My New Aqua 95 x 45 x45 fr Serpong Tangerang

ronnienjo

New Member
Keterangan:
Tank : 95x45x45
Filter : sump di bawah MT, isi sump cuma skimmer Jebo 180, dan return pump ditambah refug
Lampu : 2 lampu T5 biru, dan 2 lampu T5 putih
Wave maker : Sunsun 101
Cycle : 3 minggu
Suhu : 25 - 27 (Krn Aqua berada di ruangan ber AC )

Biota

2 Otak otak
1 Donat
karang piring
2 jamur
2 babut

ikan 4 buah biru (ngga tau namanya)
ikan 2 hitam putih (ngga tau namanya)
1 Balong
1 Manis
1 kuning zebra ( ngga tau namanya)

Mohon saran dan masukannya.....soalnya sangat baru sekali ini......teima kasih sebelumnya

Ini Penampakannya:

rz2.jpg

rz3.jpg

rz4.jpg

rz5.jpg
 

adiprast

Member
Bagus pak..bersih tanknya..saran sih skimmer ganti yg agak bagusan gak harus yg branded yg kinerjanya bagus aja banyak pilihan di sponsor ambil yg lagi promo2 lumayan dapat murah, kalau jebo 180 mau dimodif kayak apa gak ada efek hasilnya.., trus stop penambahan biota dulu masa cycling belum habis justru di minggu ke 3 ini naik2nya nitrat phospat, amati yg terjadi di tank..kalau boleh tau system filtrasinya bagaimana??
 

loneswords

New Member
sharing pengalaman dengan pake jebo dan pake Skimmer upgrade... sekarang di Sump air jadi bersih sekali Pak setelah jebonya diganti :)... padahal dulu saya pakai jebo yang modifikasi.. tetapi rasanya pengaruhnya kecil sekali pak. Semoga membantu.
 

adhe

Active Member
Ikannya preman semua pak, tapi cakep juga tuh ikan preman digabung jadi 1. Saran jagn tambah ikan lagi (meski dah lwat masa cyling). Apa tank sudah mengalami masa booming algea pak? Keliatannya masih bersih2 aja pasirnya. Pengalaman sya waktu cyling dlu di minggu ke 2-3, permukaan pasir lagi kena algea coklat parah tuh.

Salam
 

bot'ky

Member
sharing pengalaman dengan pake jebo dan pake Skimmer upgrade... sekarang di Sump air jadi bersih sekali Pak setelah jebonya diganti :)... padahal dulu saya pakai jebo yang modifikasi.. tetapi rasanya pengaruhnya kecil sekali pak. Semoga membantu.

kalau di MT jadi bersih ga om? kok malah sump yang bersih hahaha
 

mantarayknightmare

Active Member
skimmer jebo 180 ngk bakal kuat buat handle tank segede itu
lagian se edan2 nya di modif tetep ngk bakal an bagus ,

mending beli invest yg skimmer rada besar . ngk bakal nyesel beli skimmer bagus .
invest di biota tar lama2 bakal jadi mahal , kalo biota nya pada mokat tar nyesel
 

ronnienjo

New Member
terima kasih untuk saran saran dari para master master....sy cb respon beberapa pertanyaan :

- Dalam proses cycling antara 2 - 3 minggu memang terjadi penampakan algea coklat...cm pernah sekali saya ratakan dengan pasirnya...jadi algea coklatnya kayaknya ketutup ama pasirnya pak............

- Mengenai sistim filtrasinya saya pakai powerhead Atman...cuma jenisnya saya lupa.........di tank bawah ada 4 sekat pak.....sekat paling kanan sy kasi busa pr spoon putih,sekat kedua saya taruh Skimmernya,sekat ke tiga sy kasih pasir putih dan rumput asam serta saya kasi bolam philips putih yg 20 watt,sekat ke 4 saya letakkan power headnya pak..............memang di sekat 3 yg saya kasi rumput asam dan bolam itu sering terjadi penampakan kuning dan coklat ...cm saya 4 hari sekali saya bersihkan

- untuk top up saya masih pakai air laut dikarenakan kadar garam saya masih 1023.....blm 1025

- Mgn skimmer memang sih setelah banyak baca pengalaman para master disini bahwa Jebo memang tdk recommendedd....cuma mau beli skimmer yg bagus kok kayaknya harga cukup mahal ya pak.....mau aja kl ada para master yg mau lego yg second tp msh bagus hehehehhe.........mohon saran lagi atas filterisai tank saya , terima kasih
 

adhe

Active Member
Pakai skimer jebo memang tidak mumpuni, tpi ga salah juga utk mencoba lebih kreatif. Klo skimer sponsor berasa masih kemahalan, cobalah utk ber-diy (meski ongkos diy belum tentu lbh murah dri beli jadi soalnya terkadang ada trial n errornya). Bnyak kok macem2 jenis skimer diy di trit diy. Asal sudah merasa tak ada masalah dgn sistim yg sudah ada ga usah diambil pusing mikir kurang ini kurang itu, jalanin aja yg ada skrg.

Skrg ambil enjoynya aja pak, tank sudah terlihat bagus, mudah2an ga ada masalah di depannya. Klo mau awet sebelum masukin biota pelajari dlu karakternya, seringkali kita masukin dlu baru tahu kemudian dan menyesal setelahnya.

Mau masukin coral A pelajari dlu dia butuh lighting dan arus seperti apa. Masukin ikan pelajari dlu apakah dia reefsafe apa ga, karakternya agresif thd ikan lain/sejenis ato tidak, etc.

Mudah2an berkenan.
 
Last edited:

dhipz

Active Member
Setuju ama pak adhe (saya pemakai jebo modif juga soalnya,hehehe),.
Tapi kalo punya uang lebih,emang sbaiknya diupgrade aja sih pak,skimmernya,gak ada ruginya juga invest skimmer dan peralatan lain,..
Btw tank nya mantab,bersih gitu,mungkin ikannya bisa diganti ama yg cantik2 pak,usul sih L6 ukuran S,heheheh,..
 

mantarayknightmare

Active Member
soal nya kalo di itung2 nanti nya harga biota anggap beli range nya yg murah2 15 rebu - 35 rebuan . tetep aja , ngk mungkin kalo cuman 10 biji . pasti ujung2 nya banyak tuh
bisa jadi ikan umur nya cuman 3 - 1 minggu ntar beli lagi .. terus2an 1 bulan akhir nya jebol 600 - 1 jt an berlanjut terus karena keras kepala akhir nya jebol lah sampe bbrp juta..
biota nya mokat semua ..

nah dengan duit segitu mending tabung dulu beli skimmer yg rada kuat , maaf bukan menggurui
tapi itu lah yg terjadi dengan saya dan bbrp reefer laen di masa awal2 .

atau sebelom isi biota macem2.. mending stop dulu beli2 .. tunggu stabil sambil bertahan dengan alat2 yg ada . bikin aja sistem flitrasi lain seperti ATS / refugium / dsb / coil denitator dll kan rata2 makan biaya murah
 

dhipz

Active Member
kalo 1 bulan beli biota sampe 600rb kayaknya gak mungkin terjadi ama saya,saya mau makan apa jadinya,..??hehehhe,..
makanya kan, kalo punya uang lebih, mending invest,buat beli skimmer,tapi seperti pak adhe bilang, kalo ngrasa dengan alat segitu udah gak ada masalah ya gk usah diambil pusing juga kan pak?intinya kan hobi buat bikin hati senang,jangan sampe jadi stres (terjadi di saya beberapa waktu lalu) gara2 mikirin ini itu.

mohon koreksi kalo salah,..
 

ronnienjo

New Member
terima kasih banyak masukannya.sangat berkenan dan akan di turutin semua masukannya...btw...saran yg bagus spt buat diy utk peralatan peralatan pelengkap spt ATS dsb........boleh informasi pak.dimana saya bs mendapatkan diy tersebut,terima kasih...............
 

mantarayknightmare

Active Member
diy rata2 buat sendiri . karena sangat mudah pembuatan nya.
bisa baca2 di thread diy

mungkin bisa start dari ATS dulu yg efek nya relatif lebih cepet .
ada refug + ATS rasa nya udah lumayan .
 

loneswords

New Member
kalau di MT jadi bersih ga om? kok malah sump yang bersih hahaha

oiya bersih juga om.. hahaha baru sadar kenapa saya perhatiin SUMP nya doank ya .. maap :D

btw.. kalo mau DIY skimmer yang rapi mungkin bisa liat di threadnya Pak Satria ya kalo ndak salah.... rapi deh buatnya ... yang lebih rapi lagi ya Pak Ariawan :)
 
Last edited:

dhipz

Active Member
Kalo mau diy,mending cari info dulu aja pak,dikumpulin dulu prinsip2nya (ciaelah,..),kalo perlu tanya ama yg udah jago,seperti kata pak loneswords,pak ariawan tuw jagonya diy disini,..
Daripada nti sudah dibuat,alatnya gak jalan,atau kurang memuaskan (tapi emang harus trial n error sih),..
Tapi seenggaknya kalo udah tau prinsip2nya,hasilnya bakal memuaskan,..
 

menTech

New Member
wahh,umur tank mirip2 tank sy yg baru om.. peralatan jg hampir sama,cuma beda di ruang om yg ber AC pasti ikan tambah betah :)
ati2 ma ikan biru ekor kuning itu nakal bgt om. pengalaman tank lama,suka matokin ikan2 baru bahkan ukuran yg gedean dr dia.. mau di jaring,lincah bgt ikanya
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,235
Members
10,595
Latest member
Toni18905
Top