Udang api friendly kah?

5-ky

Member
Joined
20 April 2008
Messages
91
Likes
0
Barusan beli udang api, apakah bisa dicampur dengan udang pelet?apakah udang api termasuk udang pembersih jg seperti udang pelet?thx
 

yovan84

New Member
Joined
7 May 2009
Messages
23
Likes
0
5-ky said:
Barusan beli udang api, apakah bisa dicampur dengan udang pelet?apakah udang api termasuk udang pembersih jg seperti udang pelet?thx
beli di mana?
gw jg br beli ari ini d kartini,kebetulan di akua gw dah ada udang MP ma udang pelet.
tp udang pelet&udang api g td dimatiin ma udang MP.
jadi klo udang pelet tdk bahaya buat jenis2 udang laen.tp udang MP ga bs digabung ma udang laen kayanya.skrng udang MP gw dah dikarantina,tgl 1 dech udang pelet gw.
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
pengalaman di aquarium saya, udang api tdk pernah nyerang udang pelet. saya punya dua udang pelet, satu udang api, dan satu udang wayang. semuanya sampe sekarang aman2 aja tidak pernah saling serang. justru udang pelet sewaktu dulu ada 3 ekor (jumlah-nya ganjil), ada satu yang dihajar habis2an oleh sesamanya sampe mati.

di aquarium saya, udang api kerjaannya juga ngumpet mulu. baru aktif pas malam hari, sama seperti udang wayang.
 

5-ky

Member
Joined
20 April 2008
Messages
91
Likes
0
wah thx atas info-nya teman2...kta yg jual kmrn udang api bisa dicampur dengan udang pellet...saya jg pernah liat di aqua penjual (tempat lain) jg pernah dicampur dengan udang pellet tp fine2 aja..saya belinya di jogja,krn tinggalnya jg di jogja...skrg udangnya memang masih saya karantina,nunggu info dr teman2 dulu...
Udang api keren!
 
Joined
8 January 2009
Messages
752
Likes
0
udang api vs udang mp vs udang pellet = aman
tapi udang api vs ikan ikan = berbahaya
kurang asem yg dah jadi korban banyak bgt, udang ini aktifnya di malam hari
korbannya diantaranya :
jabing kuning, botana kasur m, botana kuning s, moris idol, roket anten, dll
semua korbanya badannya habis terkoyak di malam hari, sekarang yg akan segera menyusul ikan dokter, tadi pagi gw liat badannya dah bolong meskipun masih mau makan.
pernah gw pancing pake potonga udang di iket pake benang yg ada benang di tarik ke dalem LR dan putus, gile bener tenaganya nih udang.
pokoke not rekomen lah, kecuali di pisah miaranya
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
masak seganas itu udang api?
punya saya aman2 aja tuh. malah cenderung pemalu tuh. :wink:

emang segede apa udang apinya?
kayak gini kan bentuknya?

courtesy of Liveaquaria.com
 
Joined
20 March 2007
Messages
814
Likes
1
saya termasuk selalu gagal piara udang ini, hampir g pernah kluar, selalu sembunyi. Padahal g da udang lain d tank, g lebih dari 1 minggu slalu mati...
selama ada udang ini, ikan aman2 saja, g da yg mati.. padahal ada ikan mandarin yg relatif lamban pergerakannya.
kayanya udang ini friendly bwt ikan...
pa kiev, apa ada tips khusus spaya udang ini bertahan lama di tank? makanannya apa pa?

salam,
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
tip khusus sih gak ada pak gis. saya pun gak secara khusus kasih makan udang ini. paling dia-nya cari2 pelet yang terlanjur jatuh gak sempet di makan ikan. klo saya lagi rajin aja kadang kasih cincangan udang. he2.. udang kok makan udang... :lol:

mungkin yang perlu diperhatiin sewaktu awal memasukkan udang ini ke aquarium kita. aklimasi dulu suhunya. trus setelah itu, buka plastik, tambahkan air dari aquarium kita pelan2 sedikit-sedikit, ini untuk aklimasi pH. setelah itu buang sedikit air dari plastik-nya, lalu masukkan ke aquarium.
 
Joined
20 March 2007
Messages
814
Likes
1
thx pa kiev, aklimatisasi memang kurang saya perhatikan... mau dcoba lg kalo nemu ada udang ini lg... :wink:

salam,
 
Joined
8 January 2009
Messages
752
Likes
0
kiev said:
masak seganas itu udang api?
punya saya aman2 aja tuh. malah cenderung pemalu tuh. :wink:

emang segede apa udang apinya?
kayak gini kan bentuknya?

courtesy of Liveaquaria.com
wah koq gambarnya beda yah...?
udang saya warnanya merah juga tapi capitnya agak besar (kayak lobster) apa mungkin namanya bukan udang api kali yah...? gak tau deh namanya ap :(
tapi yg jelas kapok piara udang yg aneh2 selain udang pellet.
ukuran udang ini kira2 sekarang +- 7cm, capitnya gendut kayak kepiting
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
wah koq gambarnya beda yah...?
udang saya warnanya merah juga tapi capitnya agak besar (kayak lobster) apa mungkin namanya bukan udang api kali yah...? gak tau deh namanya ap
berarti punya bapak itu bukan udang api pak.
klo udang seperti yang bapak bilang, memang sebaiknya gak dipelihara di aquarium yang isinya campuran dengan ikan ato jenis udang lain.

klo mo yang aman dipelihara yah menurut saya adalah udang pelet, udang api dan udang wayang. klo udang MP masih termasuk agresif bagi saya.
 

Toba

Member
Joined
11 April 2009
Messages
383
Likes
0
punya bapak yang mana?

Hymenocera picta
Common name: harlequin shrimp


Lysmata debelius
Common name: fire shrimp, scarlet shrimp, blood shrimp


Lysmata wurdemanni
Common name: peppermint shrimp


Panulirus sp.
Common name: purple spiny lobster


Periclimenes sp.
Common name: anemone shrimp

ato lebih bagus masukin image nya pak, biar kita belajar juga :smt002
 

pambudi78

New Member
Joined
6 May 2009
Messages
8
Likes
0
The_Amazing_Renno : klo yg bapak bilang punya capit mgkn itu udang agung. saya pernah punya tapi akhirnya saya keluarin dari aq soale bikin sarang/lubang dibawah karang besar banget lubangnya, sampe karang miring ampir ambruk. emang dia rada usil suka nyapit ikan yg lewat deket dia..





____________________________________________________________
pecinta udang sekaligus penikmat seafood khususnya udang saos tiram!
 

pambudi78

New Member
Joined
6 May 2009
Messages
8
Likes
0
ada yg bisa nampilin gambar udang2 yg hidup di perairan indonesia ga? kebetulan pengen koleksi udang nih.. saya udah ada udang pelet, udang ornamental (udang lobster), udang badut (clown shrimp), sm udang wayang.
lagi nyiapin aq satu lg, buat miara udang api, udang MP, udang semar sm udang anemon (pernah miara tapi mati gara2 anemonnya sy keluarin, ga tau apa harus ada anemon atau ngga).

NB : kapok piara udang agung kecuali pnya aq terpisah buat dia sendiri.

___________________________________________________________
pecinta udang sekaligus penikmat seafood khususnya udang saos tiram!
 
Joined
8 January 2009
Messages
752
Likes
0
pambudi78 said:
The_Amazing_Renno : klo yg bapak bilang punya capit mgkn itu udang agung. saya pernah punya tapi akhirnya saya keluarin dari aq soale bikin sarang/lubang dibawah karang besar banget lubangnya, sampe karang miring ampir ambruk. emang dia rada usil suka nyapit ikan yg lewat deket dia..





____________________________________________________________
pecinta udang sekaligus penikmat seafood khususnya udang saos tiram!

udang saya warnanya merah agak pink, totol totol merah tua, mungkin masuk kategori lobster kali yah....?
heran bener aj kemaren setelah sekian banyak ikan saya jadi korban, bertambah korban 1 lagi ikan torpedo (katanya yg jual sih) hilang entah kemana tanpa sisa, yg ada selang 1 hari ada kulit udang, ternyata tuh udang ganti kulit yg menandakan makin sehat aj doi :(
gimana cara nangkepnya yah...? soalnya gak pernah keluar nih udang, kalo mo ngeliat juga musti malem dan pake senter di antara LR baru keliatan itu juga paling liat capitnya atow kumisnya, soalnya doi selalu nyumpud.
 

Toba

Member
Joined
11 April 2009
Messages
383
Likes
0
bung reno, gimana kalo ditombak aja? sampe hati gak? pilihannya ikan pada koit, ato satu pengacau koit? Tapi coba dulu tangkap pake capitan, bisa nggak.
 
Joined
8 January 2009
Messages
752
Likes
0
Toba said:
bung reno, gimana kalo ditombak aja? sampe hati gak? pilihannya ikan pada koit, ato satu pengacau koit? Tapi coba dulu tangkap pake capitan, bisa nggak.
boro boro di tombak apalagi di tangkep hidup2 pak, ngeliatnya aja kudu pake senter malem2 di balik LR, masak saya musti bongkar semua LR saya trus setup ulang :(
kemaren ini dah seneng ngeliat ada udang terkapar di pojokan, setelah di serok ternyata cuma kulitnya doank :( ini berarti doi tambah besar, bukannya mati malah sehat.
 
Top