Soft Coral

sunr1s3

Active Member
tenang aja Pak Reef, saya sabar menanti kok. kalo emang masih sibuk dengan pekerjaan ya diselesaikan dulu, jangan sampe pekerjaan mengganggu hobi aquarium kita ... ups ... maap, maksud saya jangan sampe pekerjaan terganggu :mrgreen:
 

daivan

Member
salam,
mau nanya soft coral tangan-tangan dong.saya liat warnanya beragam. soft coral jenis ini sulit gak ngerawatnya?thanks
 

kribo

New Member
maaf pak reef,
saya sudah baca beberapa postingan sebelumnya, tapi saya tidak menemukan alasan kenapa trigger harus dikeluarkan apa bila kita memelihara jamur, mohon pencerahannya :D
 

adhe

Active Member
Ada yg bisa kasih contoh antara jamur strip dengan jamur model ga? Saya kok masih bingung bedanya dimana?
 

bram88

Member
slama suhu" dan reefers..

mau tanya..
apa memang ada seroja babut biru ?? kira" susah atau tidak merawatnya ??

mohon masukannya..

salam
bram
 

kiev

New Member
adhe said:
Ada yg bisa kasih contoh antara jamur strip dengan jamur model ga? Saya kok masih bingung bedanya dimana?
jamur strip biasanya coraknya strip atau garis2 gitu kan pak, dan permukaannya smooth. klo jamur model permukaannya tidak smooth dan biasanya warnanya polos: ungu, merah atau orange, kadang ada yang kombinasi. klo saya gak salah, jamur model nama lainnya jamur batre ya. cmiiw.
 

rezza_2408

New Member
Selamat Datang Di Reefs Forum Pak bunnymexs.

Semoga bisa saling membantu di dalam hobby ini :D



Silahkan Pak :smt003



Memang bener Pak, jamur ini sebenarnya kalau sudah beradaptasi dengan kondisi air di aquarium baru, dan memang kondisi airnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh jamur, jamur dapat berkembang biak dengan cepat Pak. Selain itu juga bisa mengembang dengan maksimal. Hasilnya sangat memuaskan, dan sebenarnya caranya juga tidak cukup sulit karena memang jamur dianggap salah satu coral yang kuat, walapun jenis tertentu sedikit sulit dan tidak saya anjurkan bagi yg baru mulai aquarium air laut.

Mengenai nama jamur yang anda maksud, mungkin bisa dijelaskan lagi secara detail mengenai corak dan warnanya, atau lebih baik lagi dengan posting-an fotonya Pak.



Posting gambar mudah kok Pak. Untuk tata cara memposting gambar coba kunjungi link ini Cara posting Foto/Gambar



Seroja yang berwarna putih dan sedikit ke pink2an biasanya itu namanya seroja kapas. Tetapi seroja yang sepenuhnya warna pink ada juga namanya seroja sutra. Sebenarnya jenis seroja ini membutuhkan banyak arus untuk bertumbuh, akan tetapi bukan arus yang fokus pada satu titik (yg dihasilkan oleh pump atau powerhead) tetapi arus yang menyebar dan secara keseluruhan. Kalau dari gambaran Pak bunnymexs sepertinya seroja yang anda miliki ini merupakan seroja yang tidak berfotosintesis makanya akan membutuhkan makanan khusus dan juga perhatian lebih. Saya kurang menganjurkan bagi para hobbyist yg baru mulai untuk memelihara seroja seperti ini.



Seroja yang bisa menguncup bisa jadi seroja colt? Mungkin bisa dibantu dengan fotonya Pak, agar lebih jelas.



Sebaiknya jangan Pak. Jamur dan payungan merupakan 2 jenis coral yang berbeda. Setiap coral memiliki defence mechanism tersendiri yang mana akan mereka pergunakan untuk mengalahkan lawan disekitarnya. Tujuan dari mereka melawan coral lainnya adalah untuk kepentingan berkembang biak. Maka dari itu akan lebih baik jika diletakkan sedikit berjauhan, namun karena memang sama2 soft coral, efek antara satu sama lain tidak akan terlalu besar, jadi tidak bermasalah. Solusi selain memberikan jarak adalah dengan perputaran volume air dari main tank ke sump yang cukup banyak.



Tidak biasanya udang memakan payungan atau coral lainnya. Mungkin saja udang ini hanya memakani organism lain yg tidak terlihat mata dan berada di atas payungan. Udang jenis apa kalau boleh tau Pak bunnymexs.

Semoga membantu :D

Mau nanya om saya punya seroja colt saat nguncup dy mau keras tegak tp saat ngembang knapa dy lemes k bawah ya om mohon pencerahannya dong trimakasih
 

rully_drummers

Well-Known Member
Mau nanya om saya punya seroja colt saat nguncup dy mau keras tegak tp saat ngembang knapa dy lemes k bawah ya om mohon pencerahannya dong trimakasih
Lemah syahwat... hahahaha

Seroja diantara nya butuh suhu dingin, tempt nya remang2 dan cek po4 no3 nya
 

Nana321

New Member
Kenapa yaa coral payungan Saya ga mau mekar?? Dan kelihatan mengkilap di bagian atas padahal sebelumnya belum pernah seperti ini .
 

Attachments

  • 20200430_064621.jpg
    20200430_064621.jpg
    45.1 KB · Views: 17

reef

Administrator
Staff member
Halo salam kenal, untuk koral payungannya kadang-kadang seperti itu karena stress (baru dipindahkan). Selain dari itu juga Payungan juga menguncup sewaktu bertumbuh (membesar) dan membutuhkan 4 hari - 7 hari baru kembali mengembang seperti biasa. Pastikan tidak ada perubahan dalam waktu dekat yang membuat stress maka tidak akan ada masalah dgn Payungan tersebut. Semoga membantu.
 

Pouns

New Member
Permisi , mau nanya . Kalau coral payungan dibagian pinggir payungnya berwarna putih seperti kaya gambus yg udah berudul
 

reef

Administrator
Staff member
Salam kenal Pak Pouns.

Untuk koral jenis payungan diperlukan banyak cahaya dan arus yang sedang hingga kencang. Dengan diberikannya kondisi yang sesuai maka akan segera pulih dan kembali mengembang dengan sehat.

Semoga membantu
 

Ayipsyarif

New Member
Pak Reef hehe saya datang dari masa depan di 2020 ke thread ini, pak reef lanjutin lagi dong pembahsan-nya mengenai softies, khususnya seroja, tangan2, payungan, leather coral dll-nya hehe pengen bgt belajar mana dari itu semua yg punya zooxanthellae untuk fotosintesis dan mana yang tidak, please pak Reef dilanjutkan hehehe
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top