tanya tetang bintang laut (newbie)

Joined
2 December 2008
Messages
16
Likes
0
sylar said:
bos gmn ya cara memelihara bintang laut ? makanan'y apaan ya ? and kehidupan dia gmn. mohon penjelasannya.
kayanya pake coral food additive mohon senior semua di koreksi kalau salah
 

windy

New Member
Joined
28 August 2008
Messages
350
Likes
1
sylar said:
bos gmn ya cara memelihara bintang laut ? makanan'y apaan ya ? and kehidupan dia gmn. mohon penjelasannya.
slaam kenal pak sylar..hati2 kalau mau pelihara bintang laut, kalau bapak ada punya koral. nanti dia bisa singgah di koral, karena makanan bintang laut yang alami adalah lumut pak, tapi kalau bapak orientasinya FOWLR, ga; ada masalah, yang jadi masalah kalau bapak ada terumbu... :smt003
 

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
kevindouvent said:
@ntony !eonardo said:
Bintang laut gak usah dikasih makan juga gak apa. Dia makanin sisa.
Ha?makanin sisa apa pak?saya juga rencana pingin beli bintang laut cuma gk tau makannya.
bintanglaut gak terlalu sulit asal air bagus, jenis bintang laut yg gampang dipiara sih bintanglaut pasir.
 
Joined
25 August 2010
Messages
147
Likes
1
Ozone said:
kevindouvent said:
@ntony !eonardo said:
Bintang laut gak usah dikasih makan juga gak apa. Dia makanin sisa.
Ha?makanin sisa apa pak?saya juga rencana pingin beli bintang laut cuma gk tau makannya.
bintanglaut gak terlalu sulit asal air bagus, jenis bintang laut yg gampang dipiara sih bintanglaut pasir.
Yg warna putih ya?
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
bintang laut paling gampang tuh bintang ular..yang tangan panjang2 dan gerakannya gesit..bintang yang seperti pada bitnang umumnya agak susah..karena kadang ga mau makan..termasuk problem parasit..jadi biasa mati pelan2..
 
Joined
24 May 2010
Messages
1,532
Likes
23
sekalian mo tanya nih.... saya juga punya 2 bintang laut, pertama x punya bintang laut pasir di aqua laut pertama tetapi hingga sekarang -/+ 1 tahun menghilang tanpa jejak, tetapi setelah saya telusuri bagian belakang ada bekas seperti telapak menyerupai bintang laut py sudah pudar dan berbekas seperti tanda ada di atas LR kecil.... nah pas kejadian itu saya memelihara lagi tetapi berwarna hitam, baru -/+ 3 bulan, biasa'a agresif pindah2 tetapi sudah 3 hari tidak bergerak..... apa mati ? saya pegang kok berlendir ya.... trz, saya coba pindahin ke tempat yg lebih terang dan bergerak. itu kenapa ya...? mohon pencerahan
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,414
Likes
64
Hi Rully_Drummers,

Saya tidak yakin karena belum pernah memelihara bintang laut yg hitam. Tapi kalau berlendir dan tidak bergerak biasanya stress. Hal ini bisa dari berbagai hal misalnya ada yang mengganggu (kepiting) atau parameter yg kurang sesuai.

Saran saya diperhatikan terus untuk sementara waktu.

Maaf tidak bisa membantu banyak
 
Joined
24 May 2010
Messages
1,532
Likes
23
ini adalah bintang laut yg pertama



dan ini yg berwarna hitam....



mungkin dari parameter air x ya.... sebab sudah beberapa hari skimmer mengeluarkan busa banyak, padahal 2 minggu sekali ganti air,
tiap hari cie saya perhatikan, mungkin lebih baik saya pindahkan dulu ke aqua yg lebih kecil.

pengaruh dengan microbuble ga? semenjak ganti kipas PH untuk skimmer, microbouble yang ada di aqua makin banyak... gelembung udara halus yg ada di aqua.
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
yg pertama tu bintang laut pasir. yg kedua kemungkinan seh bintang laut yg oranye yg suka ada bintik2 coklatnya, tu emang kemungkinan bs jd item/coklat. lupa nama latinnya... cmiiw.
 
Joined
18 June 2009
Messages
153
Likes
0
halo brothers.. mau tanya apakah sama bristle star sama bristle worm? bristle star itu parasit bukan yah? ada muncul 1 di tank saya ngeri2 juga liat bentuknya kirain bristle worm langsung aja tak potong kakinya 1
 

lost-id

Super Moderator
Staff member
Joined
17 November 2009
Messages
1,495
Likes
30
Hallo all,
Bintang laut itu filter feeder, gak perlu dikasih makan khusus kayak ikan. Dia makan sisaan dibawah, plankton dan lumut dikaca.
Gak ganggu koral kayaknya, paling cuman ciut aja kalo pas dilewatin. Saya piara bintang pasir, oren yg kecil sama merah putih yg sedeng, semua ada di maintank. Nah kalo bintang laut yg gede2 belom pernah piara tuh.
Salam
Wawan
 
Top