ATS System, Algae turf screen

Re: mega powerfull nitrate and phospate reduce. judul nya sih

Js said:
[oopzz... skimmer tetep harus pake y??
padahal maksudnya setup turf algae bwt gantiin tempat PS... kalo gini mah harus nyediain lg tempat baru atuh...
ngeri juga liat bad rep-nya... lebih tepatnya jadi lebih repot... :smt003 :smt003
kalo boleh tau, apa pa lim melihat ada tanda2 bad rep selama menggunakan system turf algae? setelah berapa lama running?

salam,
turf alage lbh mirip hairy algae lurus, chaeto keriting. utk brp lama sy tdk tau tuh, di share aja yg lagi mencoba katanya sukses.[/quote]

gue sih sudah 4 bulan tidak menggunakan skimmer, dan menggunakan turf algae ini... dan carbon active gue sudah nggak ganti selama 1 tahun.... dan 1 minggu kemaren baru di lepas... belum sempat beli yang baru.... dan curiga sebagai sumber phospate... karena air tawar punya...

baru minggu kemaren membersihkan algae... di sikat sampe 70%... sisa algae nya langsung di jadikan pupuk buat tanaman teras gue ^^

selama ini sih masih belum ada tanda tanda yang tidak menyenangkan...
ikan nya malah tambah sehat tuh... ^^

sandy

udah 4 bulan yah,bearti gw sok tau donk :lol: :lol: :lol:,bos bikinin chillernya donk :smt003 :smt003 (just kiding)

Js

bgs lah kalo gitu,aman aman aja.

Js said:
roby said:
Mengenai bad rep pd penggunaan jk panjang. Kita bengong bareng yuh... Sambil memikirkan tentang khidupan di muka bumi tcinta ini. Prinsip kehidupan sbnr cm 1 kata aja yg mewakiliny sngt simple yaitu 'keseimbangan'. Sngt simple khan, tetapi utk mbhs keseimbangan ini mungkin dbutuhkan kertas setebal 2 yellow pages he..., tp simpleny aja deh, keseimbangan dmuka bumi ini tbentuk stlh melewati waktu evolusi jutaan tahun baik di laut maupun ddaratan dan tkait ribuan mahluk hidup shg tbentuk rantai makanan yg paten (saling berhubungan shg jk dbuat skema akan tgambar lingkaran rantai mknan). Dalam lingkaran ini, gak boleh ada satupun spesies yg mendominasi ataupun kekurangan, smua hrs seimbang. Jk ada yg mendominasi atau kurang jumlahny akan tmbul kekacauan dlm siklus rantai mknan. Jk ada spesies yg mendominasi siklus tsb, biasany dia akan menekan spesies lainny. So, menurut sy, jgn biarkan algae mendominasi aqua kt, batasi pertumbuhanny dg panen sesering mungkin, karena gada yg tau apa yg bakal dlakukan algae tsb jk jumlahny tlalu bnyk, entah mengeluarkan racun ?!...

sytm ATS ini sdh lama buanget di aplikasikan ke large public aquarium (krn jaman ini blm ada skimmer) kalo diliat systm ini murah meriah, tapi sdh lama di hindari, walau msh ada yg pake di public aquarim tapi di combo yg skimmer carbon & ozone pemakaiannya.

ngak besar sih problemnya:
1. air jadi lbh keruh bisa di atasi dgn carbon
2. algae yg lepas ke tank (setau sy ini systm perlu skimmer yg efisien,koq malah pada lepas yah :roll: )
3. :twisted: TOXIC REALEASE ini yg di takutkan tank bisa crash
so hati hati aja yg running ini....
yg harus di perhatikan dgn systm ini
1. pemakaian carbon rutin gatnti tiap 3 minggu, juga di knead daily
2. skimmer efisien harus pake
3.di sarankan pemakaian ozone

Q: How big of a scrubber do I need?
A: Start with one square inch of screen, with a light on both sides, for every gallon (U.S.) of water. So a 100 gallon tank would need a screen 10 inches by 10 inches, with a light on both sides.

Q: What if I can't put a light on both sides?
A: Then double the screen size, and double the lights on one side.

Q: What kind of light do I need?
A: Experience has shown that at least a 23 Watt Compact Fluorescent (CFL) floodlight, of "daylight" or "full spectrum" color, works best. One on each side of the screen. And note that 23W is "at least".

Q: How much flow do I need on the screen?
A: 35 gallons per hour (gph) (U.S.) for every inch of width of the screen. So a screen one inch wide would need 35 gph, and a two inch wide screen would need 70 gph, etc.

Q: How do you clean a scrubber screen?
A: Basically, you clean 1/2 of it every week. This allows some filtering to be taking place all the time.

Q: Will a scrubber cause algae to start growing in my tank?
A: No. Actually the opposite; a scrubber will pull algae from your tank, and cause it to grow on the screen instead.

Q: Can I put a scrubber on my nano?
A: Yes, you can make/put a scrubber on any tank. There are two types of nano's: Those with a hatch on the top that let you get to the filter, and those where there is no hatch (like Aquapods) where the whole lid opens up as one unit. Aquapod types are the hardest to add your own scrubber to; however the hatch-on-top types are the easiest.

Q: Will a scrubber harm my corals?
A: No. As a matter of fact, corals like lots of food in the water, and they also like low levels of nitrate and phosphate. That's exactly what scrubbers provide.

Q: Will a scrubber work in freshwater?
A: Absolutely. Same benefits.

Q: I've heard that scrubbers will cause your water to turn yellow.
A: Not if cleaned weekly, in your sink. Yellowing is caused by cleaning in your system (the broken algae drains into your water), or by not cleaning weekly (the underlying algae gets covered and shaded by new algae, and dies).

Q: What exactly does a scrubber do to my water?
A: It takes ammonia, nitrite, nitrate, phosphate, metals (like copper), and CO2 out of the water. It puts oxygen into the water.

Q: Are scrubbers noisy?
A: Not when built properly. The screen should go into the water slightly, and the water should flow smoothly down the screen with no spraying, splashing or noise. Your pumps should be the only thing you hear.

Q: Do they smell?
A: When running, not at all. When cleaning in your sink, there is an "ocean" smell. Nothing as bad as cleaning a skimmer cup though.

Q: What if there is a power outage? Will my scrubber die?
A: In most cases you will loose your tank before you loose your scrubber. With no flow and no lights shining on the algae, the outer layer of algae hardens and keeps the inside layers wet. Six hours should not be a problem.

Q: I'm currently building my tank. Should I wait to install my scrubber?
A: No. Scrubbers eat nitrate, phosphate and ammonia, and that's just what cycling produces. By starting early (even during cycling), your scrubber will be ready for adding livestock sooner.

Q: I'm still designing my system. What other filtering devices besides a scrubber should I buy?
A: Since you don't have filters set up yet, why not start with just a scrubber and monitor your nitrates and phosphates weekly as you add livestock? When your scrubber can no longer keep nitrate and phosphate at undetectable levels, then you can buy other filtering devices as needed.

Q: I've heard you have to "pulse" or "surge" the water to get best results.
A: This is not proven yet. Most scrubbers use a constant flow, and have great results.

Q: What type of algae is best to grow?
A: You don't have much choice; algae will grow based on lighting and nutrients, and will even change as your nitrates and phosphates drop. All algae consume nitrate and phosphate, so it really doesn't matter what type algae it is.

Q: Will the flowing water put bubbles into my tank?
A: If the screen is built/adjusted properly so that the water flows smoothly down the screen, and if the screen is in the water at the bottom (so the water does not "drop off the bottom"), then no bubbles should be added.

Q: Can I use LEDs for lighting the screen?
A: LEDs are still being experimented with, as far as using them for algae (which is different from using them for a display.) Thus they are not recommended if you absolutely want results. If, however, results are not as important as "experimenting", then by all means try LEDs, but make sure they are as powerful as possible.

Q: Can I use solar power on the screen?
A: Yes, if you have many days of sun throughout the year. The screen will, in effect, be one-sided, so you'll need twice the size. Might be a good idea to still have a regular secondary or portable scrubber inside, in case of long lasting storms.

Q: How is a scrubber different from a skimmer?
A: Scrubbers remove Inorganic Nitrate, Inorganic Phosphate, ammonia, metals and CO2 from the water. (Inorganic Nitrate and Inorganic Phosphate are what cause nuisance algae to grow on your rocks and glass.) Skimmers remove food from the water. Both scrubbers and skimmers, however, add oxygen to the water.

Q: Can a scrubber "crash"?
A: No. There is no situation in which a scrubber can "fall to pieces", dissolve, disintegrate, or otherwise destroy itself and the tank that it's connected to. The worse than can happen to your tank is that the scrubber light burns out and stays out for 2 or more days, in which case the algae will slowly start dying over the next couple weeks.

Q: Are water changes still needed if I use a scrubber?
A: If the purpose of the water change is to reduce nitrate or phosphate, or to help reduce nuisance algae in the display, then no. If the purpose of the water change is for anything else, then yes.

Q: If scrubbers work so well, why haven't I heard of them before, and why haven't people been building them before now?
A: Because the inventor of the scrubber had a patent on his design, yet he did not sell his scrubbers to the public (and did not allow others to sell them either.) People thought that since his design was the only one that was patented, then it must be the only design that works. But as you can see, it is not the only design that works.

Q: Will scrubbers work with other filter setups, like skimmers, vodka, reactors, denitrators, pads, etc?
A: Scrubbers will works with any device/setup. One exception might be xenia; if you want to keep your xenia, you'll probably need to start feeding much much more after you start using a scrubber.

Q: What's the best configuration for a scrubber?
A: Theoretically, the "best" for a reef tank is to have the scrubber above the display, so that all the pods can drain into the display unharmed. But if the goal is just to remove nitrate, phosphate, and nuisance algae, then it really doesn't matter where you put it.

Q: How does a scrubber compare to a refugium with macros?
A: This is a long one

Q: What kind of pods does a scrubber grow?
A: Supposedly, copepods, amphipods, mini-stars, etc. However there have only been actual reports of copepods.

Q: Are halides too strong for a scrubber screen?
A: They are not too strong, but the results that have been observed on halide scrubbers have not been fantastic. It's currently advisable to not use halides.

Q: How long does it take to get the real "red/brown" turf?
A: Current experience has shown that unless you start with a pre-grown turf screen, that it will never start growing on it's own. All algae is good, however, no matter what color or texture it is. Real red/brown turf just filters the most for a small size, that's all.

Q: Where can I buy a scrubber?
A: Nobody currently makes scrubbers.

ini mungkin bisa membantu....
ini adalah informasi yang saya dapat dari forum....

tapi yang jelas.... maintance per minggu atau per 2 minggu nya harus rutin..... harus di panen 70% agar algae yang di screen tidak terlalu tebal... karena kalau terlalu tebal.. yang bagian bawah akan mati dan jatuh ke aqua lagi :)

Js

TOP informasinya pa.mestinya para perusahaan besar german buat gadget kit ATS ini yah

gisana

wuiiwww... beneran nih, top marqotob infonyah... :smt007 :smt007

thx pa lim, jd smakin mantap ni bwt bikin... yg penting rutin maintenny kan??

salam,

sunr1s3

@ pak Lim
Walo disitu dikatakan bnr2 aman mohon pak Lim keep update perkembangan pemakaian turf algae nya ya.trutama bl terjadi gejala2 keanehan,jd kita smua yg udah mulai menerapkan ato baru akan mulai bs waspada.kan bapak yg paling dulu cb sistem ini,blh dikatakan bapak 1/2 th di depan kita dlm pemakaian sistem turf algae ini.

@ pak Js
Mungkin alasan ga dibuatnya gadget ini dg alasan bisnis.perusahaan2 besar yg bergerak di bidang marine bkl rugi dunk krn skimmer,fluidizer,dll serta chemical media seperti phospat,nitrat absorber dll jd ga laku hehe

Thx

gisana

sunr1s3 said:
Mungkin alasan ga dibuatnya gadget ini dg alasan bisnis.perusahaan2 besar yg bergerak di bidang marine bkl rugi dunk krn skimmer,fluidizer,dll serta chemical media seperti phospat,nitrat absorber dll jd ga laku hehe
maybe... :lol: :lol:

roby

Setuju pak lim, yg ptg jgn malez panen. Wah, tdny sy bc thrd ini cm numpang lewat, tp skrg jd tertarik juga neh, 3 in 1 bo... (nitrate, phosphate, logam ttt), 1 subsistem menggantikan 3 equip (skimmer, phosphat adsorber, carbon aktive).

Jo

i_limantara said:
kalo nggak yaa red algae, green yang tumbuh.... walaupun fungsi nya sama... nitrate, poison toxic, dan PO4 yang di makan... cuma tidak sehebat turf algae :)

pak, kalo lumut coklat yg begini an berfungsi gak?

DSC06116.jpg

atau malah ngerusak akua?
perlu dibersihin gak lumut yg kaya gini..?

sunr1s3

@ pak Jo
Thx pak atas info dan view nya.sampe lupa reply hbs yg posting lsg msk byk bgt dan pembahasan makin seru hehe
Kalo menurut info pak Lim si ga mslh,algae jenis apa aja bs dipake,toh zat yg mereka konsumsi jg sama
Skali lg thx pak Jo

pak.. jo.. bisa kok... awalnya coklat... dalam 1 minggu kalo cahaya bagus dan dekat... bakal keluar green algae... tapi ada juga yang sampe 2 minggu...

kemaren gue baca baca lagi... kalo turf algae ternyata kuat sekali tangkapanannya di screen... bahkan di sikat juga susah hilang.... jadi di screen gue sudah ada dong... :lol: :lol:
soalnya tiap kali di sikat... ada algae yang segede nasi dan menyebar di screen nggak bisa copot.... tapi algae nya juga tumbuh lagi dari situ...

oh ya... kalo mau membersihkan screen.... jangan 100 % yaaa.... sama seperti refugium prinsip nya

nanosan

Super Moderator
Staff member

klo tank nya sering ditinggal2 kayak punya saya cocok ga ya pake ini alat????? maklum... plg njenguk tank klo ada tanggal merah aja.... hehehehe kayaknya sik asik juga nih mbikin and ditaruh di refugium.... krn saat ini refugium cm berisi liverock ama bakteri aja...

Q: Will scrubbers work with other filter setups, like skimmers, vodka, reactors, denitrators, pads, etc?
A: Scrubbers will works with any device/setup. One exception might be xenia; if you want to keep your xenia, you'll probably need to start feeding much much more after you start using a scrubber.

ini nih....yang mbikin penasaran.... knp ya????

roby

nanosan wrote : klo tank nya sering ditinggal2 kayak punya saya cocok ga ya pake ini alat????? maklum... plg njenguk tank klo ada tanggal merah aja.... hehehehe kayaknya sik asik juga nih mbikin and ditaruh di refugium.... krn saat ini refugium cm berisi liverock ama bakteri aja...
Br nano, kl mnrt sy lbh baik jangan. Ingat teori keseimbangan. Dtakutkan kalo bro gak smpt plg dlm 1 bln bs berkembang pesat dluar jangkauan he..., 1 spesies jk mendominasi dlm siklus rantai mkananny bs berabe, apalagi do'i mrpkn imigran gelap, bukan penduduk asli terumbu karang. Contoh yg biasa aja deh, bakteri anaerob, jk pasokan nitrate kurang apa yg tjadi......So smua hrs seimbang, tp ini menurut sy lho... Bukan menurut pakar.

ini nih....yang mbikin penasaran.... knp ya????
Mungkin gak, kalau PO4 juga mrpkn nutrisi bagi xenia, jd kalo PO4 disikat habis turf algae, xenia jd kkurangan gizi... Cmiiw...

handoko

yup.. emang prnh dengar kalo xenia itu "makan" po4.. :D

nanosan

Super Moderator
Staff member

handoko said:

oh gitu ya.... brarti klo PO4 tnggi pertumbuhan xenia pesat juga dunks???? klo seperti ini kayaknya aq pernah lihat deh xenia tumbuh pesat itu di tank sapa :smt003 :smt003 :smt003 :smt003 :smt003

Js

[@ pak Js

good reason, filter ini gampang di buat sendiri, kalo hitung kgk nyampe kali usd50,kalo di kita mah kgk nympe 100rb kali. budget peralatan yg besar bukannya bisa di alihkan ke ukuran tank size yg mungkin 2x lbh besar, tapi knp org msh prefer beli peralatan yah hhhhmmmmmm........

Js

handoko said:
doko ini systm cocok nih buat elo yg kgk ada dirmh, mempermudah org rumah cuma cuci/scrub algaenya. skimmer elo di hibahkan ke gw aja, biar nambah nambah koleksi skimmer :lol: :lol: :lol: :lol:

nanosan

Super Moderator
Staff member

Js said:
handoko said:
doko ini systm cocok nih buat elo yg kgk ada dirmh, mempermudah org rumah cuma cuci/scrub algaenya. skimmer elo di hibahkan ke gw aja, biar nambah nambah koleksi skimmer :lol: :lol: :lol: :lol:

ada yang punya hobi baru ya...... koleksi skimmer..... :lol: :lol: :lol: :lol:

Members online

No members online now.

Poll

• Koral saja

Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads