TANYA INVERT YANG MENYERAP NITRAT

Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
Dear master reefer,

Saya mau tanya, adakah marine inverts selain Kima yang bisa menyerap nitrat? Apakah jenis jenis kerang lain seperti scallops dan kerang2 biasa yg kita makan juga menyerap nitrat? Atau mungkin ada jenis invert lain yang bisa menyerap zat sialan ini dari tangki kita? Mohon informasi para master reefer :) thanks
 
Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
eh salah ya, mklm baru mulai nih.

setau ane sih cuma kima deh bro selain itu taneman, atau kerang lain
Nah kerang jenis lain itu kerang yang mana? A

pakah kerang dara?
Screenshots_2014-11-20-19-16-25.png

Remis?
Screenshots_2014-11-20-19-16-40.png

tiram/kerang mutiara?
Screenshots_2014-11-20-19-16-54.png

kerang laut biasa?
Screenshots_2014-11-20-19-17-10.png

Atau scallope/electric seashell?
Scallop.jpg

Nah gimana eyang subur? Mana dari antara mereka yg bisa nyerap nitrat? :oops:
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,277
Likes
102
Gak pake refugium? Hebat....

Masih berkutat dengan nitrat? Caranya bukan dengan mengandalkan invert.

Bikin refugium, isi macro algae. Tetap gak mau pake refugium? Isi tank nya sama Kima banyak2 seperti kata om Chipaco. Isi senia juga yang banyak yak....hasilnya? Nitrate juga pasti masih ada....hahah

Kima banyak di pulau samalona bagian bekalang sebelah kanan. Hati kalo ke sana, jangan merusak SPS yang ada
 
Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
Gak pake refugium? Hebat....

Masih berkutat dengan nitrat? Caranya bukan dengan mengandalkan invert.

Bikin refugium, isi macro algae. Tetap gak mau pake refugium? Isi tank nya sama Kima banyak2 seperti kata om Chipaco. Isi senia juga yang banyak yak....hasilnya? Nitrate juga pasti masih ada....hahah

Kima banyak di pulau samalona bagian bekalang sebelah kanan. Hati kalo ke sana, jangan merusak SPS yang ada
Hahaha iya, sementara rutin ganti aer seminggu sekali 15-25%, makanya pen cari yg bisa nyerap nitrat biar ganti aernya bisa lebih lama:D

Kayaknya yg di pulau samalona SPSnya dah rusak semua, terakhir snorkling disana dah pada ancur semua SPS nya:oops:, emang kima yg di pulau samalona boleh diambil yah?
 
Top