembang biaknya krn alasan pertama si ya sukur itu yg diharapkan,takutnya kan kalo karena alasan kdua (trpaksa).untuk mengetahui gmn ya
 
Joined
20 March 2007
Messages
814
Likes
1
mungkin karena berkembangbiaknya membelah2 diri sendiri, jadinya terkesan sadis... :mrgreen: :mrgreen:
kalau masalah keterpaksaan saya kurang ngerti...
mungkin bisa dilihat dihari2 berikutnya, apakah kondisinya memburuk atw malah membentuk kembali beberapa jamur dengan bentuk yang sempurna... :wink: :wink:
hasilnya mungkin akan jd sebuah kesimpulan dan jawabannya...
salam,
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Pak reef, ayo dong bahasan tentang polipnya, ditunggu nih..
Iya Pak, saya usahain secepatnya. sementara lagi belum bisa karena masih sibuk. ditunggu ya. Gak lama-lama kok :D

Ya kalo berkembang biaknya krn alasan pertama si ya sukur itu yg diharapkan,takutnya kan kalo karena alasan kdua (trpaksa).untuk mengetahui gmn ya
sunr1s3, untuk mengetahui alasan perkembang biakannya secara langsung bisa dari dengan mengukur parameter air dan melihat kondisi coral sebelum berkembang biak. Kayaknya kalau saya liat dari jamur metaliknya yg diletakkin di dasar aqua, berkembang biak karena berasa kekurangan cahaya. Karakter kekurangan cahaya ini bisa diliat juga saat sebelum berkembang biak yang mengembang dengan sangat besar berusaha untuk mendapatkan cahaya sebanyak2nya. Jangan salah paham ya, mengembang dengan besar memang menunjukkan sehat, tapi di saat yang sama saat kekurangan cahaya coral juga mengembang dengan besar untuk memperluas wilayah tubuhnya yang terkena cahaya.

Jamur metalik ini mempunyai warna metalik dengan tujuan untuk merefleksi kalau menerima kebanyakan cahaya, nah.. maka dari itu biasanya jamur metalik diletakkan di bagian tengah atau atas aqua.

Semoga membantu :D
 

sunr1s3

Active Member
Joined
6 August 2008
Messages
2,057
Likes
4
reef said:
sunr1s3, untuk mengetahui alasan perkembang biakannya secara langsung bisa dari dengan mengukur parameter air dan melihat kondisi coral sebelum berkembang biak. Kayaknya kalau saya liat dari jamur metaliknya yg diletakkin di dasar aqua, berkembang biak karena berasa kekurangan cahaya. Karakter kekurangan cahaya ini bisa diliat juga saat sebelum berkembang biak yang mengembang dengan sangat besar berusaha untuk mendapatkan cahaya sebanyak2nya. Jangan salah paham ya, mengembang dengan besar memang menunjukkan sehat, tapi di saat yang sama saat kekurangan cahaya coral juga mengembang dengan besar untuk memperluas wilayah tubuhnya yang terkena cahaya.

Jamur metalik ini mempunyai warna metalik dengan tujuan untuk merefleksi kalau menerima kebanyakan cahaya, nah.. maka dari itu biasanya jamur metalik diletakkan di bagian tengah atau atas aqua.

Semoga membantu :D
maaf kalo rada OOT (kali ini dah ngerti nih arti OOT hehe). Nah ini lah salah satu kekurangan saya juga, saya sendiri ga terlalu paham mengenai coral/jamur. selama ini pun saya selalu cari info mengenai karakter masing2 biota, tapi susah banget nemu referensi. di online store pun jarang yang membuat katalog lengkap beserta karakternya, kalo pun ada karakter itu terbatas stock yang mereka jual. jadi saya sendiri kurang paham (bole dibilang ga paham banget) mana coral/jamur yang butuh arus pelan, sedang, kencang dan mana juga yang butuh cahaya dikit, sedang, dan terang. jadi peletakan hanya berdasar estetika (enak ga nya diliat) serta kemudahan/kecocokan dalam peletakan batunya.

terima kasih Pak, masukan2 yang ada jelas sangat membantu :)
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Pak sunr1s3, Pak nanosan,

Mohon ditunggu ya pembahasan mengenai polypnya. Sebentar lagi saya mulai, sementara masih sangat2 sibuk sekali jadi belum bisa menjelaskan panjang lebar.

Mohon maaf
 
Top