Alga dan biota yang muncul saat proses Cycling

EdwinXbox

New Member
Mohon arahannya Suhu. Urutan alga saat proses cycling yg muncul di tiap tahapan setiap minggu nya apa aja ya suhu. Supaya bisa jadi panduan. Karena baru mulai air laut. Proses Cycling bau 2 hari :)
 

reef

Administrator
Staff member
Untuk alga yang muncul akan sulit diprediksi tergantung dari alga yang hidup pada liverock yang dimasukkan di dalam akuarium, ataupun adanya alga yang menempel pada koral yang kita masukkan pada aquarium. Selain dari itu bisa juga bibit alga datang dari air laut alam yang tidak tersaring dengan benar dan akhirnya bertumbuh di dalam akuarium.

Namun sebagai panduan awal yang sudah pasti muncul setiap kali membangun akuarium baru adalah alga jenis Diatom yang berwarna coklat.

Diatom akan tumbuh menutupi batu, pasir dan juga kaca, namun tidak perlu kaget ataupun terlalu dibersihkan karena nantinya akan dimakan oleh microorganisme yang ada di dalam akuarium kita. Diatom ini muncul setelah 1 minggu akuarium diisi air laut dan ada karena adanya kandungan silikat yang berlebihan dari pasir, batu dan juga lem kaca.

Semoga membantu
 

Ayipsyarif

New Member
Pak Reef, mau Ikut nanya, setelah 1 - 2 minggu keluar diatom, perlukah diisi jabing atau cleaning crew lain-nya?

Terimakasih
 

Imas novita02

New Member
Bang mau tanya dongg
Langkah awal proses cycling apa aja ya yg dibutuhkan ?
Apa filter harus di isi karang jahe atau yg lainnya ?Hehe masih pemula
Makasih ...
 

arkan

Member
Bang mau tanya dongg
Langkah awal proses cycling apa aja ya yg dibutuhkan ?
Apa filter harus di isi karang jahe atau yg lainnya ?Hehe masih pemula
Makasih ...

pakai dosing bakteri om biar jos nanti
filter usahain jgn pakai karang jahe bisa jadi pabrik nitrate bagusan pakai ring merk ANS udh bagus atau yg PAHE pakai liverock yg hidup di pecahin kasih macro algae ( aseman dll ) kasih lampu kalau main rumputan
intinya filterasi kalau sudah berjalan jangan di rombak2 lg bisa ngamuk nti ,hehehehehe
 

Udinnnn

New Member
Izin bertanya sebelum nya untuk para member di sini, saya baru bermain di aquarium laut, saya menggunakan deadrock, dan sekarang sedang proses cycling yang sedang berjalan hampir 2 minggu, tapi belum menunjukan ada nya alga diatom, saya menggunakan bakteri starter biodigest dan bioptim, apa ada yang salah dengan proses cycling saya ?
 

Asfur

Super Moderator
Staff member
Izin bertanya sebelum nya untuk para member di sini, saya baru bermain di aquarium laut, saya menggunakan deadrock, dan sekarang sedang proses cycling yang sedang berjalan hampir 2 minggu, tapi belum menunjukan ada nya alga diatom, saya menggunakan bakteri starter biodigest dan bioptim, apa ada yang salah dengan proses cycling saya ?

Sabar2 aja om, ngk usah patokan harus keluar diatom, yg penting cycling aja yg bener, pake bactery starter sesuai takaran, stlh cycling 1 bulan, kalo emang si om ada alat tester, yah di tes hasilnya gmn, kalo ngk ada, bisa coba taro ikan2 yg kuat buat ngetes air, taro di sump aja, jadi kalo mau dihibahkan nantinya, msh gampang diambil. Setidaknya, beli ikan betok yg kuat, macem zebra atau dakocan, dipiara juga msh menarik. Mengenai bactery starter sih kalo mnrt sy ngk perlu sampe pake 2 macem barang, buang uang sih mnrt sy, pake salah 1 aja sdh cukup.
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,129
Messages
197,091
Members
10,483
Latest member
fishtank23145463

New Posts

Top