Pemula nanya Karang Anemone berubah warna

Ingrid

New Member
Mau tanya donk… masih pemula nih…Coral anemon tu kenapa suka berubah warna? Kadang coklat kadang hijau apa setres atau lapar atau apa ya?
 

reef

Administrator
Staff member
Halo Ingrid salam kenal. Koral pada umumnya berubah warna tergantung dari kondisi lingkungannya, jadi bisa karena parameter air, cahaya, arus air atau pun karena stress transportasi/handling.

Koral yang baru dibeli dari pedagang biasanya belum lama diambil dari habitat alamnya. Saat diambil koral tersebut mengalami beberapa hal yang membuatnya stress misalnya, penanganan nelayan, diletakkan diatas kapal yang berombak mungkin terjemur matahari, ditaruh di bak penampungan nelayan yang sementara dan akhirnya dimasukkan ke kantong lagi dikirim ke Jakarta untuk dijual oleh para pedagang. Pada saat tiba di fasilitas pedagang biasanya masih memiliki warna yang cukup cerah karena waktu yang pendek dari pengambilan hingga sampai di pedagang, tapi stress yang dialami sudah banyak dan itu mengakibatkan koral kehilangan warnanya.

Apa bila diberikan kondisi yang optimal yaitu suhu air maksimum 26 derajat, dan parameter air yang ideal maka warna tersebut bisa kembali lagi seperti pada awal di habitatnya atau bahkan lebih baik lagi.

Terima kasih
 

reef

Administrator
Staff member
Biasanya karena stress dan masih baru. Untuk karang anemone yang sehat biasanya tentakelnya menutupi atau melindungi mulutnya.
 

Ingrid

New Member
Sudah mati kak yg sehat sisa 3, karang anemon makan apa si kak? Makan coral itu yg diracik asa kotorin tank ga d masukin kemulut tp mulutnya buka kecil
 

reef

Administrator
Staff member
Ok, kita coba mudah2an yg sisa 3 bisa hidup ya. Untuk makanan padat tidak wajib sebenarnya, bisa juga dibantu dengan supplement amino acid yang diteteskan di akuarium.

Tapi kalau kurang sehat sebaiknya jangan diberikan makan dulu. Suhu air di akuariumnya berapa saat ini?
 

Ingrid

New Member
Yang karang anemon bagus ini 3 suhu d 24-25 maksimalnya, yang ga sehat anemon mogok makan dan tentakelnya mengecil. Di kasih makan dy keq oleng kapten gt entah kenapa dy
 

reef

Administrator
Staff member
Untuk karang anemone yang kurang sehat coba di-dip dengan iodine, bisa beli yg khusus untuk akuarium air laut untuk dip coral.
 

Members online

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top