Buat yang mau buat DIY Fluidizer Filter menggunakan Pipa PVC. Part yang perlu disiapkan (sorry kalo namanya tidak sesuai, bukan master DIY
):
1. Pipa PVC --> sesuaikan dengan kebutuhan (saya pakai 4"), bisa juga menggunakan pipa 3" tapi tanyakan dulu ke toko bangunan apakah ada tutup ulir untuk 3".
2. Dop PVC 4" --> sesuaikan besarnya dengan pipa no. 1.
3. Sok PVC 4" (gak tau namanya bener gak, gunanya untuk nyambung pipa no.1 dengan tutup ulir no. 4)-->sesuaikan besarnya dengan besar pipa no. 1.
4. Tutup PVC dengan ulir 4" --> sesuaikan dengan besar pipa no. 1.
5. Draft luar 2 buah untuk I/O air --> pada gambar saya menggunakan draft luar dari pompa Resun King 4F (dari pada gak kepake
), sesuaikan juga draft luar ini dengan ukuran pipa Output dari PH. Biasanya output PH menggunakan pipa 5/8" sehingga draft luar harus 5/8" juga agar nyambung (ini yang sulit didapat).
6. Busa Filter --> cari yang agak kasar yang biasanya digunakan dalam return pump.
7. Draft dalam --> lupa difoto
dengan ukuran yang sama dengan draft dalam no. 5
Cara membuat:
1. Potong busa filter (part no. 6) berbentuk lingkaran sebesar pipa PVC (part no.1) sebanyak 2 buah (1 untuk dibawah PVC dan 1 lagi untuk di atas filter media) seperti di bawah ini (sorri saya motongnya meleot-leot…ciri khas bukan tangan terampil hahaha) :
2. Lubangi bagian atas tutup ulir (part no.2, lihat gambar di atas) untuk output air kemudian pasang dengan draft luar (part no.5). Lem draft luar tersebut sekuat mungkin dengan lem pipa.
3. Potong Pipa PVC (part No.1) dengan tinggi sesuai kebutuhan (biasanya 30 cm atau setinggi sump) & lubangi bagian samping pipa 4" sekitar 2 cm dari bawah untuk input air (lihat gambar pipa no.1 diatas). Input air ini bisa juga dari atas yang berarti melubangi tutup ulir (bersebelahan dengan output air no.1 di atas) kemudian disambung dengan pipa Pvc memanjang sampai bawah tabung. Saya memilih melubangi bagian bawah pipa agar ruang dalam tabung utama lebih luas. Kemudian pasang draft luar (part No. 5) pada lubang tersebut dan lem sekuat mungkin. Hasilnya seperti di bawah ini:
Note.
- Supaya rapih lubangnya pakai bor kaca, kalo gak ada bornya, ya minta tolong sama tukang kaca…kasih aja 10 rb
- Pakai lem sekuat mungkin pada draft luar tersebut, bagian ini paling gampang bocor!!!
4. Pasang & lem dop PVC (Part no 2) di bagian bawah pipa PVC (dibawah lubang input air); pasang draft dalam (part No. 7) ke draft luar di dalam pipa PVC (gunanya untuk menahan busa filter). Hasilnya lihat di bawah ini:
5. Masukkan Filter busa (part No. 6) yang sudah dipotong berbentuk lingkaran:
6. Pasang Sok PVC (part No. 3) pada bagian atas Pipa PVC kemudian sambung dengan tutup ulir (part No. 4). Semua bagian ini dilem agar tidak ada kebocoran kecuali bagian atas tutup ulir yang digunakan untuk buka/tutup. Berikan seal tape agak tebal sedikit pada bagian ulir-nya tutup ulir agar tidak ada kebocoran. Jadi deh:
Biaya untuk membuat Fluidizer ini (perkiraan aja):
- Pipa 4” 1 meter = 21.000 (kalo bisa beli ½ meter aja lebih murah lagi)
- Dop PVC 4” = 5.000
- Sok PVC 4” = 9.000
- Tutup ulir 4” = 20.000 (ada juga yang 12.000an tapi takutnya kualitas jelek jadi gampang bocor)
- Draft Luar 2 buah = 3.000
- Draft dalam 1 buah = 1.500
- Busa Filter = 10.000
Total = 69.500 (pembulatan jadi 70.000)
Waktu yang dihabiskan kurang dari 1 jam, yang lama adalah menunggu lem kering...bisa sampai 6 jam agar benar-benar kering. Kendala yang dihadapi: Air mudah bocor dari:
- Input di bawah bila lem kurang rapat/kuat berhubung permukaan PVC yang tidak rata.
- Tutup ulir bila seal tape kurang tebal. Untuk lebih amannya bisa juga ditambah karet seal untuk tutup ulir, buat dari ban dalam bekas (minta sama tukang tambal ban).
Mau lebih rapih lagi beli sama bung Santo, John atau Ariawan
Tambahan:
- Tinggi fluidizer pada gambar di atas sekitar 40 cm dengan diameter 4", waktu itu saya coba memasukkan carbon active PUR-II (Aquapharm) dan phosguard seachem 1L masih sisa ruang cukup banyak.
- Saat ini saya tidak menggunakan fluidizer di atas melainkan pakai fluidizer dari bekas skimmer Jebo 180 karena lebih ramping dan muat di dalam sump.

1. Pipa PVC --> sesuaikan dengan kebutuhan (saya pakai 4"), bisa juga menggunakan pipa 3" tapi tanyakan dulu ke toko bangunan apakah ada tutup ulir untuk 3".
2. Dop PVC 4" --> sesuaikan besarnya dengan pipa no. 1.
3. Sok PVC 4" (gak tau namanya bener gak, gunanya untuk nyambung pipa no.1 dengan tutup ulir no. 4)-->sesuaikan besarnya dengan besar pipa no. 1.
4. Tutup PVC dengan ulir 4" --> sesuaikan dengan besar pipa no. 1.
5. Draft luar 2 buah untuk I/O air --> pada gambar saya menggunakan draft luar dari pompa Resun King 4F (dari pada gak kepake
6. Busa Filter --> cari yang agak kasar yang biasanya digunakan dalam return pump.
7. Draft dalam --> lupa difoto
Cara membuat:
1. Potong busa filter (part no. 6) berbentuk lingkaran sebesar pipa PVC (part no.1) sebanyak 2 buah (1 untuk dibawah PVC dan 1 lagi untuk di atas filter media) seperti di bawah ini (sorri saya motongnya meleot-leot…ciri khas bukan tangan terampil hahaha) :

2. Lubangi bagian atas tutup ulir (part no.2, lihat gambar di atas) untuk output air kemudian pasang dengan draft luar (part no.5). Lem draft luar tersebut sekuat mungkin dengan lem pipa.
3. Potong Pipa PVC (part No.1) dengan tinggi sesuai kebutuhan (biasanya 30 cm atau setinggi sump) & lubangi bagian samping pipa 4" sekitar 2 cm dari bawah untuk input air (lihat gambar pipa no.1 diatas). Input air ini bisa juga dari atas yang berarti melubangi tutup ulir (bersebelahan dengan output air no.1 di atas) kemudian disambung dengan pipa Pvc memanjang sampai bawah tabung. Saya memilih melubangi bagian bawah pipa agar ruang dalam tabung utama lebih luas. Kemudian pasang draft luar (part No. 5) pada lubang tersebut dan lem sekuat mungkin. Hasilnya seperti di bawah ini:

Note.
- Supaya rapih lubangnya pakai bor kaca, kalo gak ada bornya, ya minta tolong sama tukang kaca…kasih aja 10 rb
- Pakai lem sekuat mungkin pada draft luar tersebut, bagian ini paling gampang bocor!!!
4. Pasang & lem dop PVC (Part no 2) di bagian bawah pipa PVC (dibawah lubang input air); pasang draft dalam (part No. 7) ke draft luar di dalam pipa PVC (gunanya untuk menahan busa filter). Hasilnya lihat di bawah ini:

5. Masukkan Filter busa (part No. 6) yang sudah dipotong berbentuk lingkaran:

6. Pasang Sok PVC (part No. 3) pada bagian atas Pipa PVC kemudian sambung dengan tutup ulir (part No. 4). Semua bagian ini dilem agar tidak ada kebocoran kecuali bagian atas tutup ulir yang digunakan untuk buka/tutup. Berikan seal tape agak tebal sedikit pada bagian ulir-nya tutup ulir agar tidak ada kebocoran. Jadi deh:

Biaya untuk membuat Fluidizer ini (perkiraan aja):
- Pipa 4” 1 meter = 21.000 (kalo bisa beli ½ meter aja lebih murah lagi)
- Dop PVC 4” = 5.000
- Sok PVC 4” = 9.000
- Tutup ulir 4” = 20.000 (ada juga yang 12.000an tapi takutnya kualitas jelek jadi gampang bocor)
- Draft Luar 2 buah = 3.000
- Draft dalam 1 buah = 1.500
- Busa Filter = 10.000
Total = 69.500 (pembulatan jadi 70.000)
Waktu yang dihabiskan kurang dari 1 jam, yang lama adalah menunggu lem kering...bisa sampai 6 jam agar benar-benar kering. Kendala yang dihadapi: Air mudah bocor dari:
- Input di bawah bila lem kurang rapat/kuat berhubung permukaan PVC yang tidak rata.
- Tutup ulir bila seal tape kurang tebal. Untuk lebih amannya bisa juga ditambah karet seal untuk tutup ulir, buat dari ban dalam bekas (minta sama tukang tambal ban).
Mau lebih rapih lagi beli sama bung Santo, John atau Ariawan
Tambahan:
- Tinggi fluidizer pada gambar di atas sekitar 40 cm dengan diameter 4", waktu itu saya coba memasukkan carbon active PUR-II (Aquapharm) dan phosguard seachem 1L masih sisa ruang cukup banyak.
- Saat ini saya tidak menggunakan fluidizer di atas melainkan pakai fluidizer dari bekas skimmer Jebo 180 karena lebih ramping dan muat di dalam sump.