tanya tentang overflow box

Discussion in 'Filtration and Other Equipment' started by heendi, 9 August 2011.

  1. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    dari kmren ane tanya2 tentang sump
    sampai hari ini ane dateng ke toko aquarium dan kt dia tank akrilic ga bisa di buatkan sump
    karena bawanya akrilic jadi ga bisa di jebol
    ane dapet cara lain dr forum sebelah
    disuruh pake overflow box
    pertanyaan ane
    efektif ga sih?
    harganya brp?
    merk apa yg ngeluarin?
    kalo ada malah info tmpt belinya di tangerang?

    oh yakalo pake canister bagusan mana??
  2. E_2091

    E_2091 Moderator Staff Member

    Joined:
    8 September 2008
    Messages:
    9,000
    ga bisa jebol dibawah kan tinggal jebol dibelakang..overflow box ngerepotin..bikin deg2an..
  3. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    sama aja blkgna kan juga akrilic
    ngerepotinnya gmn ?
  4. chipaco

    chipaco Active Member

    Joined:
    31 March 2008
    Messages:
    3,666
    Sekedar saran buat TS, jika terkendala krn pemakaian acrylic tank OFB pilihan tepat. Hanya saja jika mmg tank sudah beli jadi (Pabrikan) misal BOYU, NISSO, VISSO< EHEIM dll harus dicocokkan dulu dgn brace nya.

    Sponsor disini juga ada yg sudah jual OFB pabrikan dan DIY. Saya sudah pakai 1 th lebih DIY sponsor dan belum ada masalah saat ini.

    Salam
  5. adhe

    adhe Active Member

    Joined:
    24 June 2009
    Messages:
    2,030
    Pakai overflow box tambahan dan sirkulasinya pakai pipa overflow. Ga perlu ngelubangi tank lagi. Asal paham kerja pipa overflow dan bisa ngatur ketinggian sisir dan ketinggian inlet dan diameter pipa overflow lalu disesuain ama tinggi air pas semua pump mati (biar ga luber), kayanya bisa lancar jaya lah.
  6. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    saya beli tank pabrikan leo
    yg di maksud brace apa ya?
    boleh PM merk + harganya?
  7. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    nah maksud ane juga gtu
    ane pengen beli langsung ke tokonya biar bisa konsultasi
    kalo beli online ntr malah ga kepake takutnya
  8. L34F_angel

    L34F_angel Active Member

    Joined:
    30 August 2010
    Messages:
    3,009
    Takutnya salah persepsi ...

    Overflow box itu perangkat pembantu untuk bisa mengalirkan air dari maintank ke sump bro tanpa harus ngebolongin akua heendi, Jadi tetep perlu sump


    ~ Salam ~
  9. adhe

    adhe Active Member

    Joined:
    24 June 2009
    Messages:
    2,030
    Saya baru ngeh kalimat di atas (om TS), rencana awal yg dibolongin sumpnya atau main tanknya? Kalo dah punya tank (main tank/akuarium utama) yg model akrilik dan syang dibolongin solusi ya pakai overflow box utk tempat taro pipa overflow yg mengalir ke sump. Jadi overflowbox iitu bukan sump.

    Klo di daerah tangerang coba ke istana laut aja, di trit oot ada tuh kalo mau tahu alamat lengkapnya. Si empunya toko bisa kok bikinin sumpnya. Klo sump dari akrilik kayanya sush nempelin sekat2nya.
  10. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    owalah selama ini ane pikir overflow box itu box sump external
  11. Moammar Khadafi

    Moammar Khadafi New Member

    Joined:
    6 August 2011
    Messages:
    170
    ini lho gambar produk overflow box external... beli tinggal pasang saja....plug n play

    [​IMG]
  12. Moammar Khadafi

    Moammar Khadafi New Member

    Joined:
    6 August 2011
    Messages:
    170
    overflow box itu hanyalah "jalan" penghubung air dari Main tank menuju SUMP...

    jadi tetep butuh sump...

    kecuali bapak ga pakai sump, ya ga butuh overflow box jenis internal maupun external....
  13. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    yah justru kmren ane konsultasi ke istana laut
    kt bapak2nya akrilic ga bisa di bolongin ( main tank) bukannya saya sayang
    jadi saya mesti beli overflowbox yg mana ? a.jpg apa ini? c.jpg
  14. Moammar Khadafi

    Moammar Khadafi New Member

    Joined:
    6 August 2011
    Messages:
    170
    yg kanan itu bukan overflow box, tapi overflow comb...beda lho...
  15. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    comb buat apa??
    wah berarti mahal jga ya??
    overflowboxnya aja 550
    blum bikin pumpnya lagi
  16. Moammar Khadafi

    Moammar Khadafi New Member

    Joined:
    6 August 2011
    Messages:
    170
    comb itu sisir pak, cuma sebagai alat penghalang saja supaya ikan atau kotoran besar tdk ikut nyemplung ke overflow box...

    CMIIW para senior
  17. E_2091

    E_2091 Moderator Staff Member

    Joined:
    8 September 2008
    Messages:
    9,000
    gimana ceritanya acrilic kaga bisa dibolongin? tank2 di rc yang akrilicnya tebel 5cm aja bisa dibolongin..ngebolonginnya malah lebih gampang dari kaca..kalo kaga sayang sih ya bolongin aja..banyak yang punya pengalaman ga enak sama beginian..banjir lah..ga restart lah..menurut saya sih pake beginian bukan ga ada trouble, tapi nunggu trouble..hehe.kalo ada pilihan untuk bor mending bor deh..
  18. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    dia ga berani bolonginnya
    sampe hari ini ane ga tenang H2C bangun tidur langsung buru2 liat ikan
    bolonginnya di tmpt tukang kaca bisa ga?
  19. Moammar Khadafi

    Moammar Khadafi New Member

    Joined:
    6 August 2011
    Messages:
    170
    daripada harap2 cemas terus....
    daripada sayang bolongin aqua acrylic...
    apa tdk lebih baik bikin aja lagi aquarium dari kaca dgn desain sesuai permintaan...mau ukuran brp pun bisa, mau bolongan di bagian manapun juga tinggal mesan...

    kok kayaknya dari awal repot banget ya ngurusin 1 aqua kecil aja...

    mesen sebuah aquarium kaca kan juga gak mahal pak... apalagi kalo panjangnya cuma 60cm...
  20. heendi

    heendi New Member

    Joined:
    7 August 2011
    Messages:
    50
    yah betul juga sih
    kalo bikin sump kecil kira2 kena brp ya?

Share This Page