tanya tentang overflow box

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
dari kmren ane tanya2 tentang sump
sampai hari ini ane dateng ke toko aquarium dan kt dia tank akrilic ga bisa di buatkan sump
karena bawanya akrilic jadi ga bisa di jebol
ane dapet cara lain dr forum sebelah
disuruh pake overflow box
pertanyaan ane
efektif ga sih?
harganya brp?
merk apa yg ngeluarin?
kalo ada malah info tmpt belinya di tangerang?

oh yakalo pake canister bagusan mana??
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
ga bisa jebol dibawah kan tinggal jebol dibelakang..overflow box ngerepotin..bikin deg2an..
 

chipaco

Active Member
Joined
31 March 2008
Messages
3,666
Likes
7
Sekedar saran buat TS, jika terkendala krn pemakaian acrylic tank OFB pilihan tepat. Hanya saja jika mmg tank sudah beli jadi (Pabrikan) misal BOYU, NISSO, VISSO< EHEIM dll harus dicocokkan dulu dgn brace nya.

Sponsor disini juga ada yg sudah jual OFB pabrikan dan DIY. Saya sudah pakai 1 th lebih DIY sponsor dan belum ada masalah saat ini.

Salam
 

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
Pakai overflow box tambahan dan sirkulasinya pakai pipa overflow. Ga perlu ngelubangi tank lagi. Asal paham kerja pipa overflow dan bisa ngatur ketinggian sisir dan ketinggian inlet dan diameter pipa overflow lalu disesuain ama tinggi air pas semua pump mati (biar ga luber), kayanya bisa lancar jaya lah.
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
Sekedar saran buat TS, jika terkendala krn pemakaian acrylic tank OFB pilihan tepat. Hanya saja jika mmg tank sudah beli jadi (Pabrikan) misal BOYU, NISSO, VISSO< EHEIM dll harus dicocokkan dulu dgn brace nya.

Sponsor disini juga ada yg sudah jual OFB pabrikan dan DIY. Saya sudah pakai 1 th lebih DIY sponsor dan belum ada masalah saat ini.

Salam
saya beli tank pabrikan leo
yg di maksud brace apa ya?
boleh PM merk + harganya?
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
Pakai overflow box tambahan dan sirkulasinya pakai pipa overflow. Ga perlu ngelubangi tank lagi. Asal paham kerja pipa overflow dan bisa ngatur ketinggian sisir dan ketinggian inlet dan diameter pipa overflow lalu disesuain ama tinggi air pas semua pump mati (biar ga luber), kayanya bisa lancar jaya lah.
nah maksud ane juga gtu
ane pengen beli langsung ke tokonya biar bisa konsultasi
kalo beli online ntr malah ga kepake takutnya
 

L34F_angel

Active Member
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
Takutnya salah persepsi ...

Overflow box itu perangkat pembantu untuk bisa mengalirkan air dari maintank ke sump bro tanpa harus ngebolongin akua heendi, Jadi tetep perlu sump


~ Salam ~
 

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
Saya baru ngeh kalimat di atas (om TS), rencana awal yg dibolongin sumpnya atau main tanknya? Kalo dah punya tank (main tank/akuarium utama) yg model akrilik dan syang dibolongin solusi ya pakai overflow box utk tempat taro pipa overflow yg mengalir ke sump. Jadi overflowbox iitu bukan sump.

Klo di daerah tangerang coba ke istana laut aja, di trit oot ada tuh kalo mau tahu alamat lengkapnya. Si empunya toko bisa kok bikinin sumpnya. Klo sump dari akrilik kayanya sush nempelin sekat2nya.
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
Takutnya salah persepsi ...

Overflow box itu perangkat pembantu untuk bisa mengalirkan air dari maintank ke sump bro tanpa harus ngebolongin akua heendi, Jadi tetep perlu sump


~ Salam ~
owalah selama ini ane pikir overflow box itu box sump external
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
Saya baru ngeh kalimat di atas (om TS), rencana awal yg dibolongin sumpnya atau main tanknya? Kalo dah punya tank (main tank/akuarium utama) yg model akrilik dan syang dibolongin solusi ya pakai overflow box utk tempat taro pipa overflow yg mengalir ke sump. Jadi overflowbox iitu bukan sump.

Klo di daerah tangerang coba ke istana laut aja, di trit oot ada tuh kalo mau tahu alamat lengkapnya. Si empunya toko bisa kok bikinin sumpnya. Klo sump dari akrilik kayanya sush nempelin sekat2nya.
yah justru kmren ane konsultasi ke istana laut
kt bapak2nya akrilic ga bisa di bolongin ( main tank) bukannya saya sayang
jadi saya mesti beli overflowbox yg mana ? a.jpg apa ini? c.jpg
 
Joined
6 August 2011
Messages
170
Likes
0
comb itu sisir pak, cuma sebagai alat penghalang saja supaya ikan atau kotoran besar tdk ikut nyemplung ke overflow box...

CMIIW para senior
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
gimana ceritanya acrilic kaga bisa dibolongin? tank2 di rc yang akrilicnya tebel 5cm aja bisa dibolongin..ngebolonginnya malah lebih gampang dari kaca..kalo kaga sayang sih ya bolongin aja..banyak yang punya pengalaman ga enak sama beginian..banjir lah..ga restart lah..menurut saya sih pake beginian bukan ga ada trouble, tapi nunggu trouble..hehe.kalo ada pilihan untuk bor mending bor deh..
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
gimana ceritanya acrilic kaga bisa dibolongin? tank2 di rc yang akrilicnya tebel 5cm aja bisa dibolongin..ngebolonginnya malah lebih gampang dari kaca..kalo kaga sayang sih ya bolongin aja..banyak yang punya pengalaman ga enak sama beginian..banjir lah..ga restart lah..menurut saya sih pake beginian bukan ga ada trouble, tapi nunggu trouble..hehe.kalo ada pilihan untuk bor mending bor deh..
dia ga berani bolonginnya
sampe hari ini ane ga tenang H2C bangun tidur langsung buru2 liat ikan
bolonginnya di tmpt tukang kaca bisa ga?
 
Joined
6 August 2011
Messages
170
Likes
0
daripada harap2 cemas terus....
daripada sayang bolongin aqua acrylic...
apa tdk lebih baik bikin aja lagi aquarium dari kaca dgn desain sesuai permintaan...mau ukuran brp pun bisa, mau bolongan di bagian manapun juga tinggal mesan...

kok kayaknya dari awal repot banget ya ngurusin 1 aqua kecil aja...

mesen sebuah aquarium kaca kan juga gak mahal pak... apalagi kalo panjangnya cuma 60cm...
 

heendi

New Member
Joined
7 August 2011
Messages
50
Likes
0
daripada harap2 cemas terus....
daripada sayang bolongin aqua acrylic...
apa tdk lebih baik bikin aja lagi aquarium dari kaca dgn desain sesuai permintaan...mau ukuran brp pun bisa, mau bolongan di bagian manapun juga tinggal mesan...

kok kayaknya dari awal repot banget ya ngurusin 1 aqua kecil aja...

mesen sebuah aquarium kaca kan juga gak mahal pak... apalagi kalo panjangnya cuma 60cm...
yah betul juga sih
kalo bikin sump kecil kira2 kena brp ya?
 
Top