Tank Nano 60x37x40

Heru Rich

Member
Setelah crash yang terakhir kemarin, akhirnya mulai lagi cycling dari awal setelah melengkapi smua alat tempurnya.

Ukurant tank 60x37x40
Sump 60x30x30
Skimmer Red devil nano
Media filter : purigen, seagel, matrix
Semalam baru ditambah biodigest+bioptim

Cycling masuk hari ke-3 hari ini.

Mohon inputnyaIMG_20150907_083439.jpg
IMG_20150907_083153.jpg
 

E_2091

Moderator
Staff member
nice om...
scaping jempolan....piping jempolan....
saya mau tanya itu pipa hitam yg menjorok sampai dasar itu apa?
..saran,
skimmer kekecilan, harus dibantu dengan filtrasi lain...saran saya di sekat 2 tumpukan media itu diisi macro algae saja...media2 bisa di gabung skimmer..
trus itu wavemaker kurang kuat buat tank pak...peletakan juga salah..kurang tinggi dan sebaiknya menghadap ke permukaan..jangan nunduk kebawah...saran ambil jebao rw4..

sedikit tips, kalo pak pilihan biotanya selektif...pasti gak akan banyak masalah...
 

E_2091

Moderator
Staff member
kelewatan sekat skimmer terlalu banyak buih dr skimmer dan dari overflow...nantinya bakal banyak cipratan air...sebaiknya pak buatkan tutup dari acrilic...
 

Heru Rich

Member
Skimmer memang ada rencana mau upgrade, cuma lagi kumpul duitnya dulu pak :D
oiya saya mau tanya pak, di live rock saya seperti mengeluarkan benang2 halus putih, sebagian ada yang nutupin liverocknya, kayak kepompong gitu. itu kenapa ya? apakah berbahaya atau tidak?
Untuk macro alga yang dimaksud apakah seperti angguran, rumput asam dll ya?
Terima kasih untuk inputnya pak
 

lost-id

Well-Known Member
busa keluarin ganti pake tumpukan LR atau isi makroalga aja.... lebih guna dibanding tumpukan busa begitu.
overall udah cakep eksekusinya, tinggal kesabarannya aja nih...
 

Heru Rich

Member
Update tank 10 Oktober 2015

Setelah kelar cyclingnya, biota dari tank karantina sudah dipindah, ditambah beberapa biota lagi.
Dosing cuma Biokit Reef 1 kali dalam 2 minggu.
Semoga lancar, biota pada happy, panjang umur dan sehat selalu. aamiin

IMG_20151010_095915_zpsvbtkuf3d.jpg
 

reef

Administrator
Staff member
Kombinasi warna karangnya bagus Pak tetapi sebaiknya hati-hati dengan sponge yang ada dipojok kanan dan juga koral azooxanthellae seperti sun polyp karena kedua hewan ini butuh perhatian khusus. Selain dari itu batu yu merupakan salah satu koral yang sulit untuk diperlhara karena tidak dapat bertahan jangka panjang. Biasanya penyebabnya kekurangan pakan yang sesuai untuk karang ini.
 

Heru Rich

Member
Kombinasi warna karangnya bagus Pak tetapi sebaiknya hati-hati dengan sponge yang ada dipojok kanan dan juga koral azooxanthellae seperti sun polyp karena kedua hewan ini butuh perhatian khusus. Selain dari itu batu yu merupakan salah satu koral yang sulit untuk diperlhara karena tidak dapat bertahan jangka panjang. Biasanya penyebabnya kekurangan pakan yang sesuai untuk karang ini.

Terima kasih sarannya pak, untuk spon yang oranye di paling kanan termasuk salah satu biota yang bertahan saat crash kemarin, dan termasuk biota awal yang masuk makanya tetap saya coba utk rawat. Beberapa goniopora juga termasuk generasi awal di tank saya, yang berhasil bertahan saat crash kemarin, semoga saya bisa merawatnya dengan benar. Untuk sun polyph memang saya kasih perhatian khusus pak, saya direct feed pake udang beku.
 

Heru Rich

Member
mantap om, penuh gitu gak susah bersihin sisi sisi nya om?
itu yg atas sebelah kanan apaan om?

Bersihin pake pipet panjang, kadang pake lidi juga untuk atur-atur pasirnya. klo kaca sih saya biarin aja buat makanan siput turbo hehe.
Yang kanan yang mana om? koralnya di kanan maksudnya?
 

Manyu

Member
itu akuanya dosing apa aja om? scapingnya manteb dehh top.. Oiya mau tanya itu ikannya udh mau makan semua om? pelet atau rebon utk macem keranjang balinya?
 

Manyu

Member
Oiya terus itu setelah cycling kelar kan numbuh lumut coklat.. sempet digosok apa ilang sendiri om? soalnya ne jg sama nih lg cyling ulang.. tank ane jg crash skitar 2 bln yg lalu gara2 kecerobohan dosing gula tp tank skimmerless
 

Heru Rich

Member
Oiya terus itu setelah cycling kelar kan numbuh lumut coklat.. sempet digosok apa ilang sendiri om? soalnya ne jg sama nih lg cyling ulang.. tank ane jg crash skitar 2 bln yg lalu gara2 kecerobohan dosing gula tp tank skimmerless

Dosing cuma pake biokit reef 1 kali dalam 2 minggu. Untuk ikan dikasih udang beku sama pelet. Klo pelet keranjang bali udah mau, cuma suka kalah cepet. Kalo pake udang beku semua lahap. Untuk lumut saya pake jabing sama siput turbo om, mayan efeknya cepet juga abis lumutnya.
 

Manyu

Member
Ohiya om itu dalam 1 kit isinya apa aja? apa sejenis kalk? wihh iya om mantab, berapa lama keranjang bali ampe mau makan om? soalnya kan kadang susah makannya si keranjang bali, trik2nya gimana ya om? ohhh pake jabing ama siput turbo ya.. itu jabing emg kotorannya bukannya seperti kotoran(ee) tikus ya om?
 

Heru Rich

Member
Ohiya om itu dalam 1 kit isinya apa aja? apa sejenis kalk? wihh iya om mantab, berapa lama keranjang bali ampe mau makan om? soalnya kan kadang susah makannya si keranjang bali, trik2nya gimana ya om? ohhh pake jabing ama siput turbo ya.. itu jabing emg kotorannya bukannya seperti kotoran(ee) tikus ya om?

Pas pertama beli sih udah mau makan udang dan pelet sih, tapi biasanya pelet yang melayang2 di air bukan yang di permukaan. Klo trik sih saya juga kurang tahu, cuma karena digabung sama ikan2 yang makan pelet spt clownfish, damsel, cantik jadi pas dikasih makan ikutan ngerubung, dan kalo ada pelet yang deket dia dimakan.
Biokit isinya ada biodigest, bioptim, iodi+, stronti+ sama reef booster om.
Klo pup tikus saya gak tau hehe, pup si jabing ya mirip2 spt pup ikan lainnya :D
 

Members online

No members online now.

Forum statistics

Threads
7,043
Messages
196,392
Members
10,305
Latest member
dennisga3007

New Posts

Top