simple mix reef tank

nanosan

Super Moderator
Staff member
pak eka... coba di cek di instruction manualnya... bisa celup air ato tidak... karena model yg kayak gitu sepertinya ndak bisa celup air deh. beda sensornya ma yang celup di air. tp klo untuk ukur lux lampu ya bisa-bisa aja... cuman bukan ukuran PAR yang biasanya mikromolkuanta..
 

The Quick

Member
Nah itu dia pak yg belum saya tanya, ntar sy coba tanya deh. Kl di live aquaria kan disebutkan coral butuh sekitar 20000lux utk hidup. Thanks infonya ya pak....


Salam
 

dizt

Active Member
kayaknya ada yang pernah bahas di forum yah tapi lupa dimana artikelnya,...caranya taroh cermin di dalam aquarium terus di tembak deh dari luar aquarium cerminnya pakai alat ukur, bisa juga pakai kamera SLR jaman dulu yang ada info meternya.
 

The Quick

Member
Ok mas ntar saya mau cek dulu ke ace apakah spek luxmeternya bisa aplikasi ke hobi kita. Soalnya masalah pencahayaan ini perhatian serius buat saya mas, soalnya beberapa sps bleaching.
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
pak eka... klo untuk mengukur PAR lampu, sebaiknya mencari alatnya (sensor) nya yang bisa celup kedalam air. karena dengan adanya perbedaan media... intensitas cahayanya akan sangat berkurang jauuuuuh. coba cek digoogle lightmeter merk APOGEE... harga sktr US$328 deh klo ga salah.
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
pump skimmer mu opo no?
btw, kok nganggo id kloningan? id nanosan mu nendi?
pakai king 3 aja kok.... maklum udah usianya 3thn. besok klo dah masuk kantor lagi aq beli spare partnya.
ID akram itu klo pakai HP.. tau neh klo pakai ID nanosan kok ga bisa masuk log in lewat hape.
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
"hebat keren :)"
ini bukan hebat bos.... kepaksaaaaaaaa ga ada toko yg jual spare part king 3 di magelang... jadi nunggu balik k ibu kota untuk beli nya....:p

suhu sekarang manteng di 26.. ga mau turun2 lagi... apa cuaca udah mulai musim penghujan ya????? udah ga dingin lagi....
ga ada skimmer.... suhu naek jadi 26.... padahal kipas nyala 24jam... hufh..
 
Last edited:

E_2091

Moderator
Staff member
saya pernah 2 minggu lebih tanpa skimmer ga ada problem apa2 kok mas..santai aja..

dulu sih kasus saya gara2 ngerendem skimmer pake bleach:p..kaga ilang2 bau-nya..makanya skimmerless sementara..no big deal..
 

akram

New Member
wakakakkakak ada ada aja pak E... coral seh aman aman aja ampe skg. cuman bete disuhu kgk trn trn ke 23 lg hehehe emg suhu ruangan udh mulai panas ga dingin lg.
 

E_2091

Moderator
Staff member
dulu banyak banget spons sih didalem tabung..ga kejangkau tangan..sedang saya geli liatnya..ahirnya rendem bleach biar lumer..ga nyangka jadi panjang urusannya...hahah..
 

dhipz

Active Member
mas Wardi dan wak Chip....ya sudah tak jelasin 1-1 ya cara maintenance ku.


3. pas pulang saya dosing soda kue 2 sendok bakso, untuk melihat mekarnya donat dan otak serta yg laen. krn biasanya setelah dosing soda kue mereka mekarnya full.
4. dosing lugol.... ga tau brp tetes.. asal nuang aja.
5. trus cek Ca, klo dibawah 450ppm langsung tuang larutan stok CaCl2 dan MgCl2 serta sedikit larutan MgSO4. dan yang jelas tanpa ukuran.. asal tuang aja.

Pak,saya newbie mau tanya2 nih,hehe,maaf kalo nimbrung2 aja,saya masih newbie banget nih ama dosing2 aqua..
3. Dosing soda kue fungsinya buat apa sih sebenernya?trus takarannya gimana pak??cara nakarnya apakah perlu dilarutkan ke air RO dulu,ato langsung masukin aja??
4. Lugol nih fungsinya apa lagi?n kalo beli ditoko kimia harganya kira2 apa,n bilangnya mau beli apa??
5. MgCl2 dan MgSO4 tu beda ya pak??bedanya dimana??

maaf ya,kalo pertanyaannya mendasar banget,saya udah baca2 di thread marine chemistry,tapi masih gak mudeng2 tuh bedanya MgCl2 dan MgSO4, trus CaCl2 dan larutan kalkwaser,soalnya selama ini saya cuma dosing larutan kalsium (biasanya beli bubuk kalsium,trus dilarutin ke air RO,ditunggu ngendap,baru di masukkan ke ATO), bener gak ya,cara saya ini??
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,236
Members
10,599
Latest member
nugiedaw
Top