tempat aquarium air laut di Bandung

arco

New Member
Joined
6 February 2007
Messages
189
Likes
0
RAPIER said:
bisa tapi kena biaya 35rb terserah mo kirim berapa pun maks 20 jerigen. Memang ikan coral murah tapi bru datang dah di jual lagi jadi masih stress. Klo nursijan di buka cuma nekan bel nya harus rada kenceng.
maksudnya gimana kang? :?:

apa 35 rb 20 jerigen ....... mau dong he he he :D
Maksud saya mau ngirim jerigen 1 jerigen sama 15 ato 20 jerigen sama aja, biayanya 35rb dan termasuk service ganti air, gosok kaca.
 

arco

New Member
Joined
6 February 2007
Messages
189
Likes
0
Eudene said:
bisa tapi kena biaya 35rb terserah mo kirim berapa pun maks 20 jerigen. Memang ikan coral murah tapi bru datang dah di jual lagi jadi masih stress. Klo nursijan di buka cuma nekan bel nya harus rada kenceng.


Trus solusi untuk menghilangkan stress ikannya kumaha kang??? :( sy belum ngerti bener......
Maksud saya bukan supaya ga stress, maksud sy klo beli ikan di kopo tuh ikannya masih baru datang trus langsung di jual lagi, tapi klo di nursijan ikan nya stock lama jadi biasanya udah mau makan sehingga kemungkinan matinya lebih kecil. Selain itu di nursijan harga ikannya tidak berbeda jauh. Karena saya pernah beberapa kali beli ikan di kopo cuma sebentar dah mati.
 
G

Guest

Guest
arco said:
RAPIER said:
bisa tapi kena biaya 35rb terserah mo kirim berapa pun maks 20 jerigen. Memang ikan coral murah tapi bru datang dah di jual lagi jadi masih stress. Klo nursijan di buka cuma nekan bel nya harus rada kenceng.
maksudnya gimana kang? :?:

apa 35 rb 20 jerigen ....... mau dong he he he :D
Maksud saya mau ngirim jerigen 1 jerigen sama 15 ato 20 jerigen sama aja, biayanya 35rb dan termasuk service ganti air, gosok kaca.
salam kenal juga kang Eudene..
wah, sudah dijawab dengan baik oleh bung arco (salam kenal bung)..
bener tuh, 35rebu sekali jalan antar, tapi ga tau ya, mungkin tergantung jarak juga (ada konfirmasi bung arco?), waktu itu saya nanya "kalo antar ke sarijadi".. saya sendiri belum pernah pake delivery-nya, kebetulan waktu itu ada teman yang antar, jadi cuma nanya doang, mungkin kapan2 delivery berhubung saya cuma punya motor..
kalo nursijan antar gratis (kalo ga salah), tapi minimal 8 derijen..
 
G

Guest

Guest
arco said:
Eudene said:
bisa tapi kena biaya 35rb terserah mo kirim berapa pun maks 20 jerigen. Memang ikan coral murah tapi bru datang dah di jual lagi jadi masih stress. Klo nursijan di buka cuma nekan bel nya harus rada kenceng.


Trus solusi untuk menghilangkan stress ikannya kumaha kang??? :( sy belum ngerti bener......
Maksud saya bukan supaya ga stress, maksud sy klo beli ikan di kopo tuh ikannya masih baru datang trus langsung di jual lagi, tapi klo di nursijan ikan nya stock lama jadi biasanya udah mau makan sehingga kemungkinan matinya lebih kecil. Selain itu di nursijan harga ikannya tidak berbeda jauh. Karena saya pernah beberapa kali beli ikan di kopo cuma sebentar dah mati.
yup, di kopo, ikan2nya biasanya langsung dicemplung ga pake diasingkan dulu..
trus, di nursijan ada juga lho ikan yang harganya lebih murah, ga meriksa semua sih, tapi yang saya ingat dakocan di nursijan cuma 2500 perak sedangkan di kopo 3500 perak yang sarap di karapitan 5000 (!!!), tegalega 6500 (sial, saya beli disini..!! sepasang pula..!!)..
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
salam kenal bung joex.. orang sarijadi juga nih? :lol:
di kopo memang ikan suka baru dateng sudah dijual tapi kalau kita pintar memilih dan tidak terlalu tergesa2 bisa koq dapat ikan bagus, dan lagi kalau ikan masih di kasih antibiotik (yang kuning) jangan langsung dimasukin aquarium tunggu dulu sehari pake antibiotik baru dibeli :wink:
soalnya pengalaman saya beli ikan disitu sekitar 16 ikan sampai sekarang hanya 3 yang wafat itu pun ada yang karena saya tinggal keluar kota 2minggu :lol: ada yang sekarang usianya hampir 1 th dan ok-ok saja :D
Nursijan asal 8 jirigen bener ni gratis?? ok juga tuh..
 

ef_hart

New Member
Joined
10 November 2007
Messages
124
Likes
0
s

mau tanya bung qodeem
tunggsu sehari ikan yang masi di antibiotik. maksdunya kita beli ikan itu sebelum ko ayong dah masukin ke aq jual trus jangan dikeluarin dari kantong dengan aer warna kuning sampe 1 hari ato kita beli ikan itu setelah dimasukin ke aq jual trus besoknya baru diambil?
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
maksud saya begini,
kalau ada ikan baru dateng biasanya jumat ato sabtu kan tuh kantong masih di antibiotik.. kalau langsung dipilih pas masih dikantong kan biasanya air diganti sama yang putih.. kalo saya ga mau diganti, sebab memang biasanya kan besoknya baru dipajang di aquarium setelah sehari di antibiotik..
jadi saya kalo beli pagi2 (mis. jam8ato 9pagi) minta diganti airnya aja sama air antibiotik baru trus oksigennya dibanyakin pake kantong yang gedean.. nanti malem2 jam 9/10 malem baru deh ikan masuk ttank tapi air kuningnya jangan dimasukin, dibuang..
soalnya ikan biasa kena WS justu pas digabung sama ikan yang lain, jadi kalo masih di kantong individu aman asal pilihnya harus cermat liat kondisi ikan, ada luka/tidak, stress/tidak,dll (kalau ga keburu2 milih pasti dapet yang bagus :wink: kalo ga da yang bagus ya nunggu kiriman berikutnya :lol:
 

ef_hart

New Member
Joined
10 November 2007
Messages
124
Likes
0
S

berarti kurang lebih 12 jam ikan ada di dalem kantong kembung tanpa dibuka. Apa ga stress ikannya? selama itu ada dikantong tanpa dibuka?
mau kepastian neh hehe rada lemot. misalnya: saya datang jam 8/9 pagi hari sabtu trus pilih ikan yang masi di kantong kuning. trus bawa sampe rumah diemin ampe jam 9 mlm (12 jam) trus baru dibuka ya.tul ga?
tanya lagi :
1. selama ini saya pake cara tambah aer per 1cm ampe penuh trus baru masukin ke tank. kalo saya mo kombinasi bisa ga? jadi aer kuning di kantong saya tambah 1 cm pake aer aq ampe penuh. trus baru saya masukin jam 9 mlm itu (tetep 12 jam).
2. dulu saya beranggapan kalo bli ikan lebih baik yang uda bisa makan. nah kalo pake cara bung qodeem brarti semua ikan yang uda di beli awalnya harus diajarin makan dong?
3. selama ini bung qodeem pake cara itu ikan awet brapa lama?

maap banyak tanya soalnya saya sulit sekali bikin ikan bertahan, kalo ada ikan baru kayaknya bibit ws bermunculan. (masi dugaan c)
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
tenang bung ikan kuat koq 24 jam di kantong oksigen asal banyak udaranya :D saya pernah koq gara2 tank belom siap, beli siang baru dibuka pagi besoknya dengan catatan bener2 pake oksigen kagak di- tiup mulut :lol:
biar ga stress taroh di plastik item jadi gelap gitu..
maksudnya ikan di aklimasi? ya lebih bagus asal nanti air kuningnya+air tambahan jangan dimasukin ke tank, dibuang... tapi berarti kantong dikasih aerator dong kalo enggak ya mate ikannya kurang oksigen ga ada pergerakan air / sumber udara
memang ikan yang sudah mau makan lebih baik, tapi apakah tempat penampungan menjamin ikan tidak terkena parasit? kalau di nursijan saya berani ambil yang udah mau makan, soalnya perputaran ikan lambat jadi air lebih stabil tapi kalo di kopo walau tempat favorit saya, perputaran ikan sangat cepat dan yang masuk bisa ikan sehat/ yang bawa parasit jadi yah saran saya pintar2 memilih sebab ada juga ikan yang disana udah seminggu baru saya beli dan aman2 saja..
sebaiknya di aquarium kita sudah ada ikan yang mau makan (saya pertama sudah ada betok ekor kuning yang rakus) nanti lama2 ikan baru ikutan :wink: jadi paling ga tank anda harus mature dulu jadi selama belom mau makan pelet dia bisa makan plankton/ spons/ mahluk kecil lainnya yang ada di tank kita
dan saya berani mengatakan asal kualitas air, cahaya bagus dan ikan mau makan WS bukan masalah pasti hilang dengan sendirinya :wink: saya ikan 2nya bervariasi yang paling baru udah ada 6 bulan dan yang paling lama hampir setahun, biasa belinya nyicil ga langsung barengan :lol:
 

ef_hart

New Member
Joined
10 November 2007
Messages
124
Likes
0
oo

oo gt oke de saya mau coba cara ini. tapi menurut saya memilih ikan yang masi baru datang itu yang jadi kendala, soalnya kita mana bisa tau pergerakan ikan yang sehat di kantong. kan ruang pergerakan kecil? mau tips dong, gmn cara liat bung qodeem memilih ikan yang sehat dikantong? btw saya lagi ngincer keranjang bali neh,kalo situ sering2 ke kopo kasitau ya, soalnya jauh dari lokasi saya yang di ciumbuleuit
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
hehe pake feeling :lol: kalo dah sering liat ikan ketauan koq mana yang sehat apa enggak, lama2 juga terbiasa :D
soal jauh saya juga ga kalah jauh, deket geger kalong, jauh mana? :lol: :lol:
 
Joined
3 January 2008
Messages
489
Likes
0
OY bro ef_hart reefer bdg jg toh? 8)

btw salam kenal aja deh
trs kalo soal nyari ikan.. bener saran bung qodeem harus sabar
jangan terburu buru alias gatel nggak nahan, :D
pernah pengalaman beli ikan saking nggak sabar bwt nyari coperband...... salah beli..... yang ada bukan ngilangin aiptasia .. tapi tuh aq gw abis mulai dari jamur ma polip bintang dihajarin ma dia ( aiptasia tewas.... beserta ma isinya ....) :x
btw berminat ma si monyong butterfly? :?:
 
G

Guest

Guest
qodeem said:
salam kenal bung joex.. orang sarijadi juga nih? :lol:
di kopo memang ikan suka baru dateng sudah dijual tapi kalau kita pintar memilih dan tidak terlalu tergesa2 bisa koq dapat ikan bagus, dan lagi kalau ikan masih di kasih antibiotik (yang kuning) jangan langsung dimasukin aquarium tunggu dulu sehari pake antibiotik baru dibeli :wink:
soalnya pengalaman saya beli ikan disitu sekitar 16 ikan sampai sekarang hanya 3 yang wafat itu pun ada yang karena saya tinggal keluar kota 2minggu :lol: ada yang sekarang usianya hampir 1 th dan ok-ok saja :D
Nursijan asal 8 jirigen bener ni gratis?? ok juga tuh..
salam kenal juga bung qodeem..
iya, bukan sarijadi banget sih, tapi di babakan jeruk, waktu itu saya nyebut "sarijadi" karena saya pikir orang lebih tau sarijadi daripada babakan jeruk..
bener juga sih, asal jago milih mudah2han dapet yang bagus, tapi kadang suka yang males milih gitu, apalagi kalo ikan ukuran kecil dan stok banyak trus ikannya aktif kesana kemari ga bisa diem (walopun itu salah satu ciri ikan sehat).. :smt117
mo nanya, kalo yang dikasi antibiotik, kan warna airnya kuning, susah liatnya, feeling saya belom terasah, hehe.. mohon pencerahannya bung qodeem, maklum, saya juga masih pemula..
yup, kalo ga salah denger sih segitu (8 derijen free delivery), coba aja kontak ke Nursijan-nya 022-4209087..
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
6
Bro, setahu gw antibiotik itu namanya pomate deh...
Bentuknya bubuk n bau puyer. Bisa dibeli kok, bentuknya bungkusan, jadi ikannya bisa dikarantina di aq dgn antibiotik tersbut.


Salam,
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
wah deket dong nih bung joex :D
soal milih ikan susah juga sih jelasinnya, harus sering2 liat ikan biar terbiasa, dan satu lagi jangan mudah tergoda biasanya gara2 napsu meriksa ikannya jadi keburu2 malah ujung2nya tidak dapet yang diharapkan..
nanti di coba de yang di nursijan, thanks buat informasinya..

tlp yang di anggrek 0227201172
 
G

Guest

Guest
Eudene said:
Kang gaduh alamat sareng nio telp anu di jalan anggrek teu? sy ke kopo lg pada jelek barangnya, apa lg di karapitan..... :cry: sy pengen nyari clowfish dimana ya... kang?
nteu gaduh euy.. can pernah ke jalan anggrek..
kalo kopo disarankan akhir pekan datangnya, kata yang punya sih biasanya pada datang yang baru2 hari sabtu/minggu..
kalo karapitan agak ga jelas kapan datang yang baru2nya..



btw, udah dikasi tau sama qodeem tuh..
qodeem said:
tlp yang di anggrek 0227201172
hatur nuhun qodeem..
 
G

Guest

Guest
qodeem said:
wah deket dong nih bung joex :D
soal milih ikan susah juga sih jelasinnya, harus sering2 liat ikan biar terbiasa, dan satu lagi jangan mudah tergoda biasanya gara2 napsu meriksa ikannya jadi keburu2 malah ujung2nya tidak dapet yang diharapkan..
nanti di coba de yang di nursijan, thanks buat informasinya..
deket.. deket.. gerlong mah 10 menit nyampe..
btw, di sekitar gerlong ada yang bisa jadi referensi tempat berburu ikan laut ga? atau di lembang..



qodeem said:
soal milih ikan susah juga sih jelasinnya, harus sering2 liat ikan biar terbiasa, dan satu lagi jangan mudah tergoda biasanya gara2 napsu meriksa ikannya jadi keburu2 malah ujung2nya tidak dapet yang diharapkan..
yup, "mudah tergoda" ini yang bahaya, maklum ikan laut kan bagus2..



qodeem said:
nanti di coba de yang di nursijan, thanks buat informasinya..
sami-sami..
 
Joined
3 January 2008
Messages
489
Likes
0
Kang gaduh alamat sareng nio telp anu di jalan anggrek teu? sy ke kopo lg pada jelek barangnya, apa lg di karapitan..... sy pengen nyari clowfish dimana ya... kang?
bro sya tadi dr kopo abis beli anemon, n liat ada beberapa clown fish tp ukurannya kecil kecil n pada sehat :D

coba aja kesana siapa tau masih ada
 
Top